DFD

Data flow diagram (DFD)….bagi mahasiswa sistem informasi pasti akrab dengan kata DFD tersebut. Terlebih mahasiswa semester akhir yan sedang menyusn skripsi. DFD merupakan bagian dari perancanga sistem yang didalamnya menggambarkan arus dari data sistem. Kelihatannya mudah untuk membuat DFD, tapi ternyata tidak demikian. Untuk menggambarkan arus data dari sistem yang akan kita buat dengan notasi-notasi ternyata tidak cukup dengan membuat lingkaran (notasi untuk proses), membuat kotak persegi (menggambarkan data sotre) dan anak panah (line untuk menunjukan arus data).

Saya sendiri terganjal disana. Ini share saja buata mahasiswa sistem informasi, bahawa memahami pembuatan DFD itu sangat penting, walaupun dari share beberapa mahasiswa di kampus lain ada yang mengatakan itu tidak penting. DFD itu ibarat rancang bangun sebuah konstruksi, seorang analis akan membaca sebuah sistem dari DFD tersebut, dan seorang programmer akan membuat sistem berdasarkan DFD tersebut. Jadi DFD itu sangat penting dalam pembuatan sebuah sistem.

Ini catatan kecil saja selama bimbingan skripsi, dari bimbingan tersebut saya selalu salah dalam membuat alur DFD, dan menurut dosen pembimbing saya bahwa yang menjadi penyebabnya adalah karena saya kurang memahami pembuatan DFD tersebut. Dari petunjuk pembimbing saya harus memahami kembali prinsip-prinsip pembuatan DFD.

Yang mesti dilakukan dalam pembuatan DFD:

  • Identifikasi informasi, kaitannya dengan observasi.
  • Buat narasi
  • Tuangkan dalam DFD

Itulah catatan kecil dari pembuatan DFD. Catatan yang lebih rinci bisa didapat dari mata kuliah analsisi dan perancangan sistem. Makanya buat yang sedang kuliah sistem informasi jangan anggap remeh mata kuliah tersebut, dan perhatikan dan pahami dengan benar. Jangan sampai seperti saya nantinya…heheh (curhat!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: