Ke Museum BI dan SeaWord (mencari pengalaman belajar di luar kelas)

Belajar memang tak melulu harus dalam kelas. Melihat sesuatu yang baru, mengamatinya, lalu mananyakan sesuat yang beru tersebut juga merupakan proses belajar. Tidak harus melulu dengan buku dan pensil, tak mesti melulu mencatat. Interaksi sosial dengan obyek dan subyek  di luar kelas (pun) merupakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Maka munculah istilah-istilah model pembelajaran di luar kelas yang dikemas dengan sangat menarik seperti karya wisata, study wisata, field trip, jalan-jalan belajar, dan banyak lagi tema-tema semacamnya. Dan kemarin (rabu, 07/11/12) kami (siswa dan siswi, guru, dan staf sekolah) mencoba refresh kegiatan belajar dengan jalan-jalan ke Museum BI dan SeaWord tentu masih dalam konsep pembelajaran di luar kelas.

Museum BI dan SeaWorld

Ada banyak pengalaman belajar yang bisa dibawa pulang siswa disana, seperti sejarah dan macam-macam bentuk uang yang pernah beredar di Indonesia, sejarah perbankan di Indonesi. Tema pelajaran yang berkaitan dengan kunjungan ke museum BI adalah Uang dan Bank. Dan tentu tidak terlepas dari sejarah kemerdekaan RI. Disana siswa bisa menemukan guru-guru non verbal yang bisa mereka amati secara visual yaitu diorama-diorama, koleksi uang, lukisan sejarah dan film animasi anak-anak yang menceritakan sejarah Bank Indonesia.

Begitupun ketika berkunjung ke SeaWorld, disana siswa bisa menikmati berbagai jenis biota laut. Tema pelajaran yang terkait dengan kunjungan ini adalah lingkungan, saint. Sebab disana siswa akan belajar mengenal jenis-jenis biota laut seperti macam-macam ikan, corral, dan binatang laut lainnya. Mereka akan mendapat pengalaman seputar ikan, jenis ikan, mamalia laut, dan laut.

Lihat photo-photonya >>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: