Mengatasi Monitor Laptop Yang Tidak Tampil (Monitor nge-Blank)

Mengatasi Monitor Laptop Yang Tidak Tampil (Monitor nge-Blank)|Sudah lama saya tidak posting mengenai perangkat komputer, khususnya trouble komputer. Dan posting ini setidaknya jadi bahan pengingat saya ketika mengalami permasalahan yang sama yaitu monitor laptop tidak mau  tampil alias ngeblank. Untuk kasus seperti ini mulanya saya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya dan kebingungan sendiri, soalnya CPU menyala dan tidak ada tanda-tanda seperti bunyi beep atau panas berlebih.

Beruntung saya suatu waktu nongkrong di warnet, dan tiba-tiba komputer server warnet tersebut monitornya ngeblank. Coba-coba lah saya ngebetulin, biasanya kalo urusan monitor saya akan cek kabel VGA, trus VGA Card, Memory. Tapi setelah di cek semuanya oke, saya restart dengan berharap keajaiban setelah saya cabut pasang hardware yang saya sebutkan tadi monitor akan segera tampil. Tapi ternyata layar monitor komputer tersebut tetap ngeblank. Akhirnya datanglah teman saya yang -memang-pekerjaanya adalah teknisi. Apa yang teman saya lakukan tersebut:

  • Restart komputer
  • Tekan tombol F8 berulang (langkah ini dilakukan untuk proses masuk ke Safe Mode).
  • Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, ubahlah kapasitas resolusi komputer. Caranya jika di Windows 7, klik kanan pilih Scree resolutions, kemudian ubah kapasitas resolusi pada Resolution.
  • Kemudian restart komputer, dan biasanya layar monitor akan kembali normal.

Bagaimana jika setelah berulang menekan tombol F8 tapi tidak berhasil masuk ke Safe Mode?

  • Coba test dengan monitor lain, jika laptop coba test menggunakan monitor PC.
  • Jika berhasil tampil pada Monitor lain, silahkan ubahlah ukuran resolusi screen.
  • Restart, cabut kabel VGA yang menghubungkan laptop dengan monitor lain
  • Setelah restart biasanya monitor komputer / laptop akan normal kembali. Jika belum normal kembali, lakukan berulang-ulang sampai Monitor laptop kita normal kembali.

Bagaimana jika kedua cara tadi tidak berhasil?

Jika kedua cara tadi tidak berhasil ada kemungkinan terjadi trouble pada beberapa hardware laptop, diantaranya VGA, Memory, CPU, PowerSuply, atau LCD Monitornya. Dan berdo’a saja mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa dengan LCD Monitor laptop anda, sebab jika terjadi apa-apa perlu merogoh uang jutaan rupiah untuk mengganti LCD tersebut.

4 Responses to “Mengatasi Monitor Laptop Yang Tidak Tampil (Monitor nge-Blank)”

  1. Saya membeli laptop berMerk Hp baru sekitar 1bulanan dengan keadaan baru .
    Pada saat adik saya bermain game , tiba-tiba laptop saya nge-blank layarnya putih .
    Sudah di matikan beberapa kali tapi tetap saja layar masih putih .
    Sudah di bawa ke tempat service 2kali ke tempat yang berbeda kata yang menyervicenya laptop saya hard disk-nya rusak .
    Apa yang harus saya lakukan ? Dan berapa bajet yang harus saya keluarkan ? Tolong bantu saya kasih solusi .
    Terimakasih:) dan di tunggu jawabannya:)

  2. kak layar saya nge blank saat memainkan game GTA SA.. sebenernya gamenya respon ada suaranya.. tapi layarnya hitam.. itu kenapa ya.. ketika saya coba alt+tab saya kembalikan lagi layar respon ada gambarnya cuma 1detik aja habis itu blank lagi.. itu knp ya ??

  3. halo mas….leptop saya hidup, tapi kipas procsor tidak hidup dan tidak tampil di monitor?itu kesalahan dimana???

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

