Menulis apa hari ini?

Pagi ini kebetulan tidak ada jam mengajar, nanti jam 9.20 baru ada jadwal di kelas 8. Waktu kosong seperti ini sebetulnya sangat mengasyikan, dimana saya bisa mencari banyak ide di internet dan ide-ide tersebut biasanya cukup menyegarkan prospek pikiran saya kedepan, entah untuk mengajar atau untuk diri saya sendiri. Dan pagi ini saya mendapati tayangan kurang menyenangkan prihal guru TK yang menampilkan “kekerasan fisik” terhadap siswanya. Yangan video singkat tersebut saya dapati di situs Yahoo.com (maaf saya tidak mau menampilkan link baliknya, karena tidak akan bermanfaat menurut saya). Dan, sebenarnya saya ingin menulis. Posting rutin di blog ini sepertinya sudah menjadi keharusan buat saya, tapi masalahnya kadang kebingungan mencari tema yang pas untuk ditulis. Tema yang pas maksudnya, sesuai dengan posisi saya sebagai guru dan ada manfaatnya bagi orang lain. Padahal dalam beberapa posting kerap saya mengatakan, tulis saja, dan jangan pikirkan apakah tulisan kita menarik atau tidak…

Setelah beberapa lama, berselancar ternyata malah makin banyak waktu terbuang, bukanya mendapat ide presh malah gak karuan, selalu tergoda dengan judul-judul tulisan menarik tapi nyatanya tidak menarik. Akhirnya kesempatan untuk menulis saya jadi terbuang. Mau menulis apa hari ini?

Sebenarnya dari semalam saya ingin menulis tentang profesi guru, tentang anggapan bahwa profesi guru itu mulia, apakah masih relevan anggapan bahwa profesi guru saat ini masih dianggap mulia? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya cukup menarik untuk saya tulis di blog ini, tapi nyatanya samapi siang begini tulisan tersebut belum jadi juga. Mungkin lain kali saja saya tulis, sekarang masukan dulu dalam draft.

Melihat anak-anak ceria

Di luar sana, tepatnya di lapangan sekolah, kelas 1 dan 3 sedang berolahraga. Kebetulan Lab.komputer persis di samping lapangan, jadi saya bisa leluasa melihat mereka, sambil “ngetik” sesekali mata saya melihat keringat anak-anak itu bercucuran, segar kelihatanya. Suara mereka juga cukup semangat, dan saya tahu mereka sangat senang dengan pelajaran olahraga. Sebenarnya keceriaan anak-anak saat berolahraga tersebut bisa saya jadikan bahan menulis hari ini, misalnya saja saya kasih judul “semangat berolahraga”, “senangnya melihat siswa-siswiku berolahraga” dan lain sebagainya.

Tapi itu tadi, belakangan ini saya sepertinya hanya ingin posting tulisan yang benar-benar menarik dan bermanfaat, kalau bisa topiknya tentang IT untuk pembelajaran seperti kebanyakan tulisan saya di blog ini. Misalnya tutorial software baru yang bisa digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran tertentu, pemanfaatan produk ICT yang murah dan bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran, dan tutorial atau minimal informasi ringan seputar peran IT dalam pendidikan. Jadi deh, molor menulis.

Mudah-mudahan nanti siang ada fresh idea, agar saya bisa berbagi (lagi) di blog ini dengan topik menarik seputar IT dan ICT…

Reff image: http://www.thenumberyard.com/about.php

Tag:

Tinggalkan Balasan

