Apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa membuat RPP Berkarakter?

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa membuat RPP Berkarakter? pertanyaan tersebut biasanya muncul dalam diskusi-diskusi antar guru, baik dalam diskusi formal-besar semacam KKG, seminar, workshop atau dalam diskusi-diskusi kecil ilmiah semacam kerja kelompok mahasiswa jurusan pendidikan, atau bisa juga diskusi kecil antar sesama guru di kantin sekolah. Pertanyaan yang sangat menarik buat saya, terlebih saya bukanlah alumnus sarjana pendidikan, dan karena profesi saya saat ini sebagai guru tentu mengharuskan saya untuk berkenalan dengan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi guru, dan RPP salah satunya.

Berikut beberapa hal yang saya persiapkan ketika hendak membuat RPP:

  1. Silabus
  2. Jaring-jaring tema (jika mengajar kelas tematik)
  3. Kalender pendidikan (untuk menghitung hari epektif)
  4. Catatan kata kerja operasional (KKO)
  5. Catatan nilai karakter permata pelajaran
  6. Catatan nilai karakter dan deskripsinya
  7. Catatan jenis-jenis model/metode pembelajaran
  8. Catatan budaya sekolah
  9. Buku pelajaran dan sumber lain
  10. Catatan alat peraga dan media pendukung lainnya yang kita miliki atau yang sekolah miliki.
  11. Contoh RPP (hehhe…contoh bukan berarti nyontek ya…dalam hal ini untuk perbandingan, dan yang paling penting untuk mengingatkan struktur RPP)

Dengan 11 bahan tersebut, (menurut saya) membuat rpp berkarakter jadi lebih mudah, tidak mengarang bebas dan fokus.

Ke 11 bahan tersebut, nanti saya share berikutnya. Agar apa yang saya tulis disini bisa langsung dipraktekan, mudah-mudahan dengan adanya bahan-bahan tersebut “budaya” copy-paste rpp menjadi berkurang.

One Comment to “Apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa membuat RPP Berkarakter?”

Tinggalkan Balasan

