Klarifikasi: Saya Menjual Ebook Bukan Buku

Klarifikasi: Saya Menjual Ebook Bukan Buku| Tulisan ini saya buat untuk mengklarifikasi atas “pernyataan” kecewa dari salah seorang pembeli Ebook: Modul TIK Kelas 3,4,5,6 Edisi 2012 via sms pertanggal 25/10/12. Sebagaimana diketahui (jika bapak/ibu atau siapapun yang sering mengunjungi blog saya ini) bahwa dalam blog ini saya menjual produk kreatif saya berupa Ebook Modul TIK untuk kelas 3,4,5,6 SD, posting promonya dapat dilihat disini, dan disini. Saya juga membuat page promo, word, excel asyik, paint, dan powerpoint. Dan saya juga membuat blog promo pengumpan dengan alamat modul-tik.blogspot.com, dan beberapa ads text di blog-blog saya lainnya dan blog yang dengan sukarela mempromosikan tautan posting promo modul-modul saya tersebut.


Kronologis

Beberapa waktu lalu (saya lupa tanggalnya, pertenngahan oktober 2012) saya mendapat sms yang berisi pesanan modul, hal biasa yang sering saya dapati dari para pemesan modul saya. Bapak tersebut menanyakan prosedur pembelian, dan saya jawab seperti pada pemesan modul lainya bahwa untuk mendapatkan modul tersebut pembeli tinggal mentransfer jumlah uang sesuai harga modul (yang dengan jelas saya cantumkan dalam posting promo saya). Beberapa waktu kemudian saya mendapat sms, bahwa bapak tersebut telah mentransfer dana untuk pembelian modul saya, sekalipun tanpa bukti tranfer (karena bapak tersebut mengaku kebingungan dengancara scaning resi transfer), dan beberapa saat kemudian saya pun mengirimkan modul-modul pesanan via email (hal yang biasa saya lakukan, dan para penjual ebook lainya). Saya pikir setelah modul terkirim maka proses transaksi selesai, dan untuk hal-hal lainya bisa dikonsultasikan via email atau sms.

Ternyata bapak yang memesan modul saya merasa kecewa, karena bapak tersebut berpikir bahwa Modul-modul yang ia pesan (buku: beliau menyebutnya) akan dikirimkan melalui jasa pengiriman atau POS. Ternyata saya mengirimkannya lewat email. Hal tersebut saya pikir lantaran kesalah pahaman persefsi, bahwa yang dikira bapak pemesan modul bahwa yang beliau pesan adalah buku dalam bentuk cetak kertas (alias print out). Padahal yang saya tawarkan dalam posting promo dan page promo modul-modul tersebut berupa e-book (alias buku elektronik) atau soft copy. Definisi E-book bisa dilihat pada wikipedia, dan definisi buku juga dapat dilihat pada halaman wiki lainya.

Saya menjual Ebook

Paragraf ini sebagai penegas saja, bahwa yang saya tawarkan mengenai Modul TIK Kelas 3,4,5,6 SD berupa ebook, bukan buku. Penegasan ini saya harap akan menjadi pertimbangan bagi calon pembeli modul-modul dan produk digital kreatif saya lainya yang saya buat dan di promosikan dalam blog ini atau blog-blog saya lainya. Agar nantinya tidak lagi ada salah persefsi sehingga pemesan modul saya merasa dikecewakan. Dan untuk pelanggan yang sudah dan merasa kecewa atas kesalah persefsi tersebut dari lubuk hati yang paling dalam saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Mulyadi Tenjo

Tinggalkan Balasan

