Posting Sejarah Kemerdekaan RI (Tugas Kelas 8 SMPI Nida El-Adabi)

Menulis, merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Bahkan banyak yang mengatakan susah, atau sangat susah. Perlu meluangkan waktu agar bisa menulis, tapi faktanya banyak yang mempunyai waktu luang banyak kenyataanya tak mampu menulis satu paragrafpun. Padahal dengan menulis(kan) sesuatu entah itu nota mengajar (bagi guru), catatan belajar (bagi siswa), catatan dialog (bagi wartawan) akan memberi banyak manfaat, dan itu penting.

Apa jadinya dunia ini jika tak satu pun orang yang mempunyai atau mau -untuk-menuilis? Mungkin tidak akan ada rekaman sejarah masa lalu yang kelak akan menjadi kajian akademik untuk tujuan tertentu. Untuk itu pada pertemuan belajar kemarin (22-10-2012) bersama siswa-siswi saya mencoba untuk menumbuhkan kembali semangat menulis. Tentu menulis di zaman sekarang tidak lagi menggunakan kertas dan pena, melainkan menggunakan komputer dan Blog sebagai alas untuk menulis dan publikasinya.

Posting sejarah kemerdekaan RI

Tugas yang saya berikan untuk topik atau bahan menulis mereka adalah sejarah kemerdekaan RI, referensinya bisa mereka dapatkan di Internet. Dengan materi tugas seperti itu mudah-mudahan ada simbiosis muatualisme antara mata pelajaran IPS atau PKN dengan TIK. Materi seperti itu biasanya dibahas di pelajaran IPS atau PKN, sedangkan mata pelajaran TIK sebagai penyedia “knowledge base” akan aplikasi-aplikasi ICT populer yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan menulis dan publikasi, yaitu Blog.

Manfaat bagi siswa, dalam proses (saya selalu menyukai kata-kata proses) pengerjaan tugas tersebut, siswa akan mendapat banyak pengalaman belajar mengenai sejarah kemerdekaan, dari mulai literatur yang mereka dapatkan melalui artikel-artikel sejarah di blog atau website, melihat seperti apa perang kemerdekaan, bunyi proklamasi, dan image atau video tokoh-tokoh sejarah kemerdekaan RI dari Youtube. Dan saya yakin hal tersebut memberi pengalaman positif untuk interesting mereka tentang bagaimana menghargai perjalanan panjang searah kemerdekaan negaranya. Pengalaman positif lainnya, mereka belejar menumbuhkan semangat untuk posting, semangat untuk publikasi, berbagi dan menulis tentunya. Semangat-semangat seperti itulah yang saya sebut sebagai sebuah proses membangun generasi menulis, generasi yang mau berbagi.

Untuk hasilnya seperti apa posting-posting siswa saya mengenai tugas yang saya berikan, nanti akan saya tautkan link alamat blog-blog mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: