Membuat Kelas Virtual (Artikel Pengantar)

Membuat kelas virtual | Kelas virtual? Apa sih? Posting yang membahas tentang kelas virtual di internet ada banyak sekali jika kita rajin menelusurinya. Tapi tidak ada salahnya kalau pada kesempatan kali ini saya menjelaskan sedikit saja mengenai apa sih kelas virtual tersebut, apa sih fungsinya, dan bagaimana cara membuatnya. Dengan penjelasan singkat tapi mudah-mudahan bisa dipahami ini saya harapkan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru yang ingin membuat aktivitas edukasi kreatif di internet, dan jika dikolaborasikan dengan personal blog rekan-rekan guru tersebut Insya Allah akan menambah poin tersendiri jika kelak blog tersebut diikutsertakan dalam perhelatan Guraru Award 2013 (hehehhe…).

Kelas Virtual

Mengutip artikel tentang pengertian kelas di m-edukasi.web.id Kelas adalah kelompok sosial yang dinamis yang harus dipergunakan oleh setiap wali/guru kelas untuk kepentingan murid dalam kependidikannya. Dinamika kelas pada dasarnya berarti kondisi kelas. Yang meliputi dorongan untuk aktif secara terarah yang dikembangkan melalui kreatifitas dan inisiatif murid sebagai suatu kelompok.

Sedangkan Virtual menurut kamusWebster’s, virtual is being in essence or effect but not in fact. Virtual berartisemu, bukan benda aslinya, maya, simulasi/latihan/demo, bekerja secaraelectronic, bisa berpindah-pindah saat anda berada dimana saja, tidak benar-benar secara fisik. Dan yang ingin kita bicarakan adalah virtual learning. Pembelajaran dengan virtual learning yaitu proses belajar mengajar terjadi melalui komputer-komputer yang terhubung ke jaringan internet, fasilitas-fasilitas yang biasa tersedia di kelas tergantikan fungsinya oleh menu-menu yang ada pada layer monitor komputer, Interaksi antara pendidik dan peserta didik terjadi melalui komputer.

Jadi pengertian virtual jika mengacu pada dua referensi tadi berarti kelompok sosial yang terdiri dari siswa dan guru (siswa dan guru ini bisa saja bukan merupakan siswa dan guru yang bisa interaksi dalam kelas yang sebenarnya / sekolah) untuk melakukan aktivitas belajar mengajar yang terjadi melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Bedanya antara guru dan siswa tidak bertemu secara fisik.

Fungsi kelas virtual

Kelas virtual memiliki fungsi yang sama dengan kelas yang sebenarnya yaitu interaksi antara guru dan siswa dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Dalam kelas virtual juga segala bentuk kegiatan mesti terjadwalkan, misalnya jadwal pelajaran, waktu belajar, guru mata pelajaran, absen, quiz dan lain sebagainya. Kelebihan dari kelas virtual terletak pada fleksibilitasnya, karena guru dan siswa tidak bertemu secara fisik maka prose KBM dapat dilaksanakan dimana saja (bisa saja saat KBM guru berada di luar kota dan siswanya berada dikamar tidurnya).

Cara membuat kelas virtual

Untuk membuat kelas virtual seorang guru harus mampu:

  1. Menggunakan komputer (basic)
  2. Menggunakan internet
  3. Menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk membuat kelas virtual
  4. Kreatifitas mengajar yang tinggi

Aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat kelas virtual diantaranya:

  1. Moodle (free)
  2. Lectora
  3. Plash
  4. Ispring
  5. Netop, dan lainya.

Atau kita juga bisa menggunakan fitur gratisan dari situs:

  1. edu20.org
  2. kelasvirtual.com
  3. Vyew
  4. edmodo
  5. dan lainnya.
Dan untuk melaksanakan KBM di kelas virtual juga harus tersedia:
  1. Perangkat komputer (PC, Laptop, atau perangkat cerdas lainnya yang mampu terhubung dengan internet).
  2. Ada jaringan internet
  3. Siswa terlebih dahulu dibekali pengetahuan tentang internet, dan cara menggunakan kelas virtual tersebut.
Demikian artikel pengantar mengenai Kelas Virtual, mudah-mudahan bermanfaat. Pada kesempatan berikutnya saya akan memberikan tutorial singkat mengenai cara membuat kelas virtual dengan edomodo. Tutorial tersebut bisa di download langsung dalam format Pdf atau Docx.
Referensi image: visionet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: