Mengelola Spreadsheet Google Drive

Mengelola Spreadsheet Google Drive| Tulisan ini menyambung posting terdahulu saya sudah menerangkan (walaupun secara singkat) bagaimana cara membuat soal atau quis online dengan memanfaatkan Google Drive, lebih lengkapnya silahkan baca Membuat Soal Ulangan Online di Google Drive. Setelah membaca posting tersebut saya asumsikan semuanya (pembaca yang ingin belajar Google Drive) sudah mengetahui cara membuat form untuk inputan siswa ketika mengerjakan soal-soal ulangan online. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengetahui hasil inputan jawaban siswa kita tersebut, bagaimana cara mengelola database (bahasa krennya) yang semuanya tersimpan dalam bentuk spreadsheet. Pada halaman spreadsheet tersebut nantinya kita akan belejar mengetahui lebih banyak mengenai fungsi-fungsi yang bisa kita gunakan untuk mengelola worksheet spreadsheet Google Drive tersebut.

Membuat Form

Untuk mempermudah materi kali ini, saya ajak pembaca untuk membuat Form terlebih dahulu. Jika belum tahu cara membuat form inputan di Google Drive silahkan baca kembali posting yang saya sebutkan diatas. Dalam simulasi ini saya membuat satu buah form inputan dengan title “Soal Online Simulasi Dengan Google Drive”, yang terdiri dari 3 Question title (pertanyaan) yang semuanya menggunakan question type multiple choice (pilihan ganda). Untuk melihat form tersebut silahkan klik tautan ini

Setelah form jadi, silahkan isi form tersebut (nama, kelas, dan tombol  pilihan jawaban) untuk simulasi kal ini saya hanya menginput 3 orang siswa dengan nama Adi, Dina dan Ahmad masing-masing saya simulasikan mereka dari kelas 8/1. Untuk tombol pilihan jawaban saya jigjag saja. Setelah nama-nama tersebut berikut pilihan jawabannya berhasil “submit”, berikutnya kita lihat hasilnya di halaman spreadsheet Google Drive yang biasanya terarsipkan dalam recent data (terlihat pada tampilan gambar dibawah ini).

Pada recent terlihat file data yang nantinya akan kita kelola (dalam gambar saya lingkari). Untuk melihat file data tersebut kita bisa langsung klik yang nantinya file data tersebut akan terbuka dalam bentuk spreadsheet. Dalam halaman spreadsheet tersebut nanti kita akan melihat siapa saja nama-nama siswa kita yang sudah mengerjakan soal sekaligus melihat hasilnya. Pada gambar dibawah ini saya simulasikan semua siswa sudah berhasil mengisi soal dengan jawaban yang tidak sama ( tidak sema siswa menjawab dengan benar).

Mengenal Menu

Dalam tampilan spreadhseet tersebut kita bisa melihat menu-menu yang sebenarnya sudah sangat familiar dengan kita, terutama bagi mereka yang sering menggunakan Excel. Menu-menu tersebut terdiri dari File, Edit, View, Insert, Format, Data, Tool, Form dan Help. Yang akan kita pelajari hanya beberapa saja, karena fungsi-fungsi menu lainnya sudah tidak asing lagi seperti copy,paste, row above, row below dan seterusnya.

Membuat Border

Untuk membuat Border, langkahnya sama persis dengan ketika kita membuat borders pada Microsoft Excel. Yaitu blok teks yang akan dibuatkan borders nya, kemudian pilih ikon borders. (seperti pada gambar dibawah ini!)

Setelah membuat borders kita jadi lebih jelas melihat fokus kerja kita dalam bentuk tabel. Selanjutnya kita akan mengolah nilai siswa. Untuk mengolah nilai siswa kita bisa menambahkan kolom sesuai jumlah butir soal, pada gambar diatas saya menambahkan 3 kolom tepat disebelah kiri butir soal no.1 (kolom saya beri title 1,,2 dan 3), kemudian kita buat lagi satu kolom untuk nilai akhir (pada gambar: kolom Nilai Akhir terletak disebelah kanan kolom Kelas). Untuk membuat kolom, pilih menu Insert, pilih Column Left (untuk menambahkan kolom disebelah kiri tempat kursor diletakan), Column Right (menambahkan kolom disebelah kanan dari tempat kursor diletakan).

Menyeleksi jawaban yang benar

Proses ini dilakukan untuk menentukan kriteria benar atau salah dari butir soal yang dijawab siswa, untuk soal dengan jenis multiple choice biasanya untuk jawaban yang benar maka kriteria nilainya adalah 1. Untuk mengetahui jawaban siswa benar atau salah dengan kriteria tersebut, saya menggunakan rumus fungsi sederhana dengan logika sebagai berikut: misalkan kita ingin mengetahui apakah soal no.1 pada kolom 1(E2) yang dijawab oleh Adi benar atau salah maka rumusnya =jika(jawaban pada kolom H2=”a. PowerPoint”,maka nilainya 1, selain itu 0) artinya jika jawaban soal no.1 adalah “a. PowerPoint” maka jawaban tersebut benar, maka bobot nilainya 1, jika jawabannya selain itu (misalnya b,c dan d) maka nilainya 0.

Coba praktikan:

  • Letakan kursor di kolom E2 (dalam gambar merupakan kolom untuk kriteria butri soal no.1)
  • Masukan rumus =if(H2=”a. PowerPoint”,1,0) dalam penulisan rumus perhatikan kutip dan spasi jika tidak sama aka jawaban akan 0.
  • Enter
  • Jika rumus yang dimasukan benar, maka jika jawaban butir soal no1 jawabannya benar, maka akan muncul angka 1.

  • Masukan rumus tersebut pada kolom soal 2, dan 3 dengan mengedit nama kolom dari H2 menjadi I2 dan kriteria jawaban yang benarnya saja.
  • Masukan rumus-rumus yang telah dibuat pada row ke-2 (baris siswa dengan nama Adi) ke row berikutnya sesuai jumlah siswa.

Menghitung Nilai Akhir

Untuk menghitung Nilai Akhir, kita tentukan terlebih dahulu kriteria penilaiannya. Untuk simulasi ini saya membuat kriteria Nilai akhir=Jumlah soal yang benar / jumlah soal x 100. Kita bisa menggunakan rumus SUM, sebagai berikut:

  • Letakan kursor di kolom D2
  • Masukan rumus =SUM(E2:G2)/3*100
  • Enter
  • Jik rumus benar, maka hasilnya adalah 100.
  • Masukan rumus tersebut untuk kolom selanjutnya.
  • Hasilnya bisa terlihat pada gambar dibawah ini.

Demikian posting kali ini mengenai bagaiman Mengenlola Spreadsheet Google Drive. Rumus-rumus tadi hanya simulasi, pembaca bisa menggunakan rumus fungsi lainnya yang lebih terstrukutur. Pembaca juga bisa menambahkan fungsi pengelolaan lainnya seperti mengetahui ketuntasan dengan kriteria apakah siswa di remedial atau tidak. Mudah-mudahan posting singkat ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba, dan berkreatifitas!

15 Komentar to “Mengelola Spreadsheet Google Drive”

  1. Luarbiasa nih, terima kasih

  2. terimakasih banyak, tolong bieritahu bagaimna caranya melihat kembali soal-soal yang sudah pernah kita simpan di drive dalam bentuk aslinya, bukan spreadsheet?………….

  3. dalam bentuk form maksudnya? tinggal masuk ke akun google drive, trus klik form dan pilih edit form….

  4. saat memasukkan rumus =if(H2=”a. PowerPoint”,1,0)
    ternyata ada penrnyataan eror Pa?
    agar tiap siswa bisa login dulu sebelum mengerjakan gmn caranya?

  5. kalau punya ebooknya bagi donk, atau ke email ayomendidik@yahoo.com. terima kasih banyak

  6. sedang belajar tentang ini.
    meski belum berhasil (karena kebodohan saya), akan terus dicoba.
    terimakasih banyak
    salam

  7. alhamdulillah
    sekarang sudah berhasil
    mantap
    kini tinggal belajar bagamana membuat analisis soal dengan bantuan google drive. apakah kira-kira bisa pak?

  8. Thanks for your marvelous posting! I actually enjoyed
    reading it, you happen to be a great author.I will be sure to bookmark your blog and may
    come back down the road. I want to encourage you to definitely continue your great job, have a nice holiday weekend!

  9. I loved as much as you will receive carried out right
    here. The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly
    a lot often inside case you shield this hike.

  10. Bermanfaat sekali ilmunya pak.

    Apakah bisa membuatan presensi online dengan spreadsheet dari google drive ini pak?

    Tolong dibantu yaakk

  11. Bagus sekali infonya pak.
    Seandainya mau ditambahkan fungsi lain(misalnya Rank, agar muncul peringkat nilai secara otomatis dan real time) bisa tidak?

  12. sudh coba untuk korksi tapi masih blm bisa ung

  13. Untuk membuat form login nya gimana pak, seperti macros, makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: