Lebih Dari 10 Aplikasi Google Untuk Media Pembelajaran

Lebih Dari 10 Aplikasi Google Untuk Media Pembelajaran| Pada tulisan sebelumnya saya telah menulis mengenai produk Google yang sering sekali saya gunakan untuk media pembelajaran, yaitu Google search Engine, Google Drive, Gmail, dan Blogger. Keempat produk tersebut hampir setiap hari saya gunakan baik ketika hendak menyusun skenario pembelajaran, dalam pembelajaran itu sendiri, dan sesudah pembelajaran berlangsung. Produk-produk Google tersebut memang sangat dekat dengan dunia pendidikan terutama jika kita mampu memanfaatkannya dengan baik. Dan saya yakin produk-produk tersebut memang dibuat untuk kepentingan pendidikan (dalam ranah yang lebih luas), bukan untuk bisnis semata.

Untuk membuat skenario pembelajaran terus terang saya banyak mencari di Google searh engine, dari hasil pencarian tersebut saya menemukan bahan-bahan pemebelajaran untuk materi pelajaran yang akan saya sampaikan esok harinya. Misalnya saja saya sedang menyusun RPP untuk mata pelajaran TIK kelas 8 dengan materi presentasi, maka saya pun mencari materi-materi presentasi potensial untuk anak didik saya, salah satunya bagaimana seorang Steve Job ketika membawakan sebuah presentasi.

Pada saat pembelajaran saya pun tidak sungkan untuk menggunakan fasilitas upload-share nya Google Drive untuk mempermudah siswa dalam melihat atau mengunduh matri hari itu, saya juga menggunakan form nya Google Drive untuk membuat quiz online sebagai test uji kompetensi materi hari itu. Dan diakhir pembelajaran saya pun bisa dengan mudah menganalisa hasil tes uji kompetensi siswa melalui spreadhseet Google Drive yang bisa kita kombinasi dengan rumus-rumus fungsi layaknya di aplikasi spreadsheet populer.

Bayangkan jika saya harus membuat sendiri aplikasi utuk memudahkan pekerjaan-pekerjaan saya tadi, tentu saya harus menyiapkan pengetahuan saya tentang programming, data base, jaringan, hardware, bandwith dan peripheral lainnya yang kesemuanya tentu memerlukan biaya yang sangat tidak murah, juga menguras otak. Tapi dengan adanya produk-produk Google tadi saya hanya perlu sedikit pengetahuan saja dan itu bisa dipelajari -pula-dengan mudah lewat Google.

Aplikasi Google apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran?

Berikut merupakan aplikasi buatan (produk) Google yang bisa kita manfaatkan untuk pembelajaran:

  1. Google searche (mesin pencari). Dengan mesin pencari buatan google ini kita bisa mencari banyak sekali informasi yang bermanfaat, terkini, dan memudahkan. Dan itu semua bisa kita manfaatkan untuk menunjang dan mengembangkan pembelajaran.
  2. Gamail (fasilitas untuk kirim surat elektronik) ini nyatanya bukan sekedar untuk mengirim surat, tapi juga bisa digunakan untuk kepentingan lainnya, karena Gmail saat ini merupaka akun wajib jika kita hendak menggunakan produk-produk gratis Google. Di dalam dashboard Gmail pun nyatanya kita bisa berineraksi lewat Google Talk, Video Chat, dan bersosialita dengan jejaring Google +. Itu semua bisa kita jadikan media pembelajaran yang menyenangkan tentunya.
  3. Google Earth. Dengan aplikasi ini kita dan siswa dapat  menjelajahi seluruh penjuru dunia dengan memanfaatkan google earth dimana tampilan peta dunia menggunakan fitur 3 dimensi.  Hal ini sangat membantu khususnya para pendidik untuk menambah pengetahuan peserta didik terutama dalam pelajaran geografi atau ilmu pengetahuan sosial,sejarah, saint, dan lainnya.
  4. Google map. Dengan aplikasi ini (yang memiliki fungsi mirip Google Earth) kita dan siswa bisa menavigasi suatu peta wilayah secara global. Hal ini memungkinkan kita dan siswa untuk mencari dan mempelajari alamat di mana saja di Indonesia dan di banyak negara lain. kita bebas dapat beralih di antara peta, satelit, medan, dan mode StreetView untuk mendapatkan perspektif berbagai lokasi di Indonesia. Terbaik dari semua, Google Maps adalah aplikasi online, jadi tidak ada download yang diperlukan, dan kita dapat mengaksesnya dari komputer manapun yang terhubung ke Internet.
  5. Google News. Kita bisa mencari berita hari ini dari seluruh penjuru dunia, sehingga kita dapat mengetahui sumber berita yang akurat langsung dari sumbernya. Hal ini memungkinkan kita bereksplorasi menelusuri berita-berita yang dibutuhkan untuk mata pelajaran tertentu bersama siswa-siswa kita.
  6. Google calender, dengan aplikasi ini kita bisa membuat penjadwalan untuk tugas pembelajaran tertentu bagi siswa, kegiatan sekolah, even. Dengan Google calender pun (sepertinya) bisa untuk penyususnan kalender pendidikan. Dan ini bisa ditampilkan di page atau widget blog atau situs sekolah sehingga semua yang berkepentingan terhadap jadwal kegiatan sekolah dapat melihatnya. Ini akan menjadi informasi yang berharga tentunya, terutama bagi orang tua siswa, siswa dan kita sebagai guru.
  7. Blogger. Aplikasi ini mungkin sama populernya dengan Gmail, dan sama populernya pula dengan free platform Wordperss. Dengan Blogger kita bisa membuat rumah blog dengan cepat. Blog memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk publikasi informasi, baik untuk guru, siswa. Dengan blog kita bisa membuat alternative e-learning yang mudah dan murah.
  8. Google Drive. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk model penyimpanan data secara online yang belakangan populer disebut dengan teknologi cloud. Di dalam aplikasi Google Drive sendiri memiliki banyak sekali fitur yang bisa di optimalkan untuk media pembelajaran, seperti from, spreadsheet, persentasi, upload, dan share. Dengan aplikasi ini kita bisa menyimpan data sampai 5 GB, membuat quis online, membuat slide persentasi dan fungsi-fungsi aplikasi office lainnya.
  9. Google page creator. Dengan aplikasi ini kita dapat membuat halaman website secara instant sampai media penyimpanan data yang cukup variatif yaitu bisa untuk menyimpan data gambar semisal gif,jpg,png ataupun untuk menyimpan data script semisal CSS stylesheet, javascript dll. Tidak tanggung-tanggung, kapasitas yang di sediakan untuk satu account google cukup lumayan besar yaitu 1000 MB, sebuah angka yang cukup menggiurkan tentunya karena semuanya di berikan secara cuma-cuma alias gratis tis.
  10. Picasa. Dengan Picasa kita dapat membuat Album Web bagi siswa untuk mengakses dari rumah, dan mengintegrasikan ke dalam program fotografi Anda dengan memiliki anak-anak mengambil pelajaran yang berhubungan dengan foto, posting mereka ke Album Web dan laporan lisan hadir.
  11. Google APPS Education.  Aplikasi ini bermanfaat untuk siswa, guru dan staf dapat berbagi ide lebih cepat dan mendapatkan sesuatu lebih efektif ketika mereka memiliki akses ke komunikasi yang kuat yang sama dan alat berbagi. Google Apps Education Edition memungkinkan administrator teknologi menyediakan email, kalender online sharable, alat pesan instan dan bahkan sebuah website yang didedikasikan untuk fakultas, mahasiswa dan staf secara gratis. Tidak ada perangkat keras atau perangkat lunak untuk menginstal atau memelihara, karena semuanya disampaikan melalui web browser standar – kapan saja, dari mana pun
  12. Google book. Aplikasi ini memudahkan kita dalam mencari berbagai istilah yang kita cari dalam proses pembelajaran. Hal ini untuk menemukan halaman yang mencakup istilah pencarian kita dalam sebuah buku. Setelah kita menemukan buku yang diberikan, kita dapat menelusuri halaman yang tersedia, pencarian lebih lanjut dalam buku itu, menemukan ulasan online, dan belajar di mana untuk membeli buku atau memeriksanya dari perpustakaan terdekat, dan dalam beberapa kasus, bahkan membaca secara online seluruh judul .

Dan masih banyak lagi aplikasi dari Google yang bisa kita gunakan dengan gratis untuk media pembelajaran yang menarik, seperti Google Notebook, Google +, Google translate, Google Reader, Google Dekstop, dan aplikasi lainnya. bahkan sekarang kita bisa upload video ke Youtube yang juga aplikasi akuisis google. Selamat mencoba!

Referensi:

http://educationesia.blogspot.com/2012/10/memanfaatkan-16-aplikasi-google-sebagai.html
www.google.com/intl/id/about/products/
http://bloggingly.com/25-produk-google-untuk-mengoptimasi-blogging-anda/

2 Komentar to “Lebih Dari 10 Aplikasi Google Untuk Media Pembelajaran”

  1. Mau nanya cara membuat quis pada google drive bisa secara offline g ? Terima kasih sebelumnya atas info ya . . Sukses

  2. bisa mas, tentu mesti download dulu google drive nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: