Website Gratis Untuk Sekolah Indonesia

Website Gratis Untuk Sekolah Indonesia| Apakah Sekolah anda ingin membuat website? Kebingungan lantaran anggaran BOS tidak mencukupi untuk alokasi jasa pembuatan website? Pertanyaan semacam itu umumnya memang sering sekali terdengar dari pengelola lembaga pendidikan, dan ujung-ujungnya website sekolah tidak masuk kedalam rencana anggaran sekolah tahun ajaran baru ini, dan selalu begitu. Padahal berapa sih harga sebuah website sekolah, saya yakin tidak akan sampai menguras dana BOS, dan saya yakin juga bahwa aloksai pembuatan website sebenarnya bagian dari pengembangangan operasional sekolah kaitannya dengan manajemen sistem informasi dan itu “halal” menggunakan dana BOS.

Belum paham manfaat

Sebenarnya bukan harga website yang dianggap mahal, melainkan belum tahu seberapa besar manfaatnya website sekolah tersebut. Saya yakin jika sudah tahu manfaat dari website sekolah tersebut pasti biaya bukanlah masalah. Contohnya saja seperangkat komputer sebenarnya mahal jika dilihat dari nominal uang, tapi ketika komputer tersebut memiliki manfaat yang besar maka harga tidak lagi menjadi persoalan.

Dan banyak sekali manfaat dari website sekolah tersebut. Website sekolah bisa menjadi sumber informasi bagi dunia luar tentang keberadaan sekolah, seperti profil, sdm, visi dan misi, eskul dan lainnya. Belum lagi jika website sekolah tersebut terintegrasi dengan sistem informasi akademik online, tentu kehadiran website akan sangat berguna karena semua data bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Website gratis

Lupakanlah harga atau biaya untuk membayar jasa pembuatan website sekolah. Jika ingin membuat website sekolah gratis banyak kok yang menyediakan jasanya “free” alias rela untuk tidak dibayar dalam pembuatan webste sekolah. Ketika saya menelusuri mesin pencari dengan kata kunci “website sekolah gratis” ada banyak sekali blog atau website yang ber title kata kunci tersebut, bahkan ada yang menggunakan kata kunci “websitesekolahgratis” sebagai alamat url blognya. Blog-blog tersebut diantaranya websitesekolahgratis.blogspot.com, websitesekolahgratis.tk, dan aditiaweb.com.

Untuk ketiga blog tadi saya acungkan dua jempol jika mereka benar-benar menggratiskan jasanya untuk membuatkan website ke sekolah-sekolah yang menginginkan website sekolah secara gratis. Kebanyakan mereka memang menawarkan jasa gratis, dengan platform web CMS, atau kebanyakan mapping dari fasilits blogger dan wordpress.

Dan bukan maksud latah mengikuti blog-blog yang menyediakan jasa pembuatan website sekolah gratis, saya pun menawarkan jasa pembuatan website sekolah [tidak] gratis. Sebenarnya saya ingin menggratiskan saja, namun setelah dipikir-pikir saya juga mendapatkan “knowledge” tentang website tidak gratis, trus untuk upload file ke server, hosting dan domain juga kan tidak gratis, belum lagi kreatifitas saya yang mungkin akan mengganggu waktu libuaran saya entah dimalam hari atau waktu senggang saya hanya kerena untuk seting website sekolah tersebut.

Rincian penawaran website sekolah gratis:

  1. Platform, dan saya memilih CMS Balitbang karena open source dan cocok utuk sekolah di Indonesia.
  2. Biaya pendaftaran hosting, sekitar 400.000-an. Detailnya lihat rumahweb.com
  3. Beli domain .sch.id Rp.75.000 . Detailnya lihat Pandi.org
  4. Listrik
  5. laptop
  6. Program pendukung (misalnya artisteer), photosop, corel, dan lainnya.
  7. Kreatifittas

Untuk itu saya menawarkan pembuatan website sekolah tidak gratis, tetapi lebih murah. Bagi yang berminat silahkan isi form dibawah ini:

Informasi mengenai rincian daftar harga akan saya kirimkan dalam bentuk draft proposal melalui e-mail.

