Tips Membangun Website Sekolah Sendiri

Tulisan ini hanya pengantar saja mengenai tips membangun website sekolah sendiri. Sebenarnya kalau ada modulnya tulisan ini saya posisikan sebagai resensinya, dan mudah-mudahan beberapa bulan kedepan saya bisa membuatkan modul tips membangun website sekolah ini. Sampai saat ini saya menganggap website sekolah itu sangat penting, bahkan penting sekali, dan saya tak perlu menyebutkan apa alasanya, karena kalau saya menyebutkan pun alasan-alasan tersebut akan terdengar usang dan mudah ditemukan di google.

Tips membangun website sekolah ini bisa dipraktikan oleh siapapun tanpa perlu membuang banyak waktu untuk mempelajarinya.

Kenapa wordpress dan blogspot?

Pertama, teknologi yang saya gunakan untuk membuat website sekolah ini semuanya gratis. Karean yang akan saya gunakan adalah platform blog gratisan semacam wordpress dan blogspot. Kenapa wordpress dan blogspot? Karena dua platform blog tersebutlah yang paling mudah dipelajari, tutorialnya banyak sekali di internet lengkap dengan tips dan triknya. Berbeda tentunya jika kita hendak menggunakan platform cms lainnya semacam joomla, drupal, atau bahkan cms balitbang (untuk cms balitbang saya pernah membuat tutorialnya, lihat posting bagus).

Kedua, wordpress dan blogspot menawarkan fasilitas hosting gratis (cenderung tanpa batas). Berbeda jika kita menggunakan platform lainnya, sekalipun sama-sama open source tetapi kita mesti sewa hosting sendiri plus maintenance nya. Misalkan saja saya menggunakan cms balitbang, untuk platform buatan dalam negeri ini kita free lisensi tapi kita mesti siap-siap untuk mengeluarkan biaya sewa hosting perbulannya yang semakin banyak kontennya maka bandwitnya pun ikut tinggi dan itu sinkron dengan biayanya. Bahkan kalau artikelnya udah ribuan bisa-bisa kita mesti membayar jutaan rupiah perbulannya, belum lagi rentan terhadap ulah orang-orang iseng yang sok jadi hacker.

Berbeda tentunya kalau kita menggunakn wordpress, kita cuma perlu mapping domainnya dan nikmati free hosting sepuasnya. Dan jangan khawatir soal keamanan website kita sebab wordpress memiliki layanan automatic untuk hal-hal semacam itu. Begitupula dengan blogspot. Dengan wordpress atau blogspot kita tak perlu repot-repot ngurusin database.

Tidak bisa  untuk data siswa online

Katanya kalau menggunakan wordpress atau blogspot tidak bisa nemplokin script php untuk database web dinamis, maksudnya tidak bisa input-output data, semacam data siswa online, psb online, penilaian online, akademik lah maksudnya. Betul itu, tapi menurut saya website untuk sekolahan cukuplah dengan website yang menampilkan profil sekolahan saja (sejarah, sdm, fasilitas, kegiatan, dan lainnya). Soal data akademik itu bisa dipisahkan tersendiri, namanya sistem informasi akademik mau berbasis web atau dekstop.

Langkah-langkah membuat website sekolah dengan wordpress

Karena tulisan ini hanya pengantar maka saya akan menerangkannya secara singkat saja, untuk lebih lengkapnya silahkan pelajari sendiri.

1. Membuat akun di wordpress, sialhkan menuju url www.wordpress.com dan ikuti petunjuknya.

2. Buat menu, silahkan telusuri dashboard wordpress dan temukan menu halaman, buat dan pelajari sendiri.

3. Buat kategori, langkah ini untuk mengkategorikan posting, misalnya kategori “kegiatan siswa” dan lainnya. Silahkan buat dan pelajari sendiri.

4. Rubah tampilan sepert template, background, menu, hedar dan lainnya pada menu tampilan.

4. Dan masih banya lagi tool yang mesti dipelajari dalam dashboard wordpress.

5. Upgrade sub domain dek domain sendiri pada menut domain-domain, untuk proses ini sedikit ribet karena kita mesti membayar domain dengan paypal atau credit card.

Demikian, pengantar dari tulisan Tips Membangun Website Sekolah Sendiri ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Tulisan lebih detail, step by step, dan tips seputar pembuatan website sekolah menggunakan wordpress akan saya tampilkan dalam bentuk e-book tutorial lengkap dengan teknik-teknik SEO basic nya. Siapa pesan duluan?

Mungkin anda butuh ini ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: