Teknik Persentasi (Materi TIK kelas VIII)

Teknik Persentasi (Materi TIK kelas VIII)| Tulisan ini merupakan materi pendukung mata pelajaran TIK  SMP kelas VIII, dari materi yang sesungguhnya adalah  menggunakan program aflikasi untuk persentasi Microsoft Oficce PowerPoint 2007.  Materi ini include dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang akan memberikan pembekalan teori-teori presentasi.

Dengan materi Teknik Presentasi ini diharapkan setelah siswa mampu membuat slide-slide presentasi dengan menggunakan PowerPoint 2007 siswa juga mampu mempresentasikan materi-materi tertentu di depan audience dengan baik. Sehingga siswa tidak hanya mampu secara skill dalam hal pembuatan slide presentasi  tetapi juga mampu dalam memberikan presentasi yang menarik juga. Materi lebih lengkap ada di Modul TIK Untuk SMP Kelas VIII.

Pengertian Presentasi

Presentasi dalam pengertian sederhananya adalah berbicara didepan orang  dengan tujuan tertentu misalnya saja memberi informasi, membujuk, atau meyakinkan orang tentang hal yang dibicarakan.

Dari wikipedia: Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.

Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).

Teknik Presentasi

Teknik presentasi adalah bagian dari ilmu komunikasi. Komunikasi itu sendiri adalah penyampaian pesan dari pengirim kepada penerima, melalui suatu media. Pesan tersebut bisa berupa informasi, misalnya saja kelompok siswa yang mempresentasikan mata pelajaran IPA tentang “Bahan Kimia Dalam Kesehatan”. Dalam materi tersebut diharapkan siswa mampu memberikan informasi mengenai bahan-bahan kimia kimia yang terkandung dalam makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan, setelah itu siswa juga diharapkan mampu meyakinkan siswa lainya (audience) agar berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang tidak mengandung zat kimia berbahaya, kemudian siswa juga mampu membujuk siswa lainnya untuk memmilih membawa makanan dari rumah daripada membeli jajanan yang belum tentu kualitas kesehatannya. Dengan pesan-pesan presenatsi tersebut diharapkan siswa mampu mencapai keseluruhan tujuan dari presentasi yang berhasil yaitu memberi informasi, meyakinkan dan membujujuk audience.

Keahlian berbicara dan penguasaan materi yang di presentasikan sangat menentukan keberhasilan sebuah presentasi. Berikut merupakan teknik-teknik presentasi yang harus dikuasai sebelum melakukan presentasi:

  • Analisis audience.Analisis audience adalah proses untuk mendapatkan informasi dan mengembangkan pemahaman terhadap audience yang dihadapi supaya merencanakan, membawakan, dan mempersiapkan berbagai informasi dengan efektif. Dalam banyak artikel yang membahas tentang presentasi, audience merupakan akronim dari:
      A: Analysis. Siapakah mereka? Berapa banyak yang akan hadir?
      U: Understanding. Seberapa jauhkan pemahaman mereka terhadap subject yang akan disampaikan?
      D: Demographic. Berapa usia, latar belakang, komposisi lelaki-perempuan, dan latar belakang pendidikan mereka?
      I: Interest. Untuk tujuan apa mereka hadir? Mengapa mereka duduk di ruang ini? Atas keinginan siapa mereka hadir di sini?
      E: Environment. Di mana saya akan berdiri? Dapatkah mereka semua melihat dan mendengar saya? Lingkungan yang ada akan seperti apa?
      N: Need. Apakah kebutuhan mereka? Apakah kebutuhan saya selaku pembicara/presenter?
      C: Customized. Kebutuhan atau tujuan khusus apa yang perlu untuk didapatkan?
      E: Expectation. Apakah yang sekiranya ingin mereka dengar atau dapatkan dari saya?

    Tujuan dari analisis audience adalah untuk mendapatkan pemahaman yang utuh mengenai pendengar seperti apa, yang akan dihadapi.

  • Presentasi Terstruktur. Adalah kemampuan untuk mempresentasikan ide atau gagasan kepada seseorang atau sekelompok orang, sesuai waktu yang disediakan, dengan cara yang memudahkan pendengar untuk memahaminya.
      1. Menyatakan tujuan dengan jelas
      2. Menyampaikan dalam urutan yang logis
      3. Menggunakan berbagai media komunikasi
      4. Membuat transisi antar topik
      5. Mengatur waktu dengan efektif
      6. Membuat kesimpulan

    Tujuan presentasi terstruktur untuk memastikan apakah pendengar dapat memahami bagaimana alur materi akan disampaikan.

  • Keterampilan komunikasi.Adalah kemampuan untuk dapat menyampaikan informasi dan ide secara jelas kepada seseorang/sekelompok orang, dengan cara yang dapat membuat pendengar menjadi tertarik dan mudah menangkap pesan yang diberikan, serta menjaganya selama berinteraksi.Unsur-unsur keterampilan komunikasi:
      a. Komunikasi Verbal. Adalah Bahasa yang sesuai (bukan bahasa ”alay”), volume suara (untuk menguatkan volume suara, Anda bisa berlatih menggunakan napas perut), intonasi (naik-turunnya suara), tempo/pacing (cepat-lambatnya bicara), artikulasi (kejelasan kata), pausing (jeda).
      b. Komunikasi non-verbal. Adalah Penampilan, eye contact, jarak, ekspresi wajah, nada suara, gerakan tubuh. Sikap tubuh (body gestures) harus menunjukkan kesantunan, rasa hormat, dan memancarkan rasa percaya diri (confidence). Ketika melakukan eye contact, tataplah 3-5 detik agar audiens bersangkutan merasa diperhatikan. Untuk banyak audiens di ruangan yang luas, lakukan tatapan ke audiens dengan W atau M sweeping. Cara menatap juga harus terkesan profesional (bukan tatapan ”mesum” atau jenis lain, yang bisa disalahartikan).
      c. Dampak ke Audience.
      – Manusia memiliki keterbatasan persepsi
      – Kesan pertama sangat penting
      – Bangunlah kredibilitas dengan cara menunjukkan tingkat pengetahuan yang cukup, menampilkan kesan profesional dan percaya diri, serta menjaga anti-diskriminasi, hukum dan standar etika.
      d. Menjaga perhatian audience: Rumus AISHA (Analogi, Ilustrasi, Story, Humor, Aktivitas).
      e. Mengecek pemahaman: Apakah Anda sudah paham? Apakah saya memahami Anda?

    Tujuan keterampilan komunikasi untuk memastikan bahwa kita dapat mempertahankan ketertarikan pendengar dan membuat mereka paham tentang pokok bahasan yang disampaikan.

  • Pemahahaman/Kepekaan Antar Pribadi. Adalah Menggunakan pemahaman interpersonal dalam presentasi untuk mengembangkan kenyamanan, dan rasa aman bagi pendengar, sehingga tercipta saling percaya dan keterbukaan.
    Unsut-unsur kepekaan antar pribadi:

      1. Apresiatif (menghargai audiens)
      2. Berpandangan luas
      3. Mengetahui isu dan keprihatinan audiens
      4. Mengklarifikasi suatu situasi atau kondisi

    Tujuan pemahaman / kepekaan antar pribadi untuk menciptakan suasana yang nyaman, khususnya bagi audiens.

Alat bantu presentasi

  • Pengeras suara
  • Black/White boardNotebook
  • Slide
  • Replika
  • Handout
  • Cartoon / poster
  • Infokus
  • Alat peraga sesuai materi
  • Opaque Projector
  • Film Projector
  • Dan lainnya disesuaikan dengan materi presentasi.

Ciri-ciri presentasi yang berhasil:

  • Menarik perhatian peserta
  • Isi presentasi disajikan dengan sistematis
  • Penjelasan disesuaikan dengan nalar pendengar
  • Berikan contoh dan argumen yang kuat
  • Menentukan tindak lanjut

Referensi:

http://satrioarismunandar6.blogspot.com/2011/11/teknik-presentasi-yang-berhasil-materi.html

http://referensi.dosen.narotama.ac.id/files/2011/12/Presentasi-Sukses-dengan-PowerPoint.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: