Ngopre-X

Bagi rekan-rekan mahasiswa yang lagi bersemangat-semangatnya belajar IT, pasti familiar dengan istilah ngoprek dan ada banyak komunitas pecinta IT yang menjadikan nama ngoprek sebagai nama komunitas mereka. Ada komunitas ngoprek open source, komunitas ngoprek linux, komunitas ngoprek VB dan lainnya. Saking banyaknya ada rekan-rekan saya yang sedikit memodifikasi kata-kat ngoprek menjadi ngopre-x, entah apa maksudnya.

Kat ngoprek mungkin sama artinya dengan “tidak mau diam”, “nutak ngatik” atau dalam bahasa sunda yang pernah saya tau istilah ngoprek diberikan kepada orang yang rajin, dala, bidang apapun. Sedangkan kat ngoprek untuk anak-anak IT memiliki asosiasi orang-orang yang suka mengutak atik software atau hardware komputer, dan istilah ngoprek sebenarnya paling sering keluar dari anak-anak pecinta open source, saya juga perama kali mendengar kata ngoprek kalau tidak salah dari pa Onno W.Purbo.

Komunitas Ngoprek Indonesia

Berikut beberapa nama website dan blog yang memakai nama ngoprek sebagai alamat unik url mereka:

http://ngoprek.org/

Blog ini cukup menarik perhatian saya ketika menelusuri mesin pencari dengan kata kunci ngoprek, dan yang keluar di urutan pertama adalah blog http://ngoprek.org/ ini. Blog yang di bangun dengan platform wordpress ini mengusung banyak tema seputar open source, VoIP, FreeBSD dan lainya. Deskripsi blognya pun sangat unik yaitu ambil, bongkar, pasang, tulis, sharig.

http://www.ngoprekweb.com/

Blog yang bertema We Do Web Think ini yang empunya Eris Ristemena sebenarnya uma alamat url nya aja yang ngoprek karena ketika saya melihat kontent nya tidak seperti blog ngoprek.org yang membahas banyak hal tentang open source. Tapi apapun kontentnya yang jelas tema ngoprek menjadi pikiran utama si pemilik blog.

Sebenarnya jika kita menuliskan kat ngoprek atau ngopre-x akan banyak link tulisan dengan kategori ngoprek, tapi saya lebih tertarik ke 2 blog diatas karena mereka menggunakan nama domain sendiri, itu alasan pertama saya. Walaupun setelah saya membuka ke 2 blog tadi ternyata cuma satu yang berisi artikel-artikel ngoprek. Dan satu blog yang memang didirikan oleh komunitas mahasiswa STMIK Pranata Indonesia adalah ngopre-x.blogspot.com dengan konten yang memang cukup ngoprek…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: