Posting Ke-200: Bukan sekedar ngeblog…

Ternyata saya sudah 199 kali posting, dan posting kali ini berarti yang ke-200.
Mimpi saya berikutnya bersama blog ini setelah posting yang ke-200?
Upgrade domain, atua masih tetap betah di subdomain gratisan?

Ngeblog (istilah yang sering digunakan untuk aktivitas menulis dalam media weblog)memang menyenangkan, banyak hal yang bisa dilakukan dengan aktivitas tersebut, menulis salah satunya. Dan yang lainnya tentu terserah si Blogger mau dibawa kemana aktivitas ngeblognya tersebut, sekedar menulis, sekedar berbagi informasi, sekedar menuangkan ide dan kreativitas, atau punya tujuan lain yang lebih dari sekedar ngeblog?

Seperti yang pernah saya tulis, pertama kali ngeblog tahun 2008 lantaran baca koran yang memuat artikel tentang blog. Pada waktu itu kalau gak salah ada wawancara singkatnya dengan beberapa blogger ngetop Indonesia, diantaranya Enda Nasution, Priyadi, Budi Putra, Budi Rahardjo dan beberapa blogger ngetop lainnya, topik yang dibahas koran tersebut kalau -gak salah juga- seputar “mendapat penghasilan dari blog”. Kebetulan waktu itu ada sedikit tentang tutorial singkat membuat sebuah blog di wordpress. Walhasil saya gunting tuh artikel dan saya simpan, niatnya untuk panduan saya membuat blog. Lalu?

Niatnya mau buat blog (karena di kepala saya yang kepikiran saya ingin mendapatkan uang dari blog) tapi masalahnya kenal sama internet pun tidak maklum waktu itu saya super gaptek banget (hahahaah…sudah super gaptek pake banget lagi..!), dan akses internet waktu itu sangat sulit untuk wilayah kabupaten tingkat dua di Indonesia, berbeda dengan sekarang tentunya.

Tapi alhamdulillah berkat bantuan temen saya di ajarin bagaimana cara klik dua kali ikon Mozilla dan keluar tuh yang namanya Google, dan lantaran itu saya mencoba mengetikan url:www.wordpress.com di adres bar browser. Dan dengan panduan artikel di koran yang saya simpan tadi step by step saya mulai membuat akun blog saya di wordpress, dan jadilah blog ini. Karena newbie membuat alamat blog nya pun sekedar ngikutin mut tanpa di analisa dulu tanpa dasar-dasar SEO dan segala macamnya. Tapi alhamdulillah saya berhasil membuat blog ini, dan tak terasa saya sudah 5 tahun saya ngeblog.

200 posting kurun 5 tahun? Jumlah posting tersebut sebenarnya bukan ukuran produktif dari seorang blogger jika ukurannya produktivitas menulis, kalau dihitung secara kasar saja saya cuma menulis 0,11….tiap hari plus 83 page, masih sangat jauh dari pak Budi Rahardjo yang menghasilkan 365 posting setahun. Tapi 200 posting bagi saya itu sangat luar biasa karena saya baru aktif postingnya sekitar 2012-an walau membuat blognya udah 4 tahun kebelakang.

Mimpi saya berikutnya..?

Setelah posting yang ke-200 ini banyak mimpi sebenarnya, setidaknya banyak hal yang ingin saya lakukan lewat perantara blog ini. Diantaranya saya ingin mempunyai buku yang bisa memberi manfaat bagi dunia pendidikan. Saya juga ingin belajar “bicara” (emang selama ini belum bisa bicara?) di depan orang lain dengan menyenangkan dan bermanfaat banyak, wuihh. Dan tentu sesuatu yang telah saya kerjakan -yang saya rasakan manfaatnya- bersama blog ini akan terus di maksimalkan.

Upgrade domain?

Sebenarnya saya ingin mempunyai blog dengan nama domain sendiri, tidak numpang dan gratisan mulu. Tapi sepertinya nge-blog di tenjocity.wordpress.com lebih nyaman ketimbang saya mesti upgrade menjadi tenjocity.com. Kalupun mau pake dan beli domain sendiri mungkin saya melakukannya untuk nama url yang berbeda, mungkin mulyaditenjo.com atau …………entar saya lihat google analytic dulu.

Apa yang saya manfaat yang saya peroleh?

Banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari aktivitas nge-blog selama ini. Menuangkan ide kedalam bentuk tulisan mungkin itu salah satunya, banyak teman, ada pekerjaan, melatih kemampuan menulis, mengenal dan belajar ngoprek platform CMS, nginger-nginget lagi koding, dan banyak lagi. Mudah-mudahan setelah posting yang ke-200 ini rejeki saya lewat blog ini jadi lebih baik lagi, amin.

Tinggalkan Balasan

