Panduan Hosting: Cara mudah belajar hosting

Buat yang sedang mencari tahu tentang apa itu hosting, dan bagaimana cara hosting posting kali ini mungkin dapat membantu. Dan saya yakin pembaca yang tertarik dan ingin belajar website pasti tidak akan melewatkan kuliah singkat ini. Sebagai panduan awal saya sarankan siapkan sebuah account email untuk mencoba langsung bagaimana caranya hosting.

Posting kali ini saya akan coba membahas apa itu hosting, cara hosting, tempat hosting gratisan (untuk belajar), mengelola control panel hosting, dan sedikit tentang domain. Panduan ini juga sangat berguna untuk rekan-rekan guru yang ingin mengelola website sekolah sendiri.

Apa itu hosting?

Dalam perspektif saya hosting adalah tempat bersarangnya file-file website. Sebagaimana orang file website juga butuh rumah alias tempat, tentu yang dimaksud tempat adalah server-server yang terhuung dengan jaringan internet selama 24 jam. Utuk menempati rumah file website tersebut kita mesti menyewanya sesuai dengan jenis dan ukurannya.

Sedangkan dalam Wikipedia pengertian hosting sebagia berikut:

“Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.”

Jenis layanan hosting

  • Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  • VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  • Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  • Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Cara hosting

Untuk menerangkan bagaimana caranya hosting, tentu saya juga mesti menunjuk salah satu layanan hosting agar pembaca bisa langsung mempraktikan cara hosting tersebut. Untuk sekedar belajar kita pilih layanan hosting gratis saja, dan saya pilih layanan hosting gratisannya Hostinger.

  • Jika sudah mempunyai sebuah account email, langsung saja regiistrasi di situsnya Hostinger.
  • Klik tombol Buat Akun untuk registrsi
  • Isi form dengan lengkap seperti Nama, Email, Password & Confirmasi Password, Capcha, jangan lupa centang persetujuan. Jika form sudah diisi dengan benar klik tombol Buat Akun.
  • Jika pendaftaran tidak ada masalah maka pendaftaran selsai, selanjutnya periksa email. Konfirmasi akan dikirimkan ke email kita, termasuk ussername dan password dari Hostinger. Dengan ussername dan password tersebut selanjutnya kita login kembali ke Hostinger untuk melengkapi pendaftaran akun baru, pada langkah ini kita akan melengkapi subdomain (tentu kita akan memilih sub domain gratis), buat ussername dan password baru yang nantinya akan digunakan untuk login kita ke halaman CPanel.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, jika proses sudah mencapai 100% klik tombol Lihat Hasil (View Result)
  • Jika sudah muncul keterangan akun aktif, klik tomblol Beralih/Switch.
  • Sampai langkah ini berarti kita sudah menyelesaikan pembuatan akun Cpanel Hostinger kita, untuk selanjutnya kita tinggal mengelola halaman Cpanel tersebut.

Tempat Hosting Gratis

Selain hostinger sebenarnya banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberikan layanan gratis, diantranya:

Mengelola cPanel Hosting

Karena kita telah mendaptar hosting di Hostinger, maka cPanel yang akan kita kelola adalah halaman cPanel Hostinger. Untuk langkah-langkah mengelola cPanel Hostinger layanan hosting gatis ini memberikan panduan yang cukup lengkap berupa Video Panduan Mengelola cPanel.

Untuk melihat Video Panduannya silahkan klik url berikut:

Klik untuk melihat Video Panduan disini >>

Domain

Sedikit tentang apa itu domain, saya akan menjelaskannya dalam perspektif saya saja. Diatas kita telah mengetahui apa itu Hosting. Hosting dan Domain itu dua hal yang tidak terpisahkan. Hosting itu ibarat rumahnya buat file website, sedangkan domain ibarat alamatnya.

Untuk mengetahui apa itu domain dengan pengertian yang spesifik dan akademis silahkan cari saja di Google.

Demikian posting kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.

19 Responses to “Panduan Hosting: Cara mudah belajar hosting”

  1. Terima kasih atas informasinya.

  2. thanks infornya kk … 🙂

  3. bro saya uddaah bikin tapi saya klick kelola ga bisa trus saya juga masukkin alamat yg saya bikin malah ga bisa gima tuh bro

  4. anjiiiinnnggg songong banget ya lu jadi orang… kampang dasar

  5. maff mas songong apa maksudnya?

  6. Makasih Infonya pa , Saya Masukin di wordpress dan Blog saya ya pa , Hehe .. Saya Cari “Belajar hosting” di google yang keluar paling atas punya bapak ..

  7. kok ngak bisa putar vidionya bro?

  8. Wah lengkap sudah ni pak ulasannya mengenai hosting, berhubung saya juga ingin mengetahui lebih banyak mengenai hosting, terimakasih banyak atas ilmunya pak, semoga sukses slalu, n salam kenal….

  9. Assalamuallaikum ka mulyandi tenjo ,,,
    mirna disini mau tanya donk ,,, masalah pemograman

  10. masalah apa? Mirna saiapa ya?

  11. Thanks infonya. Salam blogging!

  12. Sangat membantu sekali untuk pemula seperti saya

  13. Terimakasih banyak pak atas informasnya sangat bermanfaat untk pemula yang belajar web hosting

  14. Kalau dulu saya bisa upload poto di BB TP sekarang kenapa error Dan di pindahkan scara permanen? Mohon pencerahannya min.

  15. Thanks, artikelnya sangat berguna sebagai masukan. Salam blogging!

  16. Keren gan penjelasannya tapi kalau bisa belajar web di mulai dari hosting yang murah-murah dulu aja. nih sebagai referensi aja hosting dan server murah pertahun di bawah 7 dolar.
    Web Server Hosting Murah Harga di Bawah $7 per tahun

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: