Template Blog: free template or premium template?

GoBlog Theme Banner 125x125

Teman saya bilang “apa artinya sebuah template, yang penting earningnya!” Maksud teman saya mungkin -dalam versi saya-buat apa sih template bagus kan yang penting earningnya alias uang yang di hasilkannya, buat apa template blog bagus tapi ternyata blognya sepi pengunjung dan tidak menghasilkan klik buat adsense nya. Untuk sementara saya meng-iya kan pendapat teman saya tersebut. Tapi saya punya jawaban lain yang tidak sama dengan pendapat teman saya tadi. Nanti saya akan uraikan seperti apa pendapat saya mengenai arti sebuah template bagi eksitensi sebuah blog.

Posting mengenai template kali ini saya yakin cukup menarik, dan saya yakin pembaca yang mempunyai kepentingan terhadap template blognya pasti akan menyimak tulisan ini dengan seksama.

Seperti apa template blog yang baik?

Ketika kita mengunjungi sebuah website atau blog, pertama kali yang saya lihat adalah tampilannya, baru setelah itu kontennya, lalu navigasinya, loadingnya. Mungkin pendapat orang beda-beda tapi saya yakin semua orang yang mengunjungi sebuah website atau blog pasti akan memperhatikan templatenya. Orang akan menghargai konten yang bermanfaat juga template yang menarik. Untuk beberapa kasus orang cenderung lekas berpaling meninggalkan blog kita hanya karena templatenya tidak menarik.

  • Pastikan template blog sesuai dengan konsep dan tema blog. Kalau kita membuat blog dengan topik trik komputer pasti tidak cocok jika kita memilih jenis template magazine atau video template. Juga kalau membuat blog untuk sekolahan atau tema pendidikan pasti tidak cocok jika memaksakan menggunakan template jenis travel template atau shop online.
  • Perhatikan kecepatan loading. Template berpengaruh juga pada kecepatan loading blog. Biasanya templet yang memakai slide sorter akan lebih lambat di banding template yang tidak memakai slide sorter. Jumlah widget, flash, dan file berextensi gif juga mempengaruhi kecepatan loading.
  • Navigasi mudah. Banyak situs di desain dengan canggih malah menyulitkan pengunjungnya, template yang baik tentu harus memudahkan pengunjungnya. Istilah sekali klik langsung action menggambarkan mudahnya navigasi. Penempatan menu utama yang mudah terlihat akan lebih baik.
  • Warna template. Kadang kita memilih warna template berdasarkan kesukaan sendriri, padahal orang kebanyakan belum tenru menyukai warna plihan kita tersebut. Warna putih akan lebih baik daripada warna ungu atau pink. Pemilihan warna mesti di sesuaikan dengan tema dan konsep blog.
  • SEO Friendly. Untuk yang satu ini paling apik kudu di perhatikan. Setiap blogger pasti memikirkan apakah templatenya SEO friendly atau tidak. Mengenai template SEO firendly mungkin pembaca bisa mencarinya di Google.

Free template atau premium template?

Memilih template gratisan itu bukan cara buruk, sebab ada banyak sekali free template yang menurut saya sangat bagus dan bisa di sesuaikan dengan tema atau topik blog yang akan kita buat, terlebih jika kita hanya ingin membuat blog dengan platform blog gratisan semacam blogger atau wordpress tanpa nama domain sendiri. Tapi perlu diperhatikan juga apakah template gratisan tersebut aman buat blog kita? Sebab untuk beberapa kasus kadang template gratisan sudah di sisipi source yang bertujuan menguntungkan si pembuat template, mending tujuannya sebatas pendongkrak trafik kalau tujuan tidak baik lainnya pasti akan sangat merugikan kita. Untuk kasus ini sebaiknya pemasang template mengerti dasar penggunaan script.

Situs-situs penyaji template gratisan diantaranya:

Berbeda tentunya jika kita membeli template premium, kemanan dari template tersebut sudah pasti di jamin sama si pembuatnya. So pasti dengan menggunakan premium template blog kita jadi terlihat profesional dan pengunjung akan menghargainya. Template premium juga biasanya sudah di dukung tool-tool yang di butuhkan baik untuk urusan mesin pencari, mendongkrak trafik, atau hal-hal yang berhubungan dengan istilah SEO friendly. Dan yang lebih penting kita telah membeli lisensi suatu penghargaan luar biasa terhadap karya dan kreativitas seseorang.

Apakah harus menggunakan template premium?

Bagi saya itu bukan keharusan, sebab masih banyak pilihan template gratis yang bisa di sesuaikan dengan tema dan konsep blog kita. Namun jika ingin profesional saya akan memilih untuk membeli premium template.

Template atau tampilan blog itu penting!

Seperti janji saya pada awal tulisan bahwa saya akan memberikan pendapat mengenai seberapa penting template buat blog. Kalau teman saya berpendapat template blog itu tidak penting dan yang lebih penting penghasilan blognya, maka saya berpendapat template itu penting. Sebab template yang baik akan berpengaruh terhadap beberapa hal, seperti trafik, profesionalitas, kesungguhan kita dalam mengelola blog dan yang lebih penting membuat pengunjung betah.

Tinggalkan Balasan

