Tutorial Pengantar: Cara Mendapatkan Penghasilan Lewat Blog

Pernahkah membaca kisah sukses seseorang biasa mendapatkan penghasilan lewat blog?

Saya yakin kalau sering berselancar di internet pasti pernah membaca kisah-kisah semacam itu. Saya pertama kali mendengar kisah sukses lewat internet di TV waktu itu yang di wawancarai adalah Ana Ahira founder asianbrain.com, perempuan yang konon dulunya hanya seorang office girl yang kemudian berubah menjadi kaya raya lantaran penghasilannya lewat internet. Saya juga pernah melihat lelaki -maaf- yang mempunyai kekurangan bawaan yang mampu menghasilkan (kalau tidak salah) antara 10 sampai 40 juta sebulan lewat blognya dialah Habiebie founder ibuhabiebie.com. Dan masih banyak lagi figur-figur populer lainnya sebut saja Cosa Aranda, Medhy Aginta, Isnaini, dan masih banyak lagi.

Apakah pembaca blog saya juga ingin mendapatkan penghasilan dari internet?

Menjadi kaya lewat internet dengan blog sebagai medianya itu bukan pekerjaan yang mudah, tapi bukan berarti itu tidak mungkin. Tapi mendapatkan penghasilan lewat blog itu sangat mungkin, tentu kita harus bekerja keras, kreatif dan rajin menulis. Sebab modal itulah yang akan memungkinkan seseorang itu berhasil mendapatkan penghasilan lewat blognya.

Sebenarnya saya ingin menjabarkan kenapa harus bekerja keras, kenapa harus kreatif, dan kenapa harus rajin menulis di awal tulisan ini, tapi saya yakin tidak semua pembaca mempunyai waktu luang yang cukup jika mesti berlama-lama membaca pembahasan tersebut yang mungkin itu tidak teralu penting daripada tips  yang saya janjikan dalam judul posting ini. Dan saya sepakat untuk membahasnya di akhir posring saja.

Untuk mendapatkan penghasilan lewat blog setidaknya kita harus melakukan beberapa pekerjaan sebagai berikut:

  1. Membuat blog dengan topik yang menarik.
    Untuk membuat blog saya pikir bukan perkara susah tinggal buat account gratis di WordPress atau Blogger. Agar  menarik tentu topik yang akan di bahas dalam blog mesti topik yang banyak diminati dan di cari orang banyak. Topik yang sering dicari biasanya topik-topik yang membahas mengenai tips dan trik, gratisan dan populer. Tapi tidak mesti seperti itu, sesuaikan dengan minat dan hobi, kalau suka dengan burung peliharaan maka buatlah blog dengan topik burung peliharaan. Kalu anda seorang guru, buatlah blog yang pekerjaan sehari-hari sebagai seorang guru maka buatlah blog kumpulan soal ulangan misalnya.
  2. Posting yang bermanfaat bagi orang banyak.
    Setiap kali hendak posting pikirkan apakah bermanfaat bagi orang banyak atau tidak. Sebab orang akan datang kembali ke blog kita jiga posting – posting dalam blog kita itu dianggap bermanfaat. Jika tidak mereka hanya akan numpang lewat dan tak balik lagi.
  3. Ada hadiah untuk pembaca.
    Hadiah itu bisa membuat orang senang, sekecil apapun hadiahnya. Begitupun dengan pembaca blog kita, mereka akan sangat senang apabila mendapatkan hadiah dari kita. Hadiah tidak melulu uang, atau cinderamata melainkan sesuatu yang sangat berharga bisa menjadi sebuah hadiah, misalnya saja tips rahasia, trik spesial, tutorial singkat, kumpulan informasi penting, atau ebook gratis. Saya juga melakukannya dengan membuat program 1000 blog, tutorial gratis dan beberapa ebook spesial untuk pembaca setia blog saya ini.
  4. Buatlah jaringan dengan sesama blogger.
    Membangun jaringan bukan berarti kita harus membeli formula ajaib seperti iklan bisnis online yang sering kita temukan, melainkan menciptakan link secara manusiawi. Kunjungi blog tetangga dan berbagilah dengan cara bertanya atau sekedar komentar itu sudah membangun jaringan blog anda. Jangan lupa masuklah dalam konuitas blogger baik online maupun offline, dengan bergabung dengan sesama blogger setidaknya kita mempunyai tempat yang pas untuk bertanya dan promosi blog.
  5. Bersahabatlah dengan mesin pencari.
    Agar blog kita mendapat pengunjung tentu harus terindeks mesin pencari. Ada banyak pengetahuan seputar teknik-teknik tertentu yang berurusan dengan mesin pencari, untuk itu kita perlu belajar tentang SEO dan sebagianya. Bertanyalah kepada blogger yang berpengalaman atau jika punya sedikit modal investasikan untuk pengetahuan ini.

Itulah 5 pekerjaan awal yang harus di lakukan jika ingin mendapatkan penghasilan lewat blog. Pekerjaan awal? ya, saya anggap itu pekerjaan awal dan sampai tahap ini lupakan dulu soal penghasilan dari blog dan jangan bertanya kapan anda akan mendapatkan penghasilan?

Setelah 5 pekerjaan tersebut dikerjakan dengan benar, tunggulah sampai pengunjung blog anda datang dan trafik pengunjung mulai tinggi. Mungkin memerlukan waktu minimal 3-6 bulanan untuk mendatangkan trafik yang signifikan sejak blog di buat dan 5 pekerjaan diatas di kerjakan secara manual, semuanya tergantung kerja keras dan pengetahuan kita.

Jika trafik sudah ada, bolehlah kita merencanakan untuk memperoleh penghasilan melalui blog kita. Pertanyaan berikutnya apa yang harus kita kerjakan untuk memperoleh penghasilan tersebut?

  • Ikut program afiliasi formula ajaib.
    Pada beberapa iklan bisnis online yang saya temukan kita mesti membeli -katakanlah-formula ajaib yang bisa menyulap  blog kita menjadi mesin uang. Biasanya kita akan mendapatkan Ebook, software pendukung, dan akun afiliasi. Tentu teknik seperti ini kurang lebih sama dengan MLM, money game dan sejenisnya dimana setiap member wajib membayar uang registrasi. Banyak yang sukses dengan teknik seperti ini, tapi tidak sedikit yang merasa tertipu dan memaki-maki lewat blognya tentang keberadaan bisnis seperti ini.
  • Google Adsense.
    Banyak blogger yang sukses mendapat penghasilan besar tiap bulannya dengan menjadi pengiklan Google. Dan setahu saya Google Adsense itu dambaan para blogger, di samping katanya caranya mendaftarnya tidak sulit cara mencairkan royaliti nya pun paling mudah ketimbang program PPC lainnya. Tapi ingat, Google Adsense punya aturan tertentu dan itu yang menyulitkan blog bukan TLD untuk di approve akun pendaftaran adsense nya.
  • Menjadi pengiklan program PPC.
    Ini juga salah satu cara mendapatkan penghasilan lewat blog. Ada banyak program PPC populer pendulang “earning” yang bisa kita ikuti dan semuanya memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan tiap bulannya. Untuk program PPC apa saja yang bisa kita ikuti saya pernah menulinya dalam posting “Make Money Easy”.
  • Menjual jasa di blog kita.
    Seblum melakukan cara ini, tentu kita mesti bertanya jasa apa yang bisa kita jual? Kalau sudah ketemu jawabannya barulah pasang banner promosi dalam blog kita tentang jasa yang kita tawarkan. Saya sering menemukan iklan jasa yang sebelumnya tak terpikirkan, misalnya saja jasa ngeprint, jasa cabut kumis, dan lainnya. Dan jasa yang sering di tawarkan seperti jasa pembuatan skripsi, pembuatan karya ilmiah, jasa pembuatan website, jasa pembuatan blog, jasa SEO, dan lainnya.
  • Menjual produk.
    Untuk yang satu ini syaratnya kita harus punya produk, dan produk tersebut bisa di jual. Ada banyak blogger yang mengiklankan produknya sendiri dan memperoleh income menjanjikan dari produk-produknya yang laris. Produk tersebut seperti sistem aflikasi, platform website, template blog, template website, template header, buku, ebook, modul, T-Shirt sablon unik, sajadah lucu, mukena, dan lainnya bahkan sampai ke tusuk gigi.

Dari 5 cara yang bisa di lakukan untuk memperoleh penghasilan dari blog saya cenderung memilih 2 cara terakhir dan jika di suruh milih lagi maka saya suka cara terakhir, yaitu menjual produk. Jika kita tidak mempunyai produk sendiri sebenarnya kita juga bisa menjualkan produk orang lain dan dari hasil penjualan yang di peroleh melalui blog kita biasanya beberapa persen di peruntukan untuk kita.

Kerja keras, kreatif, rajin menulis.

Seperti yang saya sepakati bahwa saya akan membahas pertanyaan kenapa harus kerja keras? kenapa harus kreatif? kenapa juga harus rajin menulis? dia akhri posting.

Kenapa kerja keras? karena tidak ada hasil dari suatu pekerjaan yang di dapat dengan mudah, semuanya butuh kerja keras. Untuk meningkatkan trafik kita perlu pandai menganalisan dan mengoptimalkan kata kunci, begitupun untuk mendatangkan pelanggan kita juga perlu banyak promosi dan promosi, sedangkan untuk mendatangkan pembeli tentu kita mesti banyak menawarkan dan itu semua butuh kerja keras karena trafik tidak datang begitu saja, pelanggan tidak mampir begitu saja terlebih pembeli tidak akan membeli produk kita begitu saja, maka kerja keras……..kerja keras dan kerja keras……

Kaenapa harus kreatif? Informasi apa saja sih yang tidak anda temukan di internet? lagi-lagi pertanyaan. Maksudnya, nyaris semua informasi bisa kita temukan. Tapi tidak semua informasi itu valid, disinilah kreativitas itu bermain bagaimana menyajikan informasi yang sama tetapi dengan kemasan yang menarik dan lebih akurat. Kalu kita hendak menjual produk dan ternyata produk yang sama juga di jual oleh orang lain lagi-lagi kreativitas kita yang bermain bagaiman produk yang sama tersebut berhasi menarik pembeli dan terjadi transaksi. Atau cari produk yang peminatnya banyak tetapi produsennya sedikit………….dan untuk mampu melihat peluang seperti ini kita perlu kreativitas tanpa batas, atau orang bilang outside of the box.

Kenapa harus rajin menulis? Kalau tidak menulis bagaimana konten blog terisi, kalau tidak menulis bagaimna kita bisa menuangkan ide-ide, kalau tidak menulis bagaimana kita bisa meyakinkan calon pembeli, kalau kita tidak menulis kapan bisa merasakan transaksi dan mendapatkan “earning” dari blog kita?

Demikian tutorial pengantar: cara mendapatkan penghasilan lewat blog ini. Saya sepakat untuk membuat tutorial pengantar berikutnya untuk melanjutkan tutorial kali ini pada posting berikutnya. Semoga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: