Menulis Untuk Traffic atau Menulis Untuk Manfaat?

Belakangan saya sering mendapati tulisan-tulisan di Blog kebanyakan hanya tulisan yang di buat untuk meningkatkan trafik semata, ketimbang tulisan-tulisan yang memberi manfaat bagi pembacanya. Hal demikian mungkin sah-sah saja bagai para blogger tersebut sebab blogger mana yang tidak ingin blog nya ramai di kunjungi. Terlebih jika blogger tersebut ber mazhab “monetize blogger”.

Dengan pengunjung yang banyak otomatis mempermudah para blogger untuk melakukan monetize blognya, sebab hanya blog yang memiliki trafik tinggi lah yang memiliki kemungkinan besar untuk mendulang recehan dollar dari link afiliasi yang mereka pasang dalam blognya.

Saya juga demikian, untuk beberapa blog lain yang saya buat khusus untuk monetize, trafik menjadi target wajib setiap kali hendak memposting tulisan dalam blog tersebut. Maka ketika henda membuat tulisan maka riset kecil selalu di lakukan, kata kunci apa yang banyak di gunakan orang, saiap saja blogger yang menggunakan kata kunci sama, wilayah mana saja yang memiliki trafik tinggi dalam hal kata kunci yang akan saya buat tersebut, dan hal-hal lainnya termasuk backlink dan tool lainnya untuk memaksimalkan posting saya agar mendapat trafik tinggi.

Lantaran hal tersebut kadang saya mengabaikan manfaat dari tulisan yang saya buat. Menulis dalam blog-blog monetize hanya trik mengelabui mesin pencari agar ramah dengan kata kunci yang kita buat, agar mbah google selalu menyuguhkan blog kita kepada tamu-tamunya, dengan begitu blog kita jadi semakin tinggi trafik nya. Maka setiap kali posting yang di pikirkan adalah “relevansi” antara kata kunci dan hasil pencarian, bukan manfaatnya bagi orang lain.

Jika demikian, wajar saja jika mesin pencari hanya di penuhi keterkaitan kata kunci daripada keterkaitan informasi yang benar-benar akurat. Kadang ketika kita mencari “sesuatu” yang kita dapatkan malah Blog yang menampilkan kumpulan “link” dengan kata kunci yang kita ketikan di mesin pencari tersebut, dan parahnya kadang link-link tersebut hanya tipuan. Atau sering pula kita temukan Blog yang hanya memberi informasi “maaf, kata kunci yang anda cari tidak ada!”. Begitulah…….tipu menipu bukan hal aneh di internet.

Salut untuk rahard.wordpress.com

Dan rasanya saya tidak berlebihan jika mengacungkan jempol untuk pa Budi Rahardjo yang ngeblog apa adanya, apa yang ia pikirkan ia tuliskan tanpa tujuan tertentu yang meniadakan manfaat bagi orang lain. Belia benar-benar blogger sejati (menurut saya). Dan mudah-mudahan saya bisa seperti beliau, menulis ya menulis……

One Comment to “Menulis Untuk Traffic atau Menulis Untuk Manfaat?”

  1. Saya juga kadang terpengaruhi dengan niatan menulis demi traffic. Namun tetap kembali padi diri blogger itu sendiri. Soalnya blog menandakan pembuatnya itu sendiri.😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: