Liburan Sekolah

Tenjocity.wordpress.com: tips memilih tempat liburan yang baik, tempat liburan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga, tips berlibur.

Libur telah tiba,libur telah tiba
Hore,Hore,Hore
Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba,libur telah tiba
Hatiku gembira!

Libur Telah Tiba: dipopulerkan oleh Tasya

Masih ingat dengan lagu diatas? Bagi sebagian anak-anak mungkin pernah mendengar lagu tersebut, lirik lagu diatas sangat populer pada tahun 2000-an. Kala itu memang genre musik anak-anak masih memiliki pasar yang luas ketimbang saat ini. Pada posting kali ini saya bukan berarti akan membahas lagu tersebut, melainkan tema liburan yang sebentar lagi akan tiba untuk anak-anak sekolah di Indonesia.

Pada posting kali ini saya akan berbagi mengenai tips memilih tempat liburan yang baik, tempal liburan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga, tips berlibur, dan hal-hal kecil lainnya yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat berliur. Hal-hal tersebut saya pikir sangat berguna bagi orang tua yang akan membawa keluarganya berlibur.

Karena liburan itu sangat berari untuk anak dan keluarga, jadikanlah liburan tahun ini lebih berarti, mak persiapkanlah dengan baik hal-hal yang anda butuhkan untuk liburan tersebut!

Tips Memilih Tempat Liburan Yang Baik

Biar bagaimanapun kita akan berlibur bersama keluarga, tentu prioritas kita adalah anak-anak karena liburan kali ini merupakan hadiah spesial buat mereka, untuk itu memilih tempat liburan yang baik menjadi pertimbangan menarik yang pantas anda diskusikan bersama istri dan juga anak-anak(kalau anak anda sudah bisa diajak berdiskusi).

Tips berikut mungkin bermanfaat untuk bahan diskusi anda:

  • Tentukan Tema Liburan: memilih tema liburan akan sangat berguna untuk liburan tahun ini, dengan tema liburan tersebut akan memudahkan anda menentukan lokasi liburan nanti. Tema-tema tersebut misalnya pantai, kuliner, sejarah, alam, pegunungan, pedesaan, satwa, tekno atau kota. Pastikan tema-tema tersebut sesuai dengan keinginan anak anda dan pastikan pula tema tersebut menarik, unik dan belum pernah anda coba (sesuatu yang baru).
  • Sesuaikan dengan kantong anda: hal yang salah dalam memilih tema liburan kadang menyesuaikan kantong dengan ongkos tema atau tujuan liburan, sehingga akan menguras banyak tabungan anda padahal ada banyak kebutuhan yang lebih penting tentunya dibanding liburn tahun ini. Untuk itu cek berapa anggaran liburan di kantong anda, hitung semua kemungkinan biaya dan segeralah pilih tema dan tujuan liburan yang sesuai dengan kantong anda tersebut. Perlu diingat, liburan tidak harus mahal!
  • Lokasi atau Tujuan Liburan: untuk hal ini mintalah referensi teman atau saudara anda atau searching sebentar mengenai lokasi yang terjangkau. Pertimbangkan jarak, kadang lokasi yang terlalu jauh malah membuat jenuh.
  • Rute: setelah menentukan tujuan liburan, saatnya memilih ruteang akan dilalui. Pilihlah rute perjalanan anda yang nyaman dan aman, lebih dekat, tidak macet, dan cari tahu rute alternatif ke tempat liburan anda.
  • Kendaraan: apakah anda menggunakan kendaraan pribadi, travel, atau carter. Pastikan semuanya nyaman untuk anda sekeluarga.
  • Biaya: siapkanlah biaya untuk semua ongkos liburan tahun ini dan pastikan kembali itu tidak merogoh terlalu banyak tabungan anda, berliburlah dengan bijak, buat keluarga dan anak-anak senang tetapi tidak membuat dompet anda meriang dan mengabaikan kebutuhan penting lainnya.

Pilih tempat liburan yang mungkin cocok untuk anak anda:

Untuk informasi  tempat liburan untuk anak dan keluarga saya tertarik dengan informasi di Blog kenzie2008.blogspot.com, silahkan kunjungi saja.

Persiapan sebelum berangkat liburan

  • Pastikan tidur yang cukup. Tidur yang cukup malam menjelang perjalanan libur keluarga anda akan membantu kebugaran fisik saat dalam perjalanan. Perjalanan yang jauh kadang membuat lelah badan, untuk itu tidurlah yang cukup dan pastikan anak anda pun demikian.
  • Makan yang benar. Pastikan sepekan sebelum keberangkatan makanan yang anda dan keluarga makan tidak membuat anda sakit, seperti makanan yang terlalu pedas, terlalu banyak santan, Es, dan lainnya yang kemungkinan berakibat pada kemungkinan buruk kesehatan.
  • Periksa barang bawaan. Periksa kembali sehari sebelum keberangkatan, barang apa saja yang akan dibwa dan usahakan tidak membebani anda. Bawa barang yang dibutuhkan saja.
  • Obat-obatan. Untuk yang satu ini sangat penting, karena kita tidak tahu sakit akan datang. Cuaca yang belum bersahabat ditempat tujuan bisa saja menyebabkan sakit pada saat ini tentu obat-obatan akan sangat berguna.

Tips di Tempat Liburan

Mengetahui semua lokasi di tempat liburan akan sangat membantu anda dan keluarga dalam menikmati liburan. Untuk itu cari tahu semua lokasi yang dibutuhkan pada bagian informasi dan mintalah panduan lokasi. Hal-hal yang perlu diperhatikan di tempat liburan:

  • Cari tahu lokasi yang paling dibutuhkan, seperti toilet, tempat ibadah (mushola), tempat makan / foof court station, pintu darurat, pusat informasi, bagian keamanan, dan lokasi hiburan tentunya.
  • Jaga makanan. Kadang ditempat liburan kita lapat mata, apa yang kita lihat semuanya mengundang selera dan jadilah perut sebagai tong sampah semua jenis makanan tersebut. Akibatnya bisa saja makanan tersebut tidak sehat untuk kita.
  • Jaga kebersihan. Jangan jorok ketika liburan, perkataan ini sudah cukup mewakili untuk menjaga kebersihan di tempat liburan.
  • Jangan lupa waktu. Kadang ketika ditempat liburan kita lupa waktu. Buatlah jadwal untuk aktivitas ibadah anda (buat muslim) waktu sholat harus menjadi prioritas karena kita tidak ingin liburan yang membawa petaka terhadap keimanan kita. Sepakati jam makan, jam istirahat, dan jam pulang.

Demikianlah posting dengan tema liburan sekolah kali ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Nikmati liburan dan jadikan liburan tahun ini sangat berarti untuk anda dan keluarga dan biarkan buah hati anda mendapat hadiah liburan yang istimewa dari anda tahun ini! Selamat berlibur!

Dan dengarlah lagu “Libur Tlah Tiba”

Referensi:

http://bintangkecil90.blogspot.com/2010/04/tasya-libur-telah-tiba.html
http://kenzie2008.blogspot.com/2009/06/tempat-liburan-buat-anak-anak.html
http://kumpulan.info/wisata/tips-wisata/54-tips-wisata/196-membuat-persiapan-liburan.html

One Trackback to “Liburan Sekolah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: