Memanfaatkan Add a Custom Form di WordPress Untuk Quis

Bagi pembaca yang berprofesi Guru, artikel ini mudah-mudahan bermanfaat untuk perbendaharaan pengetahuan saudara dalam hal media pembelajaran berbasis ICT.  Artikel ini akan membahas bagaimana memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan secara gratis oleh WordPress. Fasilitas tersebut bernama Add a Custom Form. Dengan Add a Custom Form kita akan membuat quis untuk siswa kita, saya sendiri sering menggunakannya untuk memberikan latihan-latihan atau ulangan teori yang bisa dijawab secara online oleh siswa pada saat materi pengenalan internet.

Apa itu Add a Custom Form?

Add a Custom Form merupakan fasilitas pembuatan form gratis yang disediakan oleh WordPress untuk memudahkan penggunanya (user) dalam pembuatan form secara wizard dan tanpa pihak ketiga, fasilitas yang tidak bisa kita temui di paltform Blogspot yang biasanya untuk membuat suatu form perlu menggunakan syntak sendiri atau menggunakan layanan situs pembat form gratis seperti formstack dan sejenisnya. Form tersebut biasa digunakan untuk formulir isian, seperti form komentar di akhir tulisan kita. Namun dengan Add a Custom Form kita sedikit bisa mengeditnya secara mudah.

Bagi yang terbiasa menggunakan WordPress, fasilitas ini bisa dengan mudah kita temukan pada saat kita hendak posting tulisan, baik dengan mode Visual atau HTML. Tepatnya diatas tab editor berdampingan dengan ikon tambahkan media dan tambahkan Poling.

Langkah- Langkah Membuat Form dengan Add a Custom Form

Jika kita ingin menambahkan form pada Quis atau soal latihan, tentu terlebih dahulu siapkan soal yang akan diberikan kepada siswa, mudahnya kita bisa Copy dari soal yang sudah ada pada file word komputer kemudian paste pada halaman posting. Usahakan soal tersebut berifat tekstual baik isian atau uraian. Setelah soal kita buat, tambahkan sedikit petunjuk untuk memandu siswa dalam menggunakan form isian agar siswa tidak kebingungan nantinya.

Untuk menambahkan form, kita lakukan hal berikut:

  • Letakan kursor tepat di daerah yang kita inginkan, atau tepat dibawah soal.
  • Klik ikon Add a Custom Form, nantinya akan muncul tampilan seperti pada Gambar 1. Setelah tampil kita bisa mengeditnya dengan menggunakan masing-masing fungsi, seperti: Move (ditunjukan dengan nomor 1) untuk memindahkan field  ke posisi yang kita inginkan. Edit (ditunjukan dengan nomor 2) fungsinya untuk mengedit field seperti merubah teks type filed, type field disini sudah tersedia seperti surel (bisa untuk e-mail) text area, text, drop down, dan lainnya. Simbol Min (ditunjukan dengan nomor 3) berfungsi menghapus field yang tidak kita inginkan. Add new field (ditunjukan dengan nomor 4), berfungsi untuk menambahkan field yang kita inginkan. Dan Add this form to my post (ditunjukan dengan nomor 5) berfungsi menyisipkan form yang telah selesai kita buat kedalam posting.

  • Pada contoh kali ini saya menggunakan 3 field, masing-masing field untuk Nama, Kelompok dan Jawaban. Pada field Kelompok saya menggunakan type field Drop Down (lihat gambar 2). Terlebih dulu kita pilih type field Drop Down ( ditunjukan dengan nomor 1), untuk menambahkan opsi baru klik an another option (ditunjukan dengan nomor 2), required untuk konfirmasi field wajib diisi ( ditunjukan dengan nomor 3).

  • Setelah semua field selesai kita buat, klik Add this form to my post untuk menyisipkan form dalam tulisan. Hasilnya pada kita akan menemukan koding seperti pada tampilan dibawh ini, dan area yang diberi garis bawah merupakan type field yang nantinya bisa kita gunakan untuk pengeditan berikutnya.

Hasilnya seperti  form yang kita buat :

Silahkan lihat contoh Soal Latihan yang saya gunakan untuk Latihan TIK Kelas 5 SD: Soal TIK Kelas 5

Pada tampilan form isian diatas, siswa wajib mengisi field Nama dengan Nama Lengkapnya, Kemudian memilih  nama kelompoknya pada field kelompok, Menjawab soal pada field Jawaban. Setelah selesai, siswa tinggal menekan tombol kirim.

Melihat Jawaban Siswa

Karena form ini terintegrasi dengan Blog gratisan (WordPress.com) maka kita tidak mempunyai database sendiri, wal hasil Jawaban yang diisi oleh siswa pada form akan dikirimkan ke e-mail kita pada saat pendaftaran di WordPress dulu. Artinya jawaban siswa masuk kedalam e-mail account wordpress. E-mail tujuan sebenarnya bisa kita alihkan ke e-mail baru pada saat pembuatan form pada tab email notification.

Interaksi Dengan Siswa

Sudah saya kemukakan diatas, bahwa fasilitas ini sering saya gunakan untuk soal-saol latihan yang bisa dijawab secara online oleh siswa pada materi pengenalan internet.  Pada praktiknya fasilitas ini bisa kita gunakan untuk PR dan tugas harian lainnya dimana siswa bisa mengisinya dirumah tanpa harus direpotkan oleh proses mencatat terlebih dahulu soal di Sekolah. Fasilitas ini juga bisa digunakan ketika Guru sedang tidak masuk karena sesuatu hal, ketika berada diluar kota dan keperluan lainnya, guru tinggal membuat soal dan siswa mengerjakannya di Lab. Sekolah.

Fasilitas ini juga sangat membantu untuk interaksi lainnya, tidak hanya dengan siswa melainkan dengan orang tua siswa. Kita bisa membuat formulir tempat curhat orang tua siswa untuk perbaikan mutu mengajar kita dan lainnya.

Demikian tulisan ini, mudah-mudahan bermanfaat, khususnya bagi dunia pendidikan Indonesia.

2 Komentar to “Memanfaatkan Add a Custom Form di WordPress Untuk Quis”

  1. thanks. It is very helpful.

  2. Terima kasih atas informasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: