Membuat E-Learning Blog Sederhana ala Om Jay

Ide emang “gak” bisa dibeli, datangnya kadang seenaknya. Begitupun dengan kreatifitas, susah diukur bayarannya, sebab si kreatif jarang mengukur hasilnya dengan nominal tapi dengan kepuasan. Nah lho, mau nulis E-Learning Blog kok malah ngalor ngidul dulu?

Maksudnya, E-Learning Blog itu sebuah produk kreatifitas, akan sangat sulit kalau yang berniat membuatnya enggak kreatif dan susah ide. Penulis pernah posting mengenai Membuat  E-Learning Blog pada posting 19 februari lalu. Pada posting tersebut penulis mengupas secara sederhana cara membuat E-Learning Blog sederhana menggunakan Blogspot, berikut piranti apa saja dan konten apa saja yang diperlukan dalam pembuatan sebuah E-Learning Blog, jika butuh dengan informasi dan artikel tersebut silahkan baca disini >>.

Tapi untuk posting kali ini, penulis mendapat ide mengenai E-Learning Blog dari blognya pak Wijaya Kusumah yang akrab dipanggil Om Jay tersebut.

Seperti apa idenya?

Untuk membuat E-Learning sebetulny modal utamanya kita memerlukan hosting dan domain, modal berikutnya platform e-learning itu sendiri. Tapi untuk mendapatkan ke-3 modal tersebut kita perlu merogoh kocek dan untuk alasan ini biasanya menjadi penghambat proyek E-Learning Blog di Sekolah, karena biasanya masih banyak sekolah yang belum menyadari fungsi dan manfaat e-learning blog tersebut.

Sebagai guru tentu tidak akan menyerah demi sebuah proses pembelajaran, inovasi harus terus berkembang, dan banyaknya platform Blogging gratisan di internet menjadi alternatif yang paling memungkinkan. Coba saja WordPress, kemudian integrasikan dengan moodle, dua platform open source ini sudah cukup mumpuni untuk sebuah E-Learning.

Tapi untuk mengintegrasikan dua platform tadi tentulah perlu sedikit pengetahuan dan kemauan untuk ngoprek. Mungkin seperti yang Om Jay lakukan inilah yang penulis sebut E-Learning Blog paling mudah dan murah ( walaupun om jay menggunakan hosting dan domain sendiri ).

Coba perhatikan screeshoot dari blognya Om Jay berikut:

  • Om Jay, memberi tugas pelajaran TIK melalui posting Blognya. Pada posting tersebut beliau menulis perintah agar siswanya menjawab 10 test materi berbentuk esay.

  • Siswa menjawabnya melalui form komentar

Nah, konsep sederhana yang dilakukan Om Jay ini bisa dijadikan alternatif jika ingin menerapkan model pembelajaran inovatif, dan penulis sebut sebagai E-Learning Blog sederhana yang mudah dan murah. Mudah, karena untuk membuat model pembelajaran seperti ini seorang guru cukup membuat account blog dan posting materi pembelajaran, kalau ada penugasan lakukanlah seperti yang Om Jay lakukan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: