Membuat e-Learning Blog

Bagi pembaca yang kebetulan sering lalu lalang mencari informasi di internet, mungkin istilah-istilah e-learning sudah tidak asing lagi, begitupun dengan Blog.

Istilah e-Learning atau eLearning mengandung pengertian yang sangat luas,elearning berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi eLearning dari pihak misalnya dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan:


eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa:

eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.

Dan penulis yakin tanpa perlu lagi meng-artikan istilah Blog, pembaca semuanya sudah mengerti dan paham mengenai Blog. Berikut penulis coba menggabungkan antara istilah e-learning dengan blog. Yang ingin penulis buat adalah e-learning blog, memadukan sistem belajar secara online dengan blog sebagai rumah konten nya.

Dengan e-learning blog tersebut harapan pertamanya adalah memudahkan siswa untuk mendapatkan materi pelajaran secara terus menerus, tidak terikat waktu dan tempat kebalikan dari konteks belajar di sekolah (terikat ruang, waktu, dan seragam).

Sebelum membuat e-learning blog, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan diantaranya syarat konten (model penyajian materi )dan sistem e-learning yang akan disajikan:

  • Synchrounous e-Learning: Guru dan siswa dalam kelas dan waktu yang sama meskipun secara tempat berbeda. Model ini menggunakan media telekonfrens, guru dengan siswa berada dalam kelas yang sama meski dalam ruang yang berbeda.
  • Asynchronous e-Learning: Guru dan siswa dalam kelas yang sama (kelas virtual), meskipun dalam waktu dan tempat yang berbeda.Untuk model yang satu ini website menjadi media, sebagai sekolah kedua, sebagai kelas. Maka untuk menjalankan model elearning ini diperlukan sistem aflikasi berbasis web.

Untuk model yang pertama tentu kita harus mempunyai koneksi internet tinggi, sedangkan untuk model yang kedua yang diperlukan adalah sistem aflikasinya yang nantinya akan digunakan untuk meng-otomatisasi konten.

Kedua model tadi semuanya memerlukan biaya tinggi, tidak cocok untuk penulis dan rekan-rekan guru yang gajinya masih “ngandelin” dari uang BOS. Untuk tu penulis mencoba mensiasatinya dengan memanfaatkan sarana yang sudah melimpah di internet. Diantaranya Blog, kita bisa memilih penyedia blog gratisan mulai dari blogspot.com,wordpress, blogdetik, tumblr, blog.com, atau media jejaring sosial semacam FB.

Fungsi utama Blog pada rancangan e-learning blog ini sebagai rumah belajar atau sekolah buat siswa, seperti halnya sekolah tentu ada kelas, jadwal, mata pelajaran, guru, penugasan, latihan, dan ujia kompetensi. Semua yang disebutkan tadi nantinya merupakan konten dari e-learning blog yang akan kita buat.

Untuk membuat e-learning blog yang harus kita siapkan:

  • e-mail: untuk Sign Up Blog
  • e-mail: untuk data base konten
  • e-mail: untuk surat menyurat
  • e-mail: untuk mailing list / forum
  • Membuat Blog gratisan, dan menyiapkan halaman statis, halaman dinamis, dan posting
  • Membuat form input dengan menggunakan penyedia form online gratisan
  • Membuat forum dengan menggunakan aflikasi forum gratisan yang bisa diintegrasikan dengan blog
  • Materi ajar
  • Materi latihan
  • Materi untuk penugasan
  • Materi untuk uji kompetensi

Dan lainnya. >> baca update selanjutnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: