Solusi Modem Lelet

Pernahkah koneksi internet anda sangat lambat? Atau koneksi internet anda “putus nyambung”?

Bagi pengguna modem semua pengalaman pasti pernah mengalamainya. Barikut penulis akan memberi solusi sederhana bagaimana mengatasi persoalan “koneksi internet lambat” atau “koneksi internet putus nyambung” saat bekerja menggunakan modem.

Awalnya penulis sedikit kesal dengan modem yang penulis pakai untuk bekerja. Kadang koneksi internet terputus bahkan mati. Jika sudah seperti ini biasanya penulis ambil tindakan “disconect” modem, dann mencabut modem tersebut dari komputer. Setelah beberapa lama penulis “tancapkan” kembali modem ke port komputer lainnya. Wal hasil biasanya modem kembali terkoneksi. Tapi tidak beberapa lama kemudian koneksi kembali terputus. Kejadian seperti ini tentu sangat mengganggu pekerjaan kita.

Berikut penulis mencoba mengambil inisiatif untuk membuat sebuah antena penguat sinyal, awalnya penulis searching dan ternyata banyak sekali cara untuk menguatkan sinyal modem tersebut. Dari mulai cara yang canggih dengan trik proxy, merubah configurasi browser, sampai kecara yang sangat sederhana sekalipun dengan peralatan seadanya disekitar kita.

Nah berikut ini penulis memilih cara terakhir, yakni memanfaatkan benda disekitar kita. Tengok kiri kanan, akhirnya penulis menemukan kurang lebih 1 meter kabel bekas, alumunim foil bekas susu formula atau kopi “sachetan”, botol bekas air mineral ukuran 1 liter dan doubletape.

Maka jadilah perangkat untuk penguat sinyal modem berikut :

Untuk menggunakan perangkat penguat sinyal sederhana tersbut, mudah saja, kita tinggal mencolokan USB Modem seperti biasa ke komputer kita, lalu potongan botol air mineral yang sudah dilapisi alumunium foil tersebut kita letakan sedikit diatas komputer kita, atau kita pasang sesuai kebutuhan sinyal. Hasilnya lumayan, sinyal modem yang biasanya putus nyambung setelah menggunakan alat sederhana tersebut sinyal menjadi bagus, dan tidak putus lagi.

Untuk membuat perangkat penguat sinyal modem sederhana tersebut:

  1. Satu buah botol air mineral bekas ukuran 1 liter, potong dari bagian tutup botol kurang lebih 10 Cm. Yang kita ambil adalah dari tutup botol sampai ketempat botol tersebut dipotong.
  2. Siapkan sebuah kabel bekas ( jenis apa saja ) kurang lebih 1 M.
  3. Siapkan alumunium foil bekas kopi atau bekas kue, coklat, permen atau apa saja bungkus-bungkusan yang terbuat dari alumunium foil.
  4. Siapkan doubeltape, untuk merekatkan alumuniumfoil dengan potongan botol.

Cara membuat:

Rekatkan alumuniumfoil kedalam potongan botol dengan doubletape. Alumuniumfoil harus menutupi seluruh dalam botol, jangan ada yang terlihat.

Masukan dan tempelkan kabel pada botol yang telah dilapisi alumuniumfoil, masukan lewat lubang tutup botol, kabel harus tertempel sama alumuniumfoil dalma potongan botol tersebut.

Siapkan potongan alumuniumfoil ( kira2 10 cm), potongan alumunium ini nantinya akan kita gunakan untuk membungkus USB Modem. Jangan lupa ujung kabel yang satunya lagi tempelkan ke potongan alumuniumfoil untuk membungkus Modem. Jika ujung kabel sudah terhubung dengan potongan botol dan Modem, berarti alat tersebut sudah siap digunakan.

Maka hasilnya seperti ini:

Untuk menggunakannya, tinggal masukan saja USB modem ke komputer anda. Seperti pada gambar dibawah ini:

Letakan antena ditempat yang lebih tinggi dari komputer anda.  Atur posisinya, jika sinyal kadang menurun.


Selamat mencoba!

Artikel terkait:
Mempercepat broadband GSM / CDMA di Browser Mozilla atau Opera
Trik Internet gratis dengan Proxy
(Blog: Jangsuharna.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: