Guru TIK: Sebaiknya tidak asal memberikan tugas searching ke siswa

Guru TIK atau guru bidang studi lainnya sebaiknya tidak asal memberikan tugas searching ke siswa. Tugas-tugas yang dimaksud adalah tugas mandiri siswa seperti pembuatan portofolio, karena biasanya guru meminta siswa untuk membuat sebuah makalah atau kliping yang sumbernya diambil dari internet. Tugas seperti itu biasanya dilakukan guru untuk mempermudah siswa dalam pencarian informasi seputar data yang ditugaskan kepada siswanya dan sekaligus untuk memperkenalkan siswa terhadap tren teknologi saat ini yaitu internet.h

Memberikan tugas mandiri merupakan bagian dari proses lanjutan dari metode pembelajaran dalam kelas yang sudah direncanakan, biasanya tugas diberikan kepada siswa untuk menambah perbendaharaan kemampuan siswa terhadap materi yang sudah diterima di kelas. Tugas mandiri juga bagian dari mendisiplinkan siswa untuk mengurangi jam bermain yang kurang bermanfaat bagi siswa.

Alasan memberikan tugas searching

Mengarahkan siswa untuk melakukan pencarian sendiri di internet bukan sesuatu yang luar biasa saat ini. Hampir semua guru telah melakukannya. Sebab banyak manfaat dari proses tersebut diantarnya:

  • Siswa lebih akrab dengan teknologi internet.
  • Siswa jadi terbiasa dengan browsing dan searching.
  • Siswa jadi luas perbendaharaan pengetahuannya terhadap suatu materi.
  • Siswa tidak tergantung pada satu sumber belajar, yaitu guru.
  • Siswa dapat membandingkan antar beberapa sumber yang membahas suatu materi yang ditugaskan.
  • Siswa tidak gaptek.

Dari manfaat-manfaat tersebut diharapkan siswa jadi lebih peka terhadap perkembangan teknologi informasi, dan lebih variatif dalam menjawab sebuah pertanyaan karena mereka telah menemukan banyak data yang membahas sebuah materi yang sama yang mereka dapatkan didalam kelas.

Tugas yang diberikan guru biasanya yang menyangkut kejadian terkini yang berhubungan dengan mata pelajaran, misalkan IPS, PKN, Saint, dan Pengetahuan umum lainnya. Karena untuk mata pelajaran tersebut membutuhkan sumber yang update. Misalkan pada mata pelajaran PKN ada sub bab yang membahas sistem pemerintahan dimana didalamnya siswa harus mengetahui jajaran kabinter, susunan departemen dan lainnya. Maka dalam pembahasan materi seperti itu diperlukan data terbaru yang sesuai dengan kondisi saat ini, dan internet menjadi pilihan terbaik. Karena keterbatasan waktu, perangkat, dan lainnya biasanya guru berinisiatif memberikan tugas mandiri kepada siswa untuk mencari data-data tersebut di internet secara perorangan atau kelompok.

Tidak boleh asal dalam memberikan tugas searching

Memberikan tugas searching boleh-boleh saja karena banyak manfaat seperti yang disebutkan diatas. Yang tidak boleh menurut penulis adalah asal memberikan tugas searching. Asal, bukan berarti tugas yang diberikan tidak berbobot atau terkesan asal menugaskan. Asal, yang penulis maksud adalah kata kunci ( keywords ) yang diberikan kepada siswa dalam proses pencarian data di internet.

Seorang guru yang baik akan selalu mempertimbangkan setiap kata kunci yang diberikan kepada siswa ketika menugaskan siswa untuk melakukan pencarian di internet. Seorang guru yang baik akan mempertimbangkan asosiasi kata, perkata, setiap kalimat, yang nantinya akan digunakan oleh siswanaya untuk mendapatkan data yang sesuai.

Sebab setiap kata kunci yang diberikan siswa akan berhubungan dengan ratusan link situs yang memiliki asosiasi kata yang sama dengan kata kunci yang digunakan siswa. Dan kita tidak tahu apakah kata kunci yang sama akan menghasilkan informasi yang sama? Ada ratusan situs dengan kata kunci yang sama tetapi tiap situs tersebut memiliki informasi yang berbeda, atau konten yang berbeda. Dan apakah yakin dengan kata kunci tersebut tidak menjerumuskan siswa kepada situs-situs kurang baik atau situs-situs forno yang sama-sama menggunakan kata kunci yang sama dengan kata kunci yang diberikan kepada siswa.

Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Seoarang guru A memberi tugas Biologi kepada siswanya untuk mencari data anatomi tubuh manusia. Si Guru A tersebut mengatakan kepada siswanya sesaat sebelum pulang: ” anak-anak tolong kalian cari di internet anatomi tubuh manusia, hasilnya kalian print”. Nah kata kunci yang diberikan Guru A tersebut sudah dapat kita terka yaitu anatomi tubuh manusia. Dalam kalimat tersebut terdapat 3 buah kata yaitu anatomi, tubuh, dan manusia.

Jika ketiga kata tersebut diketikan kedalam kotak pencarian maka link yang berhubungan dengan kata-kata tersebutlah yang akan terindeks oleh mesin pencari. Untuk membuktikan contoh tersebut penulis mengujinya pada 3 situs pencari, yaitu Google, Yahoo, Bing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: