Panduan Wajib Bagi Orang Tua Saat Anak Berinternet

Internet memang tidak mungkin dihindari karena banyaknya manfaat dari teknologi ini. Tapi tidak sedikit pula dampak negatifnya. Perkara baik dan buruknya internet bagi perkembangan anak sudah menjadi perbincangan serius diberbagai forum yang peduli terhadap perkembangan anak. Kejahatan dari internet yang sering diekspose media masa menambah kekhawatiran bagi kita sebagai orang tua.

Berikut panduan singkat agar anak kita tidak terjebak dalam keburukan internet:

  • Buat susasana santai untuk berdiskusi dengan anak anda mengenai komputer, jawab semua keingin tahuan anak anda mengenai komputer tersebut, dan berikan pemahaman yang wajar dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Berikan pengetahuan yang positif mengenai kegunaan komputer, dan internet menjadi salah satunya.
  • Buat aturan yang wajar untuk penggunaan internet bagi anak anda. Jangan biarkan kasih sayang anda meniadakan aturan-aturan tersebut.
  • Tanyakan pada anak anda,  untuk apa membuka internet? Ketika anak anda hendak membuka atau merengek untuk bermain internet. Pertanyaan ini sebagai “intervensi” halus  bagi anak anda, sehingga anak anda menyadari bahwa aktivitasnya bermain internet diperhatikan.
  • Berikan alamat-alamat situs yang baik dan sesuai dengan usia anak anada. Ada banyak sekali situs-situs yang mengandung conten edukasi dan menyenangkan buat anak – anak, jadilah kolektor alamat-alamat situs tersebut untuk memudahkan anda ketika anak anda membutuhkannya.
  • Berikan “warning” kepada anak anda, mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan ketika bermain internet.
  • Berikan konsekuensi logis bagi setiap pelanggaran yang dilakukan anak anda.
  • Jadilah orang tua yang baik, yang bijak, dan yang dapat dijadikan panutan bagi anak anda. Karena anak-anak cenderung mengidolakan super hero menurut kacamata mereka, maka jadilah super hero bagi anak anda.
  • Kuatkan spirit anak anda dengan pengetahuan agama yang baik. Jadilah penda’wah yang disenangi bagi anak anda. Jangan berhenti untuk terus berda’wah bagi anak-anak anda. Sebab pengetahuan agama yang baik akan memberikan sistem pertahanan bagi anak anda saat melakukan sesuatu apapun, termasuk saat berinternet.

Baca artikel terkait:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: