Pentingnya modul untuk mengajar TIK

Modul merupakan ringkasan padat dari materi-materi yang akan diajarkan. Modul juga merupakan rangkuman dari target pembelajaran. Modul bisa juga diartikan sebagai buku panduan baik untuk siswa atau pengajar dalam melakukan kegiatan belajar / mengajar agar materi yang disampaikan tidak menyimpang dan jelas.

Modul haruslah singkat, pembahasan tidak melebar, dan materi yang dipelajari haruslah fokus. Modul harus langsung ke materi yang menjadi target pembelajaran, bukan melebar dengan menggunakan bahasan-bahasan lain sekalipun mungkin tujuan dari materi adalah sama.

Demikian halnya dengan mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yang memilki kurikulum sangat melebar (banyak materi yang sebenarnya tidak terlalu penting*) sehingga peran modul sangatlah diperlukan.

Untuk itu peran guru TIK dalam pembuatan modul sangatlah diperlukan, setidaknya memiliki modul tik baik dengan membeli atau download gratisan adalah pilihan penting, sebab jika memaksakan mengajar TIK tanpa menggunakan modul TIK maka target-target pembelajaran menjadi kabur, dan tidak jelas kompetensi apa yang nantinya akan dimiliki peserta didik.

Berdasarkan pengalaman penulis dalam mengajar TIK di SD ataupun SLTP dan SMK, peran modul memang sangat berarti, tentu tanpa melupakan buku pendukung lainya.

Buku pendukung, dan sumber-sumber lain merupakan pendukung dan itu semua merupakan refernesi dalam pembuatan modul TIK, sehingga peran modul sudah mencakup informasi materi dari berbagai sumber yang valid dalam perbendaharaan materi yang sesuai dengan silabus acuan (Diknas) dan silabus kurikulum (Sekolah yang bersangkutan).

Demikian pentingnya peran modul dalam proses kegiatan belajar dan mengajar TIK baik di Sekolah Dasar, SLTP, SLTA ataupun Perguruan Tinggi, dan lembaga kursus komputer.

Memiliki dan menggunakan modul dalam mengajar maka seorang guru/instruktur adalah seorang yang memiliki tanggung jawab dan integritas tinggi terhadap apa yang telah diamanahkan institusi kepadanya, sekaligus pembuktian tanggung jawab terhadap profesi tentunya.

Bagi rekan guru TIK atau instruktur komputer yang saat ini memerlukan modul komputer penulis menawarkan

Baca juga artikel lainnya:
Mudahnya mengajar komputer menggunakan modul

2 Komentar to “Pentingnya modul untuk mengajar TIK”

  1. Assalamualaikum,wr,wb
    saya telah membaca beberapa artikel dari blog Bapak. Sy terkesan dan mengucapkan terima kasih karena setelah membaca artikel sy mendapatkan banyak inspirasi.

    sy adalah seorang guru TIK di sebuah SD dan SMP. sy fresh graduate dan saya masih kebingungan mencari model/bentuk modul yang pas untuk panduan mengajar.

    berkenan kah Bapak jika berbagi contoh modul yang dimaksud dalam artikel di atas?
    terima kasih.

    Joni Tri S.
    (Luwu Timur, SULSEL)

  2. boleh pak, silahkan kirim email pak ke alamat email saya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: