Siapakah kita di dunia maya?

“Enggak tahu internet? Deso!” begitulah kalimat dalam sebuah iklan salah satu provider layanan jasa internet mobile yang belakangan sering nongol dilayar televisi kita. Orang yang mengucapkan kalimat tersebut merupakan artis yang kebetulan populer berkat wajah “deso”nya tersebut, yaitu Tukul Arwana. Sepintas kalimat tersebut sangat menggelitik, seolah menegaskan “hari gini tak kenal internet!” atau apapun namanya yang melegitimasi kedekatan dunia internet dengan masyarkat modern saat ini.

Memang kita patut mengakui, internet saat ini sudah masuk kedalam berbagai lingkungan masyarakat modern. Semua merelakan dirinya untuk terhubung dengan akses informasi tak berbatas tersebut, dan seolah memfatwakan bahwa teknologi yang satu ini adalah “keidupan” baru yang tidak boleh dinapikan.

Terlepas dari apapun yang saya katakan diatas, kita memang tidak bisa menapikan keberadaan internet dalam keseharian kita. Kita, yang sudah kadung hidup dalam era 2.0 bahkan 3.0 dan entah era apalagi berikutnya mau tidak mau harus menggunakan teknologi populer tersebut. Bahkan kita mungkin akan selalu bersentuhan dengan internet jika penggunaan sistem basis data online benar-benar digunakan.

Kadang penulis berpikir, pada akhirnya kita hanya butuh internet, tidak untuk perangkat lainnya. Sebab internet merupakan teknologi terintegrasi yang memenuhi semua kebutuhan informasi, toh kita bisa berkomunikasi verbal dengan teknologi Googlet Talk, Voip dan teknologi semacamnya di internet, kita juga bisa ber sms ria dengan puluhan situs penyedia layanan sms gratis, kita juga bisa ber telekonferensi dengan teknologi penyedia jasa video konferensi, dan fasilitas kirim dan terima surat lewat e-mail sudah menjadi keseharian kita. Beraneka jenis gadget super canggih pun semakin banyak bermunculan, bukan cuma laptop, notebook, ipad, belum lagi perangkat moblile yang semuanya mengintegrasikan teknologinya dengan internet.

Sebagaia apa kita dalam dunia maya?

Pertanyaan itu mungkin mewakili pengguna internet, setidaknya itu yang ada dalam pikiran penulis. Sebagai pengguna internet apa sih yang kita lakukan? Mencari data (data yang mungkin tidak terlalu penting sekalipun), download, menulis status di situs jejaring sosial, berkomentar di blog yang menurut kita menarik? Aktifitas yang sangat sering dilakukan oleh pengguna internet. Lalu pernahkah kita berkontribusi untuk perbendaharaan informasi di internet? Jika kita tak pernah melakukannya alangkah sangat piciknya kita, hanya mau mendapatkan sebanyak-banyaknya pengetahuan secara gratis tanpa berkontribusi membagi sedikit pengetahuan (upload/share) kepada orang lain. Padahal banyaknya data yang ditampilkan dalam index situs mesin pencari adalah kontribusi orang-orang “dermawan” yang iklas ( atau pura-pura iklas ) mau berbagai informasi di internet.

Apakah kita sebagai si pencari alias Mr.Searching?

Banyak diantara pengguna internet yang mempunyai hobi berselancar di situs pencarian semacam google, orang-orang ini senang mengumbar kata kunci untuk mencari apa saja. Mencari hal-hal yang ingin diketahuinya enatah penting ataupun sekedar iseng saja. Orang-orang ini cenderung kreatif karena mempunyai banyak keingin tahuan dan dari peselancarannya tersebut akan mendapatkan banyak pengetahuan, sekalipun itu tidak penting.

Apakah anda sebagai pengunduh sejati alias Mr. Download?

Jika anda mempunyai kecenderungan untuk selalu ingin mendownload apapun yang anda inginkan maka anda layak dijuluki Mr.Download. Orang-orang semacam ini mungkin selalu ingin mendapatkan sesuatu yang melulu gratisan, biasanya berbagai software gratisan yang menjadi incaran MrDownload.

Apakah anda sebagai Mr.FB?

Banyak sekali orang datang dan membuka halaman browser hanya untuk membuka account Facebook, menulis dan update status adalah pekerjaanya. Chating, dan upload photo merupakan aktivitas lain disela-sela membaca puluhan posting status rekan-rekannya di situs jejaring sosial tersebut. Merka betah menghabiskan berjam-jam waktu “cuma” untuk melihat dan mengomentari postingan status.

Itulah beberapa julukan dari keberadaan beberapa pengguna internet yang mempunyai kecenderungan untuk melakukan hal-hal yang dituliskan diatas, dan masih banyak lagi kecenderungan yang dilakukan para “neter” diantaranya pencari lagu gratisan, pencari cuplikan film, kartun, bahkan video forno. Dan banyak juga yang menggunakan internet untuk berkomunikasi dan berbagi informasi seperti blogger.

Dan anda termasuk yang mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: