Teknik para pemburu uang di internet

Pembaca yang budiman, pernahkah anda menemukan iklan yang bunyinya kurang lebih “cara mencari uang di internet”, atau ” kaya lewat internet”, “cara cepat menjadi kaya lewat internet”, dan banyak lagi jargon-jargon iklan yang sebetulnya sangat menarik.

Bagaimana tidak menarik, jika kita di iming-imingi sebuah proses mencari kekayaan dalam waktu singkat dengan tanpa harus bekerja lebih giat. Kita cukup ongkang-ongkang kaku di depan monitor sambil sesekali posting, sementara uang deras mengalir ke saldo rekening kita. Penulis yakin semua orang pasti tertarik dengan iklan semacam itu. Tapi apa benar, iklan yang ditawarkan banyak bloger pengeruk uang atau yang biasa disebut bloger “make money” tersebut?

Tentu jawabannya variatif, ada yang menjawab bisa, bahkan sangat bisa. Tapi tak sedikit yang menjawab omong kosong. Orang yang menjawab bisa tentu mereka yang sudah mencoba dan berhasil dan mereka itulah yang sering menggoda kita dengan iklan-iklannya yang sangat menarik tadi. Dan orang yang menjawab omong kosong, mereka yang sudah mencobanya tapi tidak berhasil, atau mereka yang tidak pernah mencobanya karena keburu nyinyir dengan praktek kerja “aneh” seperti itu.

Lalu anda di pihak yang mana?

Penulis sendiri bukan orang yang sangat mengeti dibidang “mencari kekayaan lewat internet”, pengetahuan tentang hal tersebut juga tidak banyak. Tapi penulis yakin, internet memungkinkan orang untuk menciptakan apapun dalam meraih semua keinginannya, termasuk mencari kekayaan. Internet bisa menjadi perpustakaan, bisa menjadi agen, bisa menjadi mata-mata, bisa jadi sekolahan, bisa jadi kampus, bisa jadi laboratorium, dan tentu internet juga bisa manjadi pasar yang menjanjikan.

Di pasar nyata, kita hanya bisa berinteraksi dengan pedagang, pembeli lainnya hanya dari wilayah sekitar pasar itu berada, paling-paling beberapa orang saja yang datang dari luar kota, itupun persentsenya sangat kecil. Tapi di internet jutaan orang bisa saling berinteraksi, membicarakan banyak hal, mencari banyak hal, antar kota, antar wilayah, antar negara dan benua sejauh ada fasilitas yang menghubungkan orang-orang tersebut dengan internet. Di internet interaksi terjadi tanpa batas, 24 jam, 365 hari. Dari kenyataan tersebut internet saat ini menjadi pasar yang cukup menjanjikan untuk menjual produk apapun.

Maka tak heran banyak orang yang bisa kaya lewat internet, sebut saja pemilik Google, pemilik yahoo, Facebook, kaskus, dan lainnya. Mereka memanfaatkan internet sebagai pasar untuk menjual produk kreatif mereka.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang sering mengiming-imingi kita dengan kisah-kisah menarik menjadi kaya lewat internet? Mereka akan terus berbicara manis, beriklan menarik, membuat translatter motivasi tentang cara-cara mendapatkan uang di internet, membuat e-book yang sering diberi label tips atau trik singkat mendapatkan uang dari internet atau jargon-jargon semacamnya. Karena seperti itulah mereka bekerja. Karena dengan semakin banyak orang-orang tersebut berkisah menarik, kemungkinan semakin banyak pula kekayaan yang mereka peroleh. 

Dan, apakah “mungkin”  kita bisa mendapatkan uang dari internet?

Jawabannya bukan “mungkin” lagi, tapi sangat mungkin. Intinya, asal anda punya produk yang akan dijual, ada tempat untuk menjualnya, bisa memasarkannya, tahu kemungkinan dimana pasar untuk produk anda, mengerti berapa banyak yang akan menyukai produk anda, dan anda punya sedikit pengetahuan tentang IT, maka kemungkinan untuk bisa mendapatkan uang dari internet itu benar-benar sangat mungkin.

Kalo begitu, enggak bener dong kita cuma ongkang-ongkang kaki? Pada dasarnya tidak ada yang instant, semua harus dilakukan dengan benar, dengan kerja keras, dengan semangat, dan dengan banyak belajar. Ketika kita memutuskan untuk menjadi pencari uang di internet, maka pada saat itu kita harus siap menjadi bagian dari keseluruhan operasional bisnis kita ( anggap kita sedang membangun sebuah bisnis). Bersiaplah menjadi pembuat produk, menjadi penjual, menjadi “OB” untuk merawat tempat bisnis anda, menjadi penentu kebijakan, menjadi maintance, teknisi, dan bagian-bagian lainnya (kecuali anda punya banyak modal untuk mendelegasikan bagian-bagian tertentu yang tidak mungkin anda tangani sendiri).

Selain tidak ada yang instant, juga tidak ada yang gratis, semuanya memerlukan biaya. Untuk menciptakan produk, anda perlu biaya, setidaknya perangkat komputer lengkap dengan fasilitas untuk bisa koneksi ke internet merupakan bagian dari hal yang harus dipikirkan biayannya, komputer dengan spesifikasi yang baik, didukung perangkat tambahan seperti printer, upx, swich, jaringan internet, dan semakin besar bandwith semakin membantu kita.

Apakah bisa, yang bermodal sedikit untuk mencari uang di internet?

Penulis mempunyai ide, bagaimana mencari uang di internet tersebut. Dengan modal sedikit, artinya cukuplah dengan komputer dan jaringan internet sebagai modal awal. Selebihnya buatlah produk anda, tidak perlu yang canggih-canggih, cukup buat beberapa tutorial sederhana, panduan menarik, dan beberapa e-book. Buatlah tempat dimana produk anda akan dipasarkan ( dipajang), maka website harus anda miliki, jika keberatan untuk membeli domain dan menyewa hosting, kita gunakan yang gratisan saja, kita bisa menggunakan fasilitas blogspot.com, wordpress, multiply.com, blogdetik, dan lainnya.

Selanjutnya, jika produk sudah ada, website sudah ada (sekalipun gratisan), langkah berikutnya mulai merencanakan penjualan, buatlah jadwal pemasaran produk anda ( kapan anda berteriak-teriak menawarkan produk, kapan anda membuat discount, kapan anda memberi banyak bonus, kapan anda beriklan, ber promosi ) semuanya harus dijadwalkan dan dicatat dalam buku rencana pemasaran anda.

Buatlah strategi sederhana untuk menciptakan jaringan bisnis anda. Jaringan, merupakan strategi penting dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis di internet. Bukankah banyak yang mengatakan, sangat sulit untuk bisa kaya dengan sendirian, maka peran jaringan sangat menentukan. Buatlah sealamiah mungkin proses perekrutan jaringan untuk memasarkan produk anda tersebut, tidak mencolok dengan iming-iming keuntungan yang melimpah, tapi cukup anda menawarkan kerjasama istimewa dengan calon anggota jaringan anda, penawaran istimewa tersebut misalnya dengan mengajak calon anggota jaringan anda untuk memasang link url dari website tempat produk anda berada. Sebagai konfensaisinya anda memberikan satu atau beberapa e-book produk anda. Dengan calon anggota bersedia memasang link url anda berarti dengan sendirinya jaringan bisnis anda telah dibuat, dan dengan memberikan konfensasi beberapa e-book anda, dengan sendirinya produk anda sudah diperkenalkan dan syukur-syukur dibaca dan mau membagikannya ke orang lain sehingga jaringan akan berkembang secara organik.

Buat sebanyak mungkin jaringan anda, dan bagikan sebanyak mungkin produk anda. Semakin banyak produk anda beredar, semakin banyak pula link url website dan produk anda terekam dalam ingatan orang, sehingga promosi produk anda akan terbantu.

Kapan anda akan mendapatkan pembeli, dan uang ke rekening bank anda?

Sejak orang pertama membaca produk anda, maka sejak itu kemungkinan pembeli pertama akan anda temui, dan kemungkinan saldo pertama akan masuk ke rekening bank anda. Maka semakin banyak orang membaca produk anda, semakin banyak pula kemungkinan untuk calon pembeli dan kemungkinan saldo masuk ke rekning bank anda, maka semakin rajinlah anda menciptakan jaringan, agar semua produk anda bisa dikenal dan ada pembelinya.

Apakah orang mau membeli produk anda yang hanya e-book, dan tutorial saja?

Sebenarnya bukan produknya yang harus anda pikirkan, tapi bagaimana anda bisa meyakinkan orang untuk membeli produk anda ( yang hanya e-book dan tutorial ) tersebut yang harus anda pikirkan, yang harus anda pelajari, bila perlu dengan riset. Penulis pernah mendengar pengalaman seorang teman yang kebetulan seorang salesmen, dia hanya berjualan katembat (alat utnuk membuang kotoran di kuping ) tapi dia memasarkannya dengan benar, menarik, dan cepat. Dia tidak pernah memikirkan barang yang sedang ia jualnya, tapi yang ia pikirkan bagaimana barang itu laku dan cepat habis, agar ia bisa menjual barang lainnya. Nah, begitupun dengan anda, tidak perlu khawatir dengan produk anda, tapi pikirkanlah bagaimana produk anda tersebut ada pembelinya dan orang mau membelinya.

Coba perhatikan, penawaran produk yang dilakukan oleh orang-orang yang sudah mempunyai brand di dunia internet marketing. Mereka selalu memulainya dengan spirit kepada calon pembelinya, tentu diawali dengan iklan yang “heboh”. Dan perhatikan pula spirit yang mereka sampaikan, rata-rata spirit mereka hanya pancingan untuk anda mau menelusuri bait demi bait pemaparan spirit mereka, makanya website yang mereka buat jarang yang menggunakan page (halaman), tapi model blog yang dibuat runtut kebawah, kita dipaksa membaca pemaparan mereka secara seksama dari mulai atas blog sampai ke ujung paling bawah tempat dimana penawaran produk mereka dicantumkan, menjebak bukan?

Yang perlu anda jual adalah sistem, bukan produk. Produk hanya bagian dari kampanye bisnis anda!

Sebenarnya mereka yang bisnis di internet, yang memakai jargon-jargon “kaya lewat internet” dan lainnya. Mereka tidak benar-benar menjual produk, e-book yang mereka jual pun hanya berisi “ocehan kesana kemari” seputar teknik-teknik lumrah di internet, misalnya teknik meningkatkan traffic pengunjung, teknik SEO, teknik Keyword, dan hal-hal sangat lumrah lainnya. Tapi mereka bukan menjual e-book, CD, buku, atau tutorial lainnya, semua barang-barang tersebut hanya bentuk “penafian” dari sebuah sistem yang sedang mereka tawarkan. Sistem yang sama, sistem MLM, Direct Selling, dan apapun namanya. Sebuah sistem permainan uang, dimana produk hanyalah bagian dari promosi bukan produksi.

Demikian, mudah-mudahan artikel ini dapat memberi pencerahan!

Salam, Tenjocity: Mulyadi Tenjo!

Baca lanjutannya di:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: