Mudahnya mengajar komputer menggunakan modul

Selesai membaca artikel ini pembaca langsung mendapatkan modul dan panduan belajar komputer gratis!

Mungkin diantara pembaca ada yang berprofesi sebagai guru TIK, instruktur kursus komputer, atau pengajar preelance, atau apapun namanya yang mempunyai aktivitas literasi pendidikan komputer kepada orang lain. Dalam praktiknya meliterasi komputer akan sangat sulit tanpa didukung dengan fasilitas yang cukup. Setidaknya perangkat komputer menjadi perangkat wajib yang harus dimiliki sebagai media utama pembelajaran. Tapi perangkat yang cukup saja tidak menjamin literasi itu berhasil, setidaknya seorang guru komputer mesti memiliki sumber pendukung lainnya. Beberapa buku penunjang, CD pembelajaran, dan Panduan lainnya seperti Modul komputer.

Modul komputer salah satu sumber pendukung dalam kegiatan pembelajaran untuk mata pelajaran TIK, atau komputer. Modul sangat diperlukan sebgai panduan selama proses pembelajaran. Modul akan menjadi penghubung antara siswa dan guru selama diruang belajar ataupun ketika siswa belajar mandiri. Pada praktiknya seorang guru TIK akan sangat kesulitan untuk bisa mengajar secara ideal sesuai kurikulum yang ditetapkan untuk mata pelajaran TIK, karena dalam kurikulum pendidikan untuk bidang studi TIK konteksnya global agar dapat digunakan oleh seluruh Sekolah yang ada di Indonesia baik sekolah tersebut bersarana lengkap ataupun tidak. Tentu bagi guru yang berada dilingkungan sekolah dengan sarana yang memadai tidak mesti taat dan patuh pada kurikulum pendidikan nasional tersebut, karena mereka mempunyai standar sendiri sesuai dengan fasilitas dan SDM yang dimiliki, dan hal ini legal sesuai sistem pendidikan nasional dengan KTSP nya.

Beberapa alasan mengapa modul sangat membantu dalam pembelajaran TIK?

Setidaknya ada dua alasan penting mengapa Modul komputer sangat dibutuhkan dalam proses belajar dan mengajar TIK / Komputer:

Alasan pertama, modul komputer menjadi media dalam kegiatan belajar bagi siswa, dan menjadi sumber pendukung dalam mengajar bagi guru atau instruktur. Modul akan menterjemahkan dari beberapa sumber pendukung belajar lainnya, mungkin saja ketika membuat modul seorang guru akan merangkum beberapa hal penting dari banyak buku, dari dumber lain yang didapat dari internet, dari CD pembelajaran interaktif, dan tentunya dari silabus dan kurikulum pendidikan. Modul menjadi kliping informasi tentang materi yang oleh si pembuat modul dianggap menarik dan penting untuk disampaikan kepada siswanya.

Alasan kedua, modul merupakan gambaran yang jelas dari targetan belajar bagi siswa dan guru. Modul merangkum seluruh materi yang akan disampaikan dan materi yang nantinya akan dikuasai oleh siswa. Dengan modul seorang guru akan lebih mudah mengejar target dari indikator yang akan disampaikan, dan modul juga akan menggambarkan kompetensi yang akan didapatkan oles siswa setelah mempraktikan materi demi materi yang disampaikan dalam modul tersebut.

Dua alasan tadi sekiranya menggambarkan bagaimana Modul sangat membantu dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar, modul menjadi panduan menarik yang tidak akan membuat seorang guru kebingungan untuk mengajarkan materi apa pada siswanya sekalipun guru tersebut lupa atau mungkin malas untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Demikian artikel ini mudah-mudahan dapat memberi pencerahan untuk pembaca semuanya, terutama pembaca yang berprofesi sebagai Guru TIK, Instruktur Kursus Komputer atau lainnya.

Bagi pembaca yang membutuhkan Modul Komputer atau panduan belajar Komputer, pembaca bisa mendapatkannya dengan terlebih dahulu mengirim konfirmasi permohonan ke alamat e-mail berikut: mulyaditenjo@gmail.com . Untuk melihat contoh modul,  pembaca silahkan mendowload link berikut untuk mendapatkan:

“Tutorial dan Panduan Mengajar Microsoft PowerPoint 2007”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: