Monitor not responding terus?

Lagi-lagi ketidak tahuan menjadikan kita sangat bodoh. Ketidak tahuan membuat kita seperti orang yang tak pernah mengerti apapun. Tapi tak ada yang bodoh sesungguhnya, yang ada kita belum tahu. Monitor sering not responding, atau monitor not responding terus?

Monitor not responding terus? Pertanyaan tersebut yang terjadi pada penulis beberapa waktu lalu, beberapa dari jumlah monitor di Lab selalu saja not responding. Karuan saja sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan Lab, penulis mesti mampu mengatasi masalah tersebut. Wal hasil penulis coba cek hardwere, biasanya gejala not responding disebabkan oleh kendornya kabel vga ke monitor. Tapi setelah di cek, kabel tertancap dengan benar. Lho?

Berdasar pengalaman, dan bisik-bisik teman yang suka bener-bener hardwere komputer jika ada gejala-gejala kurang baik terhadap komputer dia langsung melakukan cek hardwere diantaranya VGA Card, Memory Card, Kabel data yang terhubung ke Hardisk, dan bersih-bersih komponen senjata utamanya Kuas pembersih. Cek harwere seperti itu katanya sih sudah seperti SOP bagi seorang teknisi.

Tak lupa berkunjung ke mabah Google, karena sebagaian kepintaran kita ada disana hehehhehe…..! Google emang menjadi mesin terbaik dalam urusan transfer informasi, buktinya sekali kita tulis sebuah kata kunci Google langsung menyuguhkan beratus data yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. ” Monitor not responding” begitulah kata  kunci yang penulis ketikan dalam kota pencarian Google, hasilnya begitu banyak orany yang berbaik hati untuk berbagi informasi atas permasalahan “monitor not responding” tersebut, mungkin kalau tidak ada Google orang gak sebaik sekarang?

Dari beberapa artikel yang penulis baca, kesimpulannya hampir sama. Sama, ya sama. Rata-rata artikel yang mereka tulis memberikan solusi yang sama. Sama, entah karena pengalaman mereka emang sama. Sama, entah karena artikel yang mereka posting dari sumber yang sama alias copy paste. Hasil indeks Google dengan kata kunci ” monitor not responding” rata-rata menyarankan:

  1. Cek kebel VGA
  2. Coba tuker monitor
  3. Cek VGA Card
  4. Cek Memory
  5. Cek kabel data
  6. Cek PSU alias Power Suply
  7. Cek baterai CMOS
  8. Cek kipas pendingin / FAN
  9. Cek Motherboard

Maksdunya apa Cek-Cek?

Cek kabel VGA, VGA Card, Memory, Kabel data maksudnya siapa tahu karena komponen tersebut tidak tertancap dengan benar. Atau komponen-komponen tersebut sudah terlalu kotor alias berdebu sehingga ada benda lain yang menghalangi komponen tersebut dari slotnya. Jika komponen-komponen tersebut tidak tertancap dengan benar bisa mengakibatkan gejala-gejala kurang baik terhadap komputer, dan “monitor not responiding” salah satunya.

Dan menurut rekan-rekan yang posting di blognya, Power suply yang sudah mau koleps juga bisa mengakibatkan “monitor not responding”. Sebagai orang yang ingin tahu, dan berusaha belajar dari pengalaman, penulis coba patuh terhadap saran-saran yang diberikan baik oleh rekan teknisi atau artikel-artikel dari rekan blogger yang barbaik hati berbagi solusi di Google.

Coba-coba, pertama coba ganti montior, tuker dengan monitor lainnya. Setelah dicoba pake monitor lain, keadaan monitor masih “not responding”. Coba periksa kabel VGA ke moniotr, kabel tertancap dengan benar, cabut dan pasang lagi, tetep masih “not responding”. Coba buka VGA Card dan dibersihkan pake kuas, tetep aja monitor “not responding”, Coba buka memory kemudian penulis bersihakn dengan kuas dan tancapkan lagi dengan benar, terus penuis juga mencoba cabut kabel dari power suplya ke motherboard, hasilnya ting…..Komputer mulai boot dengan bena.

Dari pengalaman tersebut, jika siapa saja mengalami persoalan monitor “not responding” coba langkah-langkah yang tadi penulis lakukan, siapa tahu bener.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: