Mau menulis apa? Menulis Modul Komputer Untuk SD kayaknya…..

Sudah lama tidak posting, bukan mati kreatifitas sih, cuma karena banyak aktifitas offline yang mesti diselesaikan pada bulan-bulan ini. Kadang mesti begadang sampai larut pagi nginput data, update data, dan banyak hal yang berurusan dengan data. Belum tugas rutin menemani belajar siswa di Lab. Ketika senggang mesti menemani Kayla anak pertamaku yang lagi lucu-lucunya.

Manu menulis apa? Sebenarnya banyak hal yang ingin ditulis, tapi kalau sekedar menulis dan materi yang ditulis itu tidak ada manfaatnya untuk pembaca rasanya mubazir aja, hanya memenuhi direktori WP aja.

Bulan ini aku mengerjakan apa? Pertama aku mengerjakan tugas rutinku menemani belajar siswa di Lab. Siswa Sekolah Dasar sih, jadi aku cuma menemani mereka mengenal Teknologi Informasi, seperti mengenal perangkat komputer, mengenal internet, dan media informasi yang familiar buat mereka, panduannya ya kurikulum Diknas, Kurikulum JSIT, dan modul yang aku buat. Aku mengajar kelas 3, 4, 5 dan 6 untuk mata pelajaran TIK. Minggu kemarin aku mengajak siswa ku untuk mengenal perangkat keras komputer, sederhana saja sih mereka cuma mengetahui nama-nama perangkat keras komputer tersebut berikut fungsinya ( tentu fungsi secara umum, tidak detail seperti yang aku pelajari di bangku kuliah).

Sebetulnya materi tersebut tidak ada dalam kurikulum, tapi melengkapi pengetahuan anak-anak sedari dini akan lebih baik tentunya. Mereka toh tiap hari akrab dengan benda-benda tersebut, jadi alangkah naifnya mereka jika tiap hari bersentuhan dengan perangkat komputer tapi tidak mengetahui fungsi dari masing-masing perangkat tersebut.

Untuk apa sih anak SD mengenal perangkat komputer dan fungsinya?

Pertanyaan seperti itu lumrah saja, banyak yang beralasan masih terlalu dini, dan anak-anak belum saatnya menerima pelajaran seperti itu, ketinggian materinya, atau kan tidak ada di kurikulum. Semua alasan itu mungkin benar. Tapi apa bedanya mengenalkan pendidikan Sex sejak dini kepada anak-anak? Toh mengenalkan perangkat keras atau lunak lengkap dengan fungsinya akan lebih baik untuk perbendaharaan pengetahuan anak-anak tentang IT, ketimbang mengenalkan pendidikan SEX sejak dini yang alih-alih mendidik anak tentang pengetahuan tersebut malah memancing imajinasi anak terhadap hal-hal yang seronok.

Berdasarkan pengalaman selama mengajar TIK di Sekolah Dasar, ada beberapa keuntungan mengenalkan perangkat keras atau lunak kepada anak sejak dini:

  1. Siswa memiliki pengetahuan lebih tentang perangkat keras / lunak komputer dibanding anak-anak lain yang tidak belajar mengenai perangkat tersebut
  2. Siswa tidak gaptek ( gagap teknologi)
  3. Siswa jadi mengetahui perangkat keras komputer dan fungsinya
  4. Siswa lebih menghargai terhadap komponen perangkat keras komputer, tidak asal pake dan menjadi lebih hati-hati dalam menggunakannya
  5. Siswa akan terbiasa dengan istilah-istilah dalam TIK, seperti software, hardwere, memory, hardisk, dan lainnya
  6. Keamanan, karena sudah memahami masing-masing fungsi dari perangkat keras komputer maka siswa lebih berhati-hati saat berinteraksi dengan perangkat tersebut
  7. Guru lebih mudah dalam proses pembelajaran, tidak “kikuk” hanya karena ada istilah-istilah yang berhubungan dengan perangkat keras komputer seperti hardwere, software, dan lainnya.

Alasan-alasan tersebutlah mengapa minggu kemarin aku berinisiatif memberi sedikit pengetahuan tentang perangkat keras kepad siswaku yang masih lucu-lucu. Hal lain yang aku kerjakan yaitu membuat Modul Pembelajaran TIK. Modul tersebut menjadi panduan belajar siswa baik ketika di Lab atau ketika belajar di rumah. Dengan modul tersebut diharapkan ada penghubung antara guru dengan orang tua dalam proses pembelajaran TIK , maksudnya ketika di Sekolah waktu belajar dan fasilitasnya belum maksimal, orang tua siswa diharapkan dapat memaksimalkannya di rumah sehingga terjadi simbiosis mutualisme ( kerjasama yang saling menguntungkan).

Modul Pembelajaran TIK untuk SD:

Modul pembelajaran yang sudah aku selesaikan dan sudah dibagikan, dan sudah di praktikan pada setiap pertemuan di Sekolah Dasar tempat aku mengajar terdiri dari 4 Modul Pembelajaran TIK, masing-masing untuk Kelas 3, 4, 5 dan Kelas 6 Sekolah Dasar.

  1. Panduan Belajar/Modul Teknologi & Informasi: ” Belajar Menggunakan Komputer dengan Paint & WordPad”, Untuk kelas 3 SD.Modul ini dibuat khusus untuk kelas 3 Sekolah Dasar, materi yang disampaikan seputar penggunaan program aflikasi Paint. Lebih kepada penggunaan tool dan mewarnai, membuat bentuk-bentuk vektor, menggambar. Dan penggunaan aflikasi Wordpad untuk mengetik, pada materi ini lebih kepada bagaimana menggunakan keyboard ( mengetik dengan benar), menggerakan mouse, dan menulis sederhana.
  2. Panduan Belajar/Modul Teknologi & Informasi: ” Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata”, Untuk kelas 4 SD.Modul ini berisi materi penggunaan perangkat lunak pengolah kata (Word Processor) dengan aflikasi Microsoft Word 2007, mulai dari pengenalan perangkat keras secara umum, pengenalan menu dan ribbon, sampai kepada langkah-langkah praktis menggunakan menu dan ribbon MS. Word 2007. Modul ini dilengkapi dengan Latihan-latihan, serta dilengkapi dengan tugas mandiri siswa dalam bentuk proyek.
  3. Panduan Belajar/Modul Teknologi & Informasi: ” Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka”, Untuk kelas 5 SD.Modul ini berisi materi penggunaan perangkat lunak pengolah angka, dengan aflikasi Microsoft Excel 2007. Seperti pengenalan menu dan ribbon, langkah-langkah praktis menggunakan menu dan ribbon, latihan serta proyek siswa.
  4. Panduan Belajar/Modul Teknologi & Informasi: ” Menggunakan Perangkat Lunak Untuk Persentasi”, Untuk kelas 6 SD.Modul ini berisi materi mengenai pengenalan ribbon & menu Microsoft Powerpoint 2007, langkah-langkah praktis menggunakan ribbon & menu Microsoft Powerpoint 2007, latihan-latihan dan proyek siswa.

Keempat modul tersebut sangat berguna dalam proses pembelajaran TIK, terutama ketika praktik ataupun ketika hanya penyampaian teori di kelas. Modul-modul tersebut bisa pembaca dapatkan secara gratis. Tapi kalau mau menyumbang untuk mengganti kopi sama kreatifitas penulis silahkan transfer saja ya!


Untuk pemesanan:

Silahkan konfirmasi via e-mail ke: mulyaditenjo@gmail.com

4 Komentar to “Mau menulis apa? Menulis Modul Komputer Untuk SD kayaknya…..”

  1. Ass….kapan bisa saya download modul-modulnya….saya tertarik dengan modul sodara….thank’s sebelumnya.

  2. Makasih jg sebelumnya sudah berkunjung ke Blog saya. Untuk beberapa modul tdk sy share free downloadnya, jika tertarik silahkan kirim permintaan ke e-mail: mulyaditenjo@gmail.com

  3. untuk kurikulumnya sendiri gimana?

  4. mau dong mas modulnya, bingung nih ngajar anak sd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: