“Black Screen” dari Microsoft

“Black Screen of Death, “Layar hitam komputer dan hang”

Berita mengenai security update dari Microsoft pada bulan November lalu yang dituding sebagai penyebab “black screen” atau “Black Screen of Death” atau “Blsod” belakangan dibantah oleh pihak microsoft sendiri. Security update yang disinyalir sebagaai penyebab “black screen” yakni security update dengan kode KB915597 dan KB976098.

Pengguna OS keluaran Microsoft diseluruh dunia tentu khawatir dengan berita tersebut. Dan kenyataanya “black screen” sudah menulari komputer dengan OS WIndows saat ini. Sudah banyak laporan mengenai kejadian yang menyebabkan layar komputer menjadi hitam. Walau pihak Microsoft sendiri membantahnya dan menganggap laporan-laporan tersebut tidak akurat.

“Perusahaan mendapati bahwa laporan-laporan ini tidak akurat. Selain itu, investigasi komprehensif kami memperlihatkan bahwa tidak ada update dari rilisan terbaru yang terkait dengan ulah seperti yang dijelaskan dalam laporan-laporan tersebut.”

Laporan yang dirujuk oleh Budd berasal dari posting blog oleh vendor berbasis security Prevx yang mengatakan bahwa update terbaru Windows mengubah entri access control list (ACL) di registry. Hal ini mencegah beberapa software yang sudah ter-instal berjalan dengan baik sehingga, seperti dikatakan Prevx, hal ini menghasilkan layar hitam yang kadang-kadang dijuluki “Black Screen of Death”.

Sejak laporan awal tersebut, Prevx telah menyebutkan bahwa sepasang updatesatu di akhir November dan satu lagi pada Juli lalusebagai penyebab layar hitam. “Layar hitam itu benar-benar terpicu spasmodic (kejadian tiba-tiba),” aku Dave Kennerley dari tim support Prevx dalam update terhadap posting blog-nya.dikutip dari:http://tekno.kompas.com/read/2009/12/03/10085224/Microsoft.Bantah.Sebabkan.Black.Screen.of.Death

Untuk berita lebih lengkap silahkan baca di: http://tekno.kompas.com/read/2009/12/03/10085224/Microsoft.Bantah.Sebabkan.Black.Screen.of.Death dan http://www.pcworld.com/article/183440/windows_black_screen_of_death_what_you_need_to_know.html

“Black screen” memang sangat mengganggu. Tiba-tiba layar monitor kita jadi hitam dan ngehang, beberapa instalan komputer pun jadi terganggu. Layar hitam terebut sangat sulit untuk dinormalkan ke tampilan layar default.

Layar hitam dan bagaimana mengatasinya?

Layar hitam yang biasa menimpa komputer lantaran OS yang digunakan adalah OS non Ori alias bajakan, atau belum diaktivasi, dan ketika online OS tersebut meng-update sendiri systemnya.Update tersebut sebetulnya sangat berguna, akan tetapi terkadang terlalu banyak dan menyebabkan penumpukan aplikasi, karena updetan tersebut juga merupakan aplikasi, semakin sering update semakin menumpuk pula aplikasi dalam memory komputer yang pada akhirnya membuat kinerja komputer jadi lambat. Disamping penumpukan aplikasi, terkadang ada security yang bermaslah seperti yang diungkapkan diatas. Layar hitam biasanya disertai dengan warning dari WGA atau Windows Genune Advantage yang kerap muncul setiap kali komputer pertamakali Startup.

Untuk masalah tersebut kita bisa mengatasinya dengan menggunakan software aflikasi dan cara manual. Cara-cara tersebut banyak ditulis rekan blogger dan penulis mengambilnya sebagai bahan referensi ( cara tersebut telah penulis praktikan, karena penulis juga pernah mengalami kejadian tersebut).

Untuk menghilangkan warning Windows Genune Advantage (WGA), setelah melalui penelusuran artikel yang banyak ditulis rekan blogger dan penulis mencobanya penulis memilih aplikasi berikut:

RemoveWAT v2.2.5.2

Aplikasi tersebut terbukti mampu menghilangkan warning WGA dikomputer penulis, selain aplikasi tadi sebetulnya banyak pula aplikasi lainnya seperti WGA Remover, dan lin sebagainya.

Untuk mengembalikan layar komputer yang hitam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: