Mengajarkan MS.Excel kepada anak SD

Belajar bareng dengan anak usia sekolah dasar; mengenalkan aplikasi pengolah angka dengan konsep sederhana.

Mengenalkan rumus-rumus dalam microsoft excel kepada anak SD kelas 5.

Teknologi informasi memang sudah bagian dari kehidupan anak-anak Indonesia sekarang ini. Perangkat pintar semacam komputer sudah bukan lagi barang istimewa yang hanya mampu dimiliki kasta-kasta tertentu, tapi sudah menjadi hiasan dipojokan ruangan kelas, lab.komputer, atau bahkan ditaman-taman bacaan semacam perpustakaan sekolah, dan dipojokan ruang rumah tentunya.

Anak Indonsesia sudah tidak canggung lagi membuka aplikasi-aplikasi yang tersedia dalam komputer yang mereka temui, terlebih aplikasi yang familiar dan mereka sukai, seperti game misalnya.

Di setiap Sekolah juga disiapkan mata pelajaran TIK, walau menurut penulis mata pelajaran tersebut terlalu luas dan susah dijelaskan sasaran dan ukuran ketercapaiannya tapi setidaknya TIK sudah menjadi bagian dari pergaulan anak-anak Indonesia saat ini.

Fokus pada judul tulisan ini, penulis ingin berbagi pengalaman bagaimana anak Indonesia sangat welcome terhadap pelajaran TIK, dan mereka cenderung epat bisa. Penulis kebetulan bergaul dengan anak SD di sebuah SD Swasta di pojokan Kab.Bogor, dan kelas 5 menjadi fokus materi yang akan penulis ceritakan. Microsoft Excel merupakan penghubung antara penulis (sebagai instruktur) dan siswa (sebagai subyek).

Pertemuan pertama:
pada pertemuan pertama penulis bagi kedalam bebrapa sesi pertemuan, sesi ini penulis fokus pada pengenalan jendela kerja, dan penulis tidak pernah membaptish anak dengan aplikasi yang digunakan, penulis tidak mendiskriminasikan macam-macam aplikasi misal versi seperti Excel 2003, 20007, atau 2010, atau dari OS legal seperti spreadsheet nya Open Office, dan lainnya. sebab kesemuanya nyaris memiliki fungsi yang sama, sekalipun tool dan ikon dari jendela kerja apliksai tersebut berbeda, toh yang ingin coba penulis ajarkan bukan mempromosikan suatu aplikasi pengolah angka dari label tertentu. Yang ingin penulis ajarkan adalah cara kerja dan bagaimana menyelesaiakn suatu perintah dengan perangkat lunak pengolah angka, dan kebetulan Excel yang sering anak-anak temui.

Pertemuan kedua: pertemuan ini juga dibagi kedalam banyak sesi, sesuai materi yang akan dijelaskan, dan diuji coba bareng anak-anak. penulis memberikan contoh-contoh rumus untuk menyelesaikan suatu perintah dalam microsoft excel, seperti rumus pangkat,tambah,bagi dan kurang. setelanya rumus yang sedikit lebih seru, seperti rumus untuk menyelesaikan soal-soal logika, dan statistik sederhana. tentu rumus-rumus trsebut tidak dijelaskan secara horor, toh anak-anak sangat anti sesuatu yang horor, dan biasanya malas mengerjakan kalau tidak ada unsur game nya. maka kita buat konsep menerangkan rumus tersebut dengan game. ada banyak penyedia jasa game edukasi yang bisa diunduh secara gratis untuk media pembelajaran ini, tapi biar seru buat sendiri game nya, ya yang sederhana saja dan itu dioperasikan di aplikasi yang sedang dipelajari juga tentunya.

Pertemuan ketiga: pertemuan ini merupakan pertemuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan anak menerima materi yang telah diajarkan, sekaligus koreksi pada pertemuan sebelumnya, pertemuan dua dan pertemuan satu. pertemuan ini cukup dibuat sesi pendek saja, karena hanya untuk mengetahui ketercapaian materi pada sesi sebellumnya.

Pertemuan ke empat: pertemuan keempat merupakan pertemuan seleksi, yakni mengklasifikasikan antara anak yang mampu menerima dan mampu menyelesaikan sesi di pertemuan ketiga, dengan anak yang kurang dan tidak mampu menyelesaikan sesi dipertemuan ketiga. setelah diketahui dan diklasifikasikan, selanjutnya dibuat “upgrade” untuk anak yang tidak mampu menyelesaikan sesi dipertemuan ketiga tersebut.

Pertemuan kelima: pertemuan kelima merupakan pertemuan terakhir dari keseleuruhan konsep pembelajaran selama kurang lebih satu semester, pertemuan ini merupakan pertemuan “pemaksaan”. pada pertemuan ini semua anak harus bisa, dan mampu menggunakan perangkat excel sesuai materi yang telah diajarkan. semua anak harus bisa.

Dowload: https://tenjocity.wordpress.com/kliping-toolkit/tutorial-dan-panduan-mengajar-powerpoint-2007-untuk-sd/

One Comment to “Mengajarkan MS.Excel kepada anak SD”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: