Sarjana Komputer di Sekolah Dasar: salah tempat atau tidak?

Jika kita bertanya tentang tepatkah seorang sarjana komputer berada di lingkunan sekolah dasar, sebagai seorang pengajar TIK misalnya? spontan kita akan menjawab tidak (terutama;saya)!
lalu pertanyaan berikutnya; Apakah salah seorang sarjana komputer mengajar TIK di sekolah dasar? untuk pertanyan ini kita tentu akan menjawab bijak, tidak salah!

Dua pertanyaan tersebut mempunyai jawaban yang bebeda sekalipun sepintas tujuan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sama, yaitu mempertanyakan eksitensi kesarjanaan seorang sarjana komputer di sekolah dasar. Tepatkah seorang sarjana komputer hanya menjadi pengajar TIK di sekolah dasar?

Jika kita melihat apa yang dipelajari seorang sarjana di bangku kuliahnya tentu selalu saja ada keterkaitan antara ilmu yang di pelajari dengan implementasinya. Mengaar TIK sepintas ada keterkaitan, setidaknya medianya Komputer yang di ajarkan adalah materi tentang komputer. Namun apakah bobot materi TIK tingkat SD “mecing” dengan empat tahun mempelajari source code bahasa pemrograman, atau teknik komputer lainnya. Memang tidak selalu harus “mecing” antara ilmu yang dipelajari dengan profesi yang digeluti. Tapi mengajar TIK di sekolah dasar seorang non sarjana komputerpun rasanya tidak akan kesulitan, maengingaat materi yang di ajarkan sebatas pengenaan perangkat dan aflikasi komputer saja, dan untuk materi seperti itu tidak perlu memiliki spesifikasi kesarjanaan khusus di bidag komputer bagi pengajarnya.

Lalu apakah salah jika sarjana komputer mengajar sekolah dasar?
Tidak salah memang seorang sarjana komputer mengajar di sekolah dasar, terlebih jika nilai-nilai pengabdian yang di kedepankan. Banyak alasan mengapa banyak sarjana komputer memilih mengajar di sekolah dasar, mungkin lantaran “kesasar” lantaran sulitnya mencari kerja yang sesuai dengan bidangnya, atau mungkin ada target jadi pegawai negeri sipil dan dengan merintisnya di sekolah dasar katanya kemungkinannya besar (ada-ada saja….).

Memang source code yang di pelajari di bangku kuliah tidak mungkin di ajarkan ke anak didik di sekolah dasar, karena bukan tingkatannya (kecuali di luar negeri. Tapi tidak menutup kemungkinan aktifitas menulis coding tetap berjalan sekalipun bidang pekerjaan di sekolah dasar tidak menuntutnya.B\

Bersambung….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: