Menjadi guru kreatif dengan berselancar di internet

Guru kretatif? mungkin belakangan istilah tersebut lazim terdengar ditelinga insan pendidikan di Indonesia, sehubungan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Guru dituntut kreatif (walau pada dasarnya seorang guru memang smestinya kreatif) bisa menciptakan terobosan-terobosan baru dalam hal pembelajaran. Seorang guru dituntut bisa menciptakan suasana belajar menyenangakan dan tidak monoton pada metode klasik saja. Maka bermunculanlah metode-metode pengajaran terbarukan dengan perangkat bantu terbarukan, seperti perangkat multimedia dan lainnya.

Nah, berikut mungkin sedikit banyak bisa menjadi referensi awal bagi pembaca sekalian yang tertarik dan ingin menjadi guru, atau mungkin sudah menjadi guru dang ingin menjadi guru kreatif.

Menjadi kreatif itu sebetulnya tidak susah, asal tidak malas. Menurut penulis; kreatif tidak perlu latar belakang pendidikan mumpuni dengan label kampus kelas satu misalnya yang paling penting mau mencari, bertanya, mencoba, dan menciptakan.

Internet menjadi sumber Kreatifitas

Jika bicara Internet jangan pikirkan seberapa banyak informasi itu ada, tapi seberapa kuat kita menampung Informasi tersebut, dan tentunya seberapa besar manfaat yang bisa kita peroleh dari informasi-informasi tersebut.

Bagi seorang guru menemukan informasi tentang metode mengajar menyenangkan pasti informasi tersebutlah yang paling berharga ketimbang informasi cara membuat bom, membuaat program aflikasi atau informasi Gadget terbaru sekalipun (kecuali guru genit). Berikut beberapa hal menarik yang coba penulis bagi:

Metode mengajar kreatif dengan Perangkat Multi Media

Yang di perlukan:

  • Siapkan RPP terlebih dahulu buat mengajar esok hari
  • Lihat Kompetensi Dasar (KD) yang akan disajikan
  • Berapa Indikator yang akan disajikan
  • Lihat alokasi waktu (Jumlah alokasi waktu dibagi tiga; kegiatan awal, inti dan closing)
  • Siapkan ide
  • Siapkan catatan kecil atau rangkuman skenario yang akan disajukan dalam pembelajaran
  • Lihat index nilai siswa anda, klasifikasikan dan pikirkan apakah skenario yang akan anda pakai cocok dengan keseluruhan siswa anda
  • Pikirkan juga aspek psikologis siswa anda; apakah semuanya siap dengan skenario yang akan anda pakai
  • Siapkan perangkat multimedia (sesuai dengan kebutuhan)

Persiapan: Siapkan RPP

Biasanya RPP dibuat setelah selesai mengajar untuk persiapan mengajar esok hari, tapi kadang ada yang menyiapkan RPP jauh sebelumnya yang dibuat satu buku. Terserah itu tergantung kebiasaan individu guru masing-masing.

Untuk pembuatan RPP jika masih kesulitan buka saja Google dengan kata kunci RPP atau kata kunci lainnya yang berasosiasi sama. Tapi jangan serampangan langsung ambil saja macam RPP tersebut, seleksi terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak. sebab banya RPP yang disajikan tidak sesuai karena setiap sekolah memiliki ciri khas dan kebiasaan yang berbeda dalam instruksi pembuatan RPP kepada staf pengajarnya.Atau kadang yang menulisnya bukanlah seorang guru tapi blogger yang sekedar ingin meramaikan tulisan blognya saja.

Berikut beberapa url yang menyajikan informasi seputar RPP:

-SD: http://syadiashare.com/download-silabus-dan-rpp-ktsp-sd.html -SLTP: http://syadiashare.com/download-silabus-dan-rpp-ktsp-smp.html -SMP: http://syadiashare.com/download-silabus-dan-rpp-ktsp-sma-2.html Lihat Kompetensi Dasar (KD) yang akan disajikan: bersambung…

Bersambung..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: