Membuat sistem informasi sekolah berbasis blog

Informasi saat ini menjadi sebuah daya tawar jika mampu dikemas dengan baik dan menarik. Sebuah informasi bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi yang menproklamirkannya ke khalayak ramai jika informasi tersebut berharga bagi orang lain dan ada nilai tersendiri disamping manfaatnya tentunya. Tentu informasi tersebut bukanlah informasi yang dapat merugikan orangl ain, jika ingin informasi yang disampaikan mendapat respon positif dari khalayak.

Penulis sangat intens terhadap sesuatu yang berhubungan sekolah, mungkin lantaran penulis berada dilingkungan tersebut. Sekolah saat ini memang perlu mempublikasikan apapun yang dikerjakannya sejauh itu positif bagi eksitensinya. Prestasi sekolah, kegiatan siswa, dan hal apapun yang berhubungan dengan kegiatan sekolah memang pantas untuk dilempar keluar, sebab dengan mempublikasikan segala bentuk kegiatan secara langsung telah membuka akses bagi entitas luar.

Mungkin saja entitas luar itu adalah pihak pemerintah yang tengah mencari sekolah-sekolah tertentu untuk suaatu even, bahkan mungkin sumbangan untuk proyek tertentu. Atau bisa saja pihak swasta yang mempunyai kepedulian khusus terhadap perkembangan pendidikan untuk diberi dana segar dan lainnya.

Nah sarana untuk menyampaikan informasi itu salah satunya dengan Website.

Namun untuk membuat sebuah website terkadang pihak skolah berpikir beberapa kali sebelum akhirnya mengatakan “ya!” atau “Tidak!”. Memang Website masih terkesan “ekslusif” untuk beberapa lembaga pendidikan saat ini terutama lembaga pendidikan negeri dipinggiran kota dan lembaga pendidikan swasta yang nasibnya “antara hidup dan mati.” Mereka beranggapan Website itu mahal, belum perlu dan lebih parah lagi mengatakan tidak penting. Tapi selain itu masih yang menganggap website itu perlu tetapi mereka mengatakan “Uang dari mana?” belum selesai disitu mereka juga mengaatakan “Nggak ngerti makenya!.”

Nah untuk Mereka yang menganngap Website itu perlu namun urung membuatnya lantaran alasan-alasan klasikal tersebut penulis mencoba memberikan sedikit pengetahuan tentang cara membuat website yang murah dan gratis. Tentu ada penyiasatan-penyiasatan, seperti penggunaan domain, hosting, desain, dan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan website murah tersebut.

Pertama; yang akan kita buat adalah sebuah website untuk sekolah dengan tingkatan masing-masing ( SD,SMP,SMU,dst). selanjutnya kita sebut Sistem Informasi Sekolah.

Untuk itu kita persiapkan beberapa tahapan diantaranya, tahap menganalisa apa saja sih sistem yang akan kita buat tentu mengacu pada analisa awal dari sistem yang tengah berjalan di Sekolah, misalnya dari mulai Penerimaan Siswa Baru ( dari mulai pendaftaran,terima dan isi form,jadwal test,konfirmasi hasil test, dan seterusnya sesuai proses Penerimaan Siswa Baru yang ada). Penilaian (proses penilaian dengan berbagai kriteria sampai siswa memperoleh laporan hasil belajar), Penjadwalan (jadwal pelajaran, jadwal mengajar guru, kelas), dan lainnya yang semuanya diakumulasi oleh beberapa entitas seperti wali siswa, siswa, guru, wali kelas, kepala sekolah, diknas, komite, yayasan (atau manajemen). Rumit ya? biar tidak terlalu rumit dan mudah dipahami oleh siapapun terutama para guru, penulis akan menyederhanakan struktur alur sistem tersebut.

Kita buat sebuah alur sistem sangat sangat sederhana saja, kita tak perlu membuat sebuah Contex diagram atau case tool lainnya, sebab yang akan kita buat adalah informasinya saja jadi tak ada proses arus data, jadi prosesnya manual tapi outputnya kita online-kan.

Misal, untuk PSB kita tak perlu membuat sistem terkomputerisasi menggunakan pemrograman tertentu, cukup hasilnya saja yang kita plot kedalam Web blog sebagai output, soal prosesnya kita gunakan MS Word atau Excell. Bagtupun dengan proses pengolahan data nilai, data siswa, penjadwlan, dan lainnya kita gunakan saj MS Excell.

Tahap berikutnya adalah mulai mempersiapkan material, diantaranya:

1. Untuk membuat Blog kita memerlukan apa saja?

-Diantaranya, kita harus mempunyai account e-mail, untuk itu kita pilih yahoo.com jika blog yang akan kita gunakan adalah wordpress

-Fasilitas Blog apa yang akan kita gunakan, tentu kita harus memikirkan kelebihan dan kekurangan dari masing2 vendor blog gratisan tersebut. apakah kita akan memilih Blogspot dengan kedinamisannya, atau menggunakan WordPress dengan kesederhanaan dan usability nya. atau pilihan lain seperti Webnode, Google site, dan lainnya.

-Dimanakah kita nantinya akan menyimpan file-file (hosting) yanga akan ditampilkan pada blog. Banyak sekali hosting gratisan yang bisa gunakan diantaranya Ziddu.com, Filedropper, Fileqube, MyFreeFileHosting, FileFactory, Easyshare, dan masih banyak lagi. kita pun mesti mempertimbangkan keamanan file kita pada masing-masing vendor hosting gratisan tersbut, karena file data kita tentunya merupakan arsip informasi yang sangat dijaga kerahasaiaannya.

-Conten atau isi, atau kumpulan file-file data yang sebelumnya sudah kita persiapkan. Jangan lupa untuk mengkonvertnya ke bentuk PDF jika data tersebut berupa TEXT. COntent yang telah dipersiapkan terlebih dahulu akan membuat Webblog menjadi benar2 berisi, sebab kadang banyak orang yang memaksakan membuat Webblog terlebih dahulu tanpa mempersiapkan Conten2 apa saja yang akan di terbitkan dalam Blognya, sehingga pada akhirnya Blog yang dibuat tersebut cuma menjadi sampah Google. Comten disini bisa berupa data text (tulisan), data image (gambar)misalkan photo2 kegiatan sekolah atau kegiatan penting lainnya yang diabadikan dalam sebuah gambar. Selain data text atau data image kita juga bisa menyiapkan data dalam bentuk video, clipt art, atau animasi2 sederhana dan lainnya, tak lupa menyiapkan beberapa banner sekolah kita sebagai sarana promosi lainnya.Buatlah kumpulan data-data tersebut dalam sekumpulan direktori dengan label yang masing-masing mewakili isi dari direktori tersebut.

-Templatte atau tema atau desain Blog juga perlu diperhatikan sebab templatte blog kita mewakili karakter yang diwakili, misalnya Sekolah yang dibuatkan Blog adalah Sekolah dengan berbasis Islam atau keagamaan lainnya buat templatte yang menggambarkan ciri2 keislamannya, atau lain sebagainya. template2 tersebut bisa diunduh gratisan di mesin pencari seperti Google, atau kunjungi Tutorial Blogger pada halaman Blog ini.

2. Mulai mendaftar pada penyedia layanan Blog gratisan

Kita bisa memilih banyak  penyedia layanan Blog gratisan, diantaranya:

– WordPress.com yang dapat anda kunjungi pada url: http://wordpress.com, atau http://wordpress.org

Sebelum membahas bagaimana cara atau hal apa saja yang harus kita lakukan untuk memperoleh akses Blog gratisan, terlebih dahulu penulis akan menceritakan kelebihan dan kekurangan dari layanan Blog gratisan yang satu ini. Sebetulnya dalam setiap layanan Blog gratisan tak ada kekurangannya, karena semuanya kita menggunakannya secara gratisan, yang kita bicarakan lebih tepat kemudahan menggunakan tool2 misalnya pada Dashboard, pengaturan, posting, penulisan, dan lain sebagainya, atau orang sering menyebutnya fleksibilitas, kedinamisan.

Pada WordPress semua ditampilkan secara sederhana dan penulis yakin tidak menyulitkan penggunanya, lantaran kemudahan-kemudahan itu wordpress mendapat tempat tersendiri dihati pengemar panatiknya.  Sesuatu yang sederhana pastilah memudahkan, dan sesuatu yang sederhana tersebut bukan berarti tidak canggih.

Langkah2 mendaftar WordPress:

Untuk mengetahui langkah-langkah mendaftar account wordpress, sampai bagaimana mengatur halaman, editing penulisan, poeting dan sampai ke bagaimana mengenalkan alamat url dari web sekolah yang sudah dibuat ke mesin pencari silahkan klik disini

bersambung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: