Membuat situs dengan Google Site

Membuat situs Sekolah dengan Google site

Google memang baik. Kali ini kita akan memanfaatkan kebaikan Google tersebut untuk membuat sebuah situs gratisan yang cukup menarik.

Membuat situs sekarang bukan lagi urusan orang-orang yang yang memiliki kemampuan dibidang pemrograman yang harus menguras keterampilan dalam penguasaan sintaks dan bahasa pemrograman berbasis web. Banyak layanan CMS yang menyulap banyak orang “tiba-tiba” menjadi Webmaster atau minimal administrator dari situs yang dibuatnya sendiri. Sebut saja WordPress yang makin hari makin banyak saja pengguna panatiknya, Joomla, ada Webnode.com dan lain sebagainya. Dengan tanpa harus petekilan bersusah-susah membuat tampilan sebuah halaman Web sekarang anda pun bisa.

Google Site

Nah layanan produk Google.com ini bisa dijadikan pilihan dalam membuat tampilan halaman web secara mudah.  nah untuk Sekolah-sekolah yang belum memiliki situs untuk mempublikasikan setiap informasi dan kegiatan sekolahnya layanan Google site ini penulis pikir cukup bagus untuk coba digunakan.

Langkah pertama untuk menggunakan layanan Google site ini adalah; kita mesti memiliki Account Google terlebih dahulu. Buat saja caranya mudah kok, tinggal Klik Google.com dan pilih Gmail. Membuat account Google adalah tidak lain membuat alamat e-mail anda. jadi jika anda sudah punya e-mail yang menggunakan layanan Gmail, maka secara otomatis anda telah memiliki account google.

Langkah berikutnya; isi semua form isian yang diminta untuk diisi oleh anda, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin dan seterusnya. Setelah pengisian form tersebut selesai dan tidak ada masalah maka alamat e-mail anda sudah bisa digunakan. Nah alamat e-mail ini yang nantinya menjadi account google anda yang bisa digunakan untuk berbagai produk layanan Google, seperti Google site ini.

Langkah berikutnya penulis anggap Account google anda telah aktif dan sudah bisa digunakan. Masuklah keacount gogle anda atau jelasnya masuk ke account e-mail anda yang mengunakan layanan gmail. Setelah anda berada didalam dashboard e-mail anda, pilih lah kat site. seperti ditunjukan pada gambar berikut

Setelah itu anda akan dibawa kealamat google site, dan diminta untuk mengisi kata sandi account goole anda. setealh diisi nantinya anda akan diminta untuk mengisi alamat site anda berikut template yang anda inginkan, masukan beberapa karaketer yang diminta tekan tombol save dan sebuah situs pun sudah anda miliki. selanjutnya anda tinggal mengelolanya.

Selamat mencoba

3 Komentar to “Membuat situs dengan Google Site”

  1. Memang serba mudah dengan google, lw ada sekolah yang g punya situs terlalu bangets ya mas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: