Ketika anda takut untuk menulis

Blog membawa banyak manpaat untuk perkembangan informasi. dengan blog banyak interaksi literasi antara satu pendapat dengan pendapat lainnya dalam wahana maya tanpa batas. tanpa sekat sistematika pengekangan kebebasan menulis, tanpa aturan baku yang membuat kreativitas jadi tak bebaas.

Blog memberikan kemudahan untuk anda menjadi apapun, menjadi penulis, menjadi desainer, menjadi photografi, menjadi motivator, dan entah menjadi apalagi sesuai yang anda inginkan. dan itu bisa anda lakukan.

Tapi masalahnya terkadang kita merasa di batasi oleh ketakutan sendiri, di batasi oleh perasaan tak bisa, di batasi oleh anggapan kitidak pantasan akan diri kita dan ketakutan akan hal-hal horor lainnya yang menghantui kebebasan ekspresi kita. padahal kita mahluk yang diciptakan punya kreativitas sendiri-sendiri dan gaya dan model sendiri-sendiri.

Berikut ini adalah beberapa perspektif penulis tentang cara mengatasi ketakutan-ketakutan tersebut:

Apakah anda tak percaya diri untuk menuliskan ide anda?
Jika pertanyaan seperti itu tak pernah anda jawab dengan karya anda, maka selamanya anda akan menjadi mahluk yang tak mempunyai keberanian untuk menuliskan ide-ide anda. terkadang ada banyak ide yang ingin kita tulis, tapi pada saat yang bersamaan kita merasa tak bisa, dan kita pun urung menuliskannya. atau kita memaksakan untuk menuliskan ide tersebut, tapi setelah mengakhiri tulisan tiba-tiba kita menghapusnya lantaran merasa tulisan kita tak enak di baca, tak relevan dengan kondisi, atau alasan-alasan lainnya. sehingga kita pada kahirnya hanya menyimpan ide-ide kita dalam ingatan kita, lalu seiring berjalannya waktu ide-ide tersebut hilang di telan penyakit lupa.

Padahal ide adalah harta yang berharga, yang belum tentu harta tersebut datang lagi di lain waktu. ide ibarat harta karun berupa berlian yang kita temukan secara tiba-tiba ketika kita menggali tanah untuk spiteng di belakang rumah kita, siapa nyangka kita akan menemukan harta bukan?
Tapi ketika harta yang kita temukan tersebut tidak kita simpan dengan baik pada saku pakaian kita, bisa saja harta karun tersebut mungkin kembali hilang terkubur bersama tumpukan tanah sisa galian.

Bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan gagasan atau cita-cita. Ide dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya: ide tentang sendok, muncul dalam bentuk sendok yang utuh di pikiran. Selama ide belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran.
Wikipedia=2010:http://id.wikipedia.org/wiki/IDE

Bayangkan jika ide yang brilian tidak kita tuangkan dalam tulisan, alangkah ruginya Tuhan memberikan kemampuan berpikir terhadap kita.

Berikut adalah bagaimana membangun kepercayaan diri kita untuk menuangkan ide-ide kita dalam lembaran halaman Blog kita:

Jangan pikirkan apa yang mungkin di pikirkan orang lain

Berbuatlah bebas, sebebas burung terbang di langit yang cerah. terbanglah tinggi setinggi-tingginya jangan pedulikan kita mahluk bumi yang takut ketinggian. artinya bebaslah dengan segala keinginan untuk menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran anda, tuliskan pada halaman Blog anda satu paragraf dua paragraf, perlahan atau cepat tergantung mut anda untuk mengeluarkan segala yang ada dalam pikiran anda. menulislah seolah anda adalah penulis profesional yang terbiasa dengan kosa-kata dan kalimat, gaya bahasa dan kaidah penulisan dalam aturan anda sendiri, bukan berdasar aturan yang pernah anda pelajari di bangku sekolah tentang pelajaran menulis.

Bekerjalah untuk menyelesaikan satu kesimpulan akhir yang menurut anda menarik tentang ide yang menurut anda hebat. jangan berhenti sebelum satu titik kesimpulan yang membuat hati anda lega.

Jangan membandingkan cara menulis anda dengan teman anda, saudara anda, guru anda, atau bahkan Novelis-Novelis paforit anda. cuek saja, anggap mereka tak lebih hebat dari anda cuma keberuntungan dan waktu yang tepat saja yang membuat mereka sukses. anggap diri anda penulis hebat, kolumnis beken, atau apapun dalam imajinasi anda yang membuat anda terbang tinggi dan menjadi ringan saja ketika mebuliskan ide anda.

Tulisan selanjutnya:
Tips menulis dalam Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: