Perspektif Password

Password=Pak Satpam

Sebel,jengkel,ngomel-ngomel, dan entah ekspresi apalagi ketika tiba-tiba Acount Facebook kita tiba-tiba tidak bisa dibuka. trus tiba-tiba phot profil kita sudah berubah dengan gambar artis terkenal misalnya, dan wall pada status kita berisi kata-kata hunoris yang tidak lucu.

Nah, itu satu contoh kecil betapa “tidak menyenangkannya” ketika sesuatu yang menjadi milik kita di di internet di “slonongin” orang yang tak tau sopan santun seperti itu. Accont yang kita miliki di Internet , entah itu e-mail, Blog, ataupun Acount-account yang sepentas menurut kita tidak penting, seperti FB,FS, dan account dari situs-situs Jejaring sosial lainnya, ternyata ketika semua itu di ganggu orang lain betapa tidak meng-enak-kannya. karena sadar atau tidak semua Account tersebut menjadi wilayah privasi kita.

Sebagai sesuatu yang privasi tidak mau dong diketahi orang lain, kita tidak mau ditelanjangi, di intip, apalagi sampai dicuri, dirampok, diperkosa pula. biar bagaimanapun data yang ada dalam Account kita merupakan harta yang berharga.

Password

Tidak dipungkiri kata sandi atau paswoord merupakan kunci berharga dari berangkas data kita. rekan mahasiswa bilang, kombinasi digit berupa Character-string tersebut adalah security. atau dalam bahasa sehari-hari kita anggap Pak satpam.

Dalam analogi sederhana, satu digit karakter atau string adalah satu satpam dalam kehidupan manusia. makin banyak pak satpam maka kemungkinan disambangi maling akan semakin kecil, walaupun akan ada saja maling maling yang bisa melewati Pak satpam tersebut, tapi minimal maling tersebut kudu bersusah payah dulu dengan teknik dan strategi ilmu maling yang mumpuni.

Makanya untuk tiap Account situs yang kita buat biasanya mengharuskankita untuk paling sedikit memasukan 6 digit kata sandi, makin banyak digit biasanya makin baik kekuatan kata sandi tersebut. analogi sederhanannya makin banyak pak satpam maka makin aman pula apa yang dilindungi pak satpam tersebut. tapi banyaknya pak satpam belumlah cukup jika satpam-satpam tersebut tidak dipersiapkan untuk kemungkinan – kemungkinan .

Kemungkinan itu;

bisa saja maling itu berpura-pura menjadi teman yang baik

bisa saja maling itu adalah teman

bisa saja maling itu pengamat yang telaten sebelum membobol berangkas kita

bisa saja dan bisa saja itulah yang kita perhitungkan untuk membuat keamanan yang baik

makin banyak kemungkan yang kita ajukan sebagai pertanyaan ketika hendak membuat kata sandi, maka kemungkinan buruk itu makin sedikit.

Apa itu Password?

Kata sandi (Inggris: password atau passphrase) adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan sistem atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya). Jika kode yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut. Idealnya, kata kunci merupakan gabungan dari karakter teks alfabet (A-Z, a-z), angka (0-9), tanda baca (!?,.=-) atau karakter lainnya yang tidak dapat (atau susah) ditebak oleh para intruder sistem atau jaringan. Meskipun begitu, banyak pengguna yang menggunakan kata sandi yang berupa kata-kata yang mudah diingat, seperti halnya yang terdapat dalam kamus, ensiklopedia (seperti nama tokoh, dan lainnya), atau yang mudah ditebak oleh intruder sistem.
http://id.wikipedia.org/wiki/Kata_sandi

Bagaimana sih membuat Password yang aman?

seperti halnya sistem pengamanan rumah semisal pak satpam tadi, maka kita mesti menseleksi terlebih dahulu calon satpam tersebut. ada test dan banyak lagi. lalu untuk password sendiri ( walau penulis bukan ahli dalam bidang sekuriti) dari beberapa artikel yang penulis baca dan beberapa yang keluar dari mulut rekan mahasiswa, dosen dan beberapa lagi dari pengalaman, kita harus selektip memilih:

1. Jumlah digit karakter

2. apakah yang kita pakai itu digit berupa karakter atau streing, atau keduanya?

3.apakah kumpulan digit tersebut menunukan sebuah kata, kalimat yang berasossiasi pada nama-nama orang,benda, kota, group, dan sejenisny?

4. apakah digit tersebut sesuatu yang berhubungan dengan diri anda yang relasinya banyak, entah ke institusi anda, keluarga anda, dan seterusnya?

5. apakah dgit tersebut amiliar dengan diri anda dan melekat pada diri anda?

6. dan yang terakhir apakah digit tersbut gampang di terka ?

sebenarnya masoh banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan menadi penseleksi sebelum kita menentukan digit untuk password kita.

setelah pertanyaan-pertanyaan tersebut telah kita jawab dan mengetahui keputusan akhirnya seperti apa digit password yang akan kita pakai, selanjutnya digit tersebutlah yang sementara menadi kata kunci yang paling aman untuk sebuah Account anda.

Kenapa pertanyaan-pertanyaan tersebut penting dalam hal membuat sebuah Password?

Dalam perkembangannya nyaris tak ada kata kunci yang tidak bisa di bobol, semua digit yang dihasilkan dari proses seleksi pertanyaan-pertanyaan di atas sangat bisa di bobol, tentu siapa dulu yang melakukan pembobolan tersebut, tentu orang-orang yang mempunyai kemampuan analisa tinggi dan penjelajah yang hebat dalam hal jaringan komputer, jaringan internet, dan mempunyai logika yang bagus.

tapi setidaknya dengan seleksi pertanyaan diatas kita sedikit bisa membatasi ruang sosial enginering teman-teman terdekat kita yang mungkin nakal dan suka iseng . selebihnya kita perlu sebuah sistem security yang bagus.

<strong>Bagaimana sebuah paswword bisa di bobol?</strong>

Dalam teori sederhananya kita bisa melakukan test-test sederhana, yang mencoba beberapa character atau string secara berulang beraturaan. bisa dari sebuah abad atau angka yang kita urutkan, misal : hurup Aaaaaaa, Abbbbb, AA, AB, ABBA, dan seterusnya….

dari beberapa artikel yang penulis baca ada beberapa Istilah ketika seorang Cracker membobol sebuah sistem:

Brute force attack, yaitu dengan mencoba semua kombinasi, mulai dari aaaa sampai zzzz, sampai beberapa karakter.

Dictionary attack, yaitu dengan menebak menggunakan kata-kata dalam kamus, dan dikombinasikan dengan angka-angka atau karakter.

Personal information attack, dengan cara memasukkan data-data pribadi seperti nomor telepon, tanggal lahir, nama pacar, kode pos, dan sebagainya.

paswword bisa di kategorikan menjadi bebrapa kategori yang nantinya menadi rentangan berapa lama password tersebut bisa di bobol, kategori itu

Password sangat lemah: yaitu password yang mudah sekali ditebak. misal password tersebut menggunakan urutan angka seperti 1,2,3,4…atau a,b,c,d….atau password yang menggunakan nama-nama yang beraqsosiasi dengan dirikita dan seterusnya.

Passwword lemah: Passsword yang mudah di bobol dengan hitungan waktu tidak terlalu lama. password ini biasanya menggunakan hurp kecil tanpa kombinasi hurup besar atau aangka dengan jumlah char kurang dari 6 digit..


2 Komentar to “Perspektif Password”

  1. horee..
    password saya tidak termasuk kategori lemah…
    heheheh…

  2. Gimana caranya buat:
    Acun
    fitur gratis
    kata sandi
    kokis
    kata sandi
    Apakah sama paswort dan sandi di wordpress com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: