Mesin pencari baru, Wolframalpha

Sebentar lagi Google akan ada saingan, dan sebentar lagi mungkin Google akan di tinggalkan. begitulah isu yang berkembang belakangan ini , sang pencari nomor wahid ini mungkin tinggal menunggu waktu saja untuk tersaingi.

Aktivitas berselancar di dunia maya memang menjadi kebutuhan kita saat terkoneksi dengan internet. semua yang ingin kita ketahui selalu kita berinisiatip untuk menanyakannya kepada paman google, yahoo, Ask, Altavista, geocities, dan lainnya. danpasti lebih sering kita bertanya kepada uncle google.

Dan siapapun pasti tidak memungkiri bahwa google merupakan situs pencari nomor wahid saat ini. nyaris tak ada yang mampu menyaingi nya kecuali yahoo di peringkat berikutnya setelah google.com. menutrut riset yang dilakukan oleh Comscore.com situs pencari Google menepati peringkat pertama sebagai situs pencari yang paling digemari secara global, 2007.

Bahkan hingga april 2009, Google masih tercatat sebagai mesin pencari terpopuler di AS dengan pasar 64,2 % mengungguli yahoo yang kalah 20,4 % .

Google memang sebuah mesin pencari yang paling populer , dan kepopuleranya ini memang di sebabkan oleh perangkat teknologi ynag mendukungnya. dan selalu menambahkan pendukung teknologi-teknologi baru untuk Google. pada tahun 2008saja Google telah menerapkan tak kurang dari 360 teknologi pendukung optimasi layanan Google . dan opada kuartal pertama 2009 ini kurang lbih 120 produk telah ditambahkan. sungguh sebuah inovasi tak terhenti, selalu berpikir maju dan berinovasi, mungkin itulah yang menyebabkan Google sampai sekarang tetap menjadai situs pencari nomor wahid.

Tapi Google adalah seuah produk teknologi, yang tidak bisa tidak akan terhempas seiring pesatnya perkembangan teknologi baru yang di lahirkan oleh inovasi-inovasi termutakhir . dan itu sudah menjadi hukum alam dalam ranah teknologi modern, bahwa sebuah produk tkenologi tak akan berumur panjang seiring penemuan teknologi baru berikutnya.

Wolframalpha

Lahirnya Produk baru tersebut menjadi kekhawatiran para peneliti ilmuwan Google, sebab dengan lahirnya produk baru maka kompetitor baru pun akan segera menggeser kedigdayaaan kerajaan Google saat ini. dan itu bukan hal yang tidak mungkin, sebab pertengahan Mei 2009 lalu sebuah mesin “Fakta” teranyar telah diluncurkan, dialah

Wolframalpha.com

Wolframalpha.com di kembangkan oleh seorang ilmuwan asal inggris yang kini menjabat CEO Wolfram Research, yaitu Stephen.

Wolframalpha.com merupakan projak jangka panjang yang akan terus dikembangkan menuju evolusi mesin pengetahuan yang terkomputasi, saat diluncurkan bulan mei lalu Wolframalpha.com telah di kembangkan selama 20 tahun. lama ya?

Wolframalpha.com lebih menspesifikasikan pada pokus penyajian Fakta/jawaban atas input kata kunci yang dimasukan user pada kolom isian. situs tidak akan menjawab pertnayaa dari kata kunci yang aneh tidak dimengerti. oleh karena itu pihak Wolframalpha.com tidak mau jika disebut sebagai salah satu situs mesin pencari.

Dengan mengandalkan 10 triliun data dan 50 000 lebih model algoritma , sejumlah pengamat teknologi meyakini Wolframalpha.com berpotensi menjadi pesaing berat Google.com.

Beberapa hari sebelum Wolframalpha.com di uncurkan pihak Google sempat gerah dan akhirnya mereka memunculkan empat teknologi baru yakni Rich snippets, Google squared, RefineFilter&Vieuw dan Skymap. sekalipun konsep keempat teknologi tersebut masih sama yakni mempercepat pengguna daam memperoleh hasil pencarian yang akurat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: