Facebook haram………,Lucu!

Beberapa hari ini berita seputar haramnya situs jejejaring penomenal facebook terdengar sangat menyeramkan, terutama bagi para pengguna layanan situs jejearing yang satu ini. kenapa demikian? karena untuk kasus yang satu ini terdengar sangat menggelikan, terutaama buat penulis. kenapa pihaka yang mengerti akan jargon dan hukum agama begitu mudahnya men-justice sebuah layanan yang berbsis teknologi ini. padahal ada jutaan pengguna layanan facebook yang merasa nyaman dan merasakan pula akan manpaat facebook untuk tujuan positip.
facbook
Memang sih kasus di haramkannya facebook sipatnya fleksibel, karena hukum haramnya facebook jika layanan ini di gunakan untuk tujuan tidak baik seperti pertemanan yang sengaja di buat untuk tujuan-tujuan negatip, seperti mencari pasangan untuk kencan gratisan dan penipuan-penipuan lainnya. sedangkan untuk pengguna facebook yang lempeng-lempenga saja hukum haramnya di “urungkan”. inilah yang membuat kita terkikik lucu. kok haram fleksibel? padahal kalu mau menharamkan , ya haramkan saja jangan di buat seperti main-main seperti demikian. ini mungkin sama halnya dengan kasus haramnya rokok , yang haramnya cuma menimpa anak-anak , sementara untuk yang ddewasa di anulir.

Padahal sama halnya dengan maanan lainnya , jika di gunakan berlebihan pasi jatuhnya haram. lalu kenapa Nasi tidak diharamkan dengan haram yang bersipat pleksibel sekalipun, padahl kasusnya hampir sama dengan facebook ini. jika seseorang terlalu kekenyangan sampai muntah lantaran mengkonsumsi nasi mak jatuhnya haram juga kan?

facebok memang sebuah penomna baru , dan ini bukan terjadi di Indonesia saja melainkan di seantero dunia, mungkin. memang pengguna Facebook di Indonsia mnduduki peringkat trtinggi di ASEAN, “1.048.334 pengguna internet di Indonesia telah bergabung dengan Facebook hingga 02 Februari 2009 dan angka tersebut mengalahkan pengguna dari negara ASEAN lainnya. ” menurut catatan andi bagus dalam Blognya.ini mnunjukan sesuatu yang luar biasa memang, tapi lantaran ini pula menimbulkan kekhawatiran-kkhawatiran baru bagi para orang tua atau para pmerhati masyarakat. sebab dari penomn ini timbul ketakutan-ketakutan baru akan munculnya sebuah pradapan yang tidak baik bagi generasi bangsa indonesia ini.

kekhawatiran itu memang cukup mendasar, mengingat aspek yang di timbulkan nantinya dan ini sudah sering di temui banyak kasus . apalagi pengguna facbook mencakup usia 13-35 tahun , di kisaran usia tersebut yang di khawatirkan mungkin adalah pengguna dengan usia 13 sampai 19 tahun , karna pada usia ini facebook hanya di gunakan untuk tujuan mncari prtmanan yang kadang mengarah kehal-hal di luar kendali, dan mengarah ke hal ngatip. mereka kebanyakan narsis, dan kelewat narsis sehingga kpoitasi yang timbul adalah hal negatip.

Kenapa faebook haram?

menarik untuk mngetahui jawaban pertanyaan yang satu ini, dan penulis sangat tertarik dngan ulasan pada berikut:

Minggu, 24 Mei 2009 | 08:19 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Prof H Asywadie Syukur Lc berpendapat, keberadaan Facebook (salah satu sarana komunikasi lewat dunia maya) bisa haram dan tidak.

Mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin itu nampaknya berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat mengenai Facebook yang belakangan ramai menjadi pembicaraan di berbagai kalangan di Indonesia, demikian dilaporkan, Minggu (24/4).

“Kita tidak bisa memfatwakan Facebook itu haram atau sebaliknya, kecuali melihat kontekstualnya,” kata alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu.

Guru Besar IAIN Antasari tersebut mengingatkan tuntutan agama Islam, yang antara lain menyatakan, segala sesuatu tergantung atau bermula dari niat orang itu.

Sebagai contoh, pemanfaatan Facebook dalam rangka berkomunikasi guna menggali atau tukar ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat, hal itu tidak bisa dibilang haram.

Namun, bila pemanfaatan Facebook untuk berkomunikasi dalam hal-hal yang terlarang, baik secara hukum positif di Indonesia, maupun menurut norma-norma Islam, maka penggunaan sarana tersebut bisa dikategorikan haram.

“Hal tersebut sama saja dengan kita memakai sepeda motor. Kalau tujuan baik dan benar, maka tak ada larangan menggunakannya, tapi sebaliknya, bila untuk tujuan negatif atau dimanfaatkan dalam melakukan perbuatan jahat, maka hukum Islam pun tak membolehkan,” ujarnya.

“Jadi kalau saya pribadi melihat kedudukan Facebook itu haram atau tidak, maka akan kita lihat dari segi manfaat dan mudarat. Kalau manfaatnya lebih besar untuk kebajikan atau kemaslahatan umat, maka pemanfaatan Facebook bagi kaum Muslim boleh-boleh saja. Tapi sebaliknya jika negatif, maka itu haram,” ungkap Asywadie Syukur.

Dari ulasan tersbut dapat diambil kesimpulan bahwa haram atau tidaknya facebook tergantung dari bagaimana kita mnggunakannya. oke untu yang atu ini penulis sependapat, karena menurut pnulis facebook sangat berguna. satu contoh kecil misalnya, dngan menggunakan facebook penulis bisa berintraksi dengan masyarakat global, disini penulis blajar berbahasa internasional, dan secara paraktis pnulis belajar , yakni belajar menggunakan bahasa inggris seca

One Comment to “Facebook haram………,Lucu!”

  1. W setuju banget tuh ma pendapat U semuanya berawal dari niat. Thx tuk informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: