MemberdayakanBlog Untuk Pendidikan

Blog

Blog merupakan trend baru yang kini semakin menyatu dengan komunitas masyarakat Indonesia, terutama Insan Pendidikan.

Sejarah Blog

Blog adalah kepanjangan dari Weblog. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998 Dia menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok orang yang mempunyai website pribadi dan selalu meng-update website-nya tersebut, baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan lainnya. Dan disertai komentar-komentar dari tulisannya tersebut. Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan seseorang yang di publish di internet (mungkin sekarang juga ga berubah). Dilihat dari tujuannya seseorang membuat blog juga macam-macam, ada yang untuk kepentingan pribadi sekedar iseng, maupun kepentingan komunitas dengan target-target tertentu, misalkan menjual produk,dan lainnya. atau sekedar ingin menuangkan hoby menulis, dan unek-unek yang mungkin lebih nyaman jika di tulis lewat media blog.

DI indonesia perkembangan Blog sekitar tahun 2000-an, dan perkembangannya sampai sekarang sangat signifikan.bahkan indonesia pernah terdaftar sebagai lima besar di dunia pengguna blog.

Melihat pesatnya perkembangan Blog di Indonesia, maka tidak ada salahnya Insan pendidikan memanpaatkan media tersebut untuk kepentingan Kegiatan Belajar Mengajar(KBM).

Dengan Blog Guru dapat berintraksi dengan muridnya, atau orang tua siswa, bahkan seluruh civitas pendidiakn yang terlibat dalam satu instnsi atau di luar itu.

Bagaimana Mengguanakan Blog Untuk KBM?

Dalam kegiatan Belajar Mengajar, biasanya ada interaksi yang bisa di selesaikan di luar kelas. dan itu sangat memungkikan untuk di implementasikan kedalam media Blog.

Misalnya, ketika guru menugasakan siswanya untuk mengerjakan PR. Pekerjaan Rumah (PR) tersebut bisa di jawab melalui Blog, Murid mengirimkan tugasnya lewat blog.dan guru memeriksanya secara online, lewat Blog .

Begitupun Orang tua siswa dapat melihat PR yang ditugaskan kepada anaknya, dan jawaban dari PR tersebut yang telah dikirimkan oleh anaknya, dan sekaligus melihat nilai yang di berikan guru kepada anaknya.

Dengan keadaan tersebut, maka akan terjalin situasi belajar praktis dan interaktip antara Guru, Siswa, Orang tua siswa, Dan civitas Pendidikan. sehingga aktivitas KBM bisa berjalan secara online, dan praktis interaktip.

Blog mendidik untuk terbiasa Menulis

Blog ketika di fungsikan secara efektip, akan mengakibatkan efek positip bagi para penggunanya.

Efek positip yang di akibatkan antara lain mendidik siswa untuk terbiasa menuangkan pemikiran-pemikirannya kedalam bentuk tulisan.dengan demikian siswa akn terasah kemampuannya di bidang tersebut, yang nantinya akan sangat dirasakan manpaatnya oleh siswa ketika siswa tersebut mengerjakan tugas menulis, atau ketika siswa tersebut hendak mengerjakan tugas akhir di bangku kuliah nanti.

Begitupun dengan Guru, dan civitas pendidikan. karena sebagaimana sering kita ketahui masih banyak Gruru, bahkan Dosen yang masih tidak terbiasa untuk menuangkan ide-idenya kedalam tulisan, karena berbagai alasan. dan alasan paling “menggelikan”adalah alasan tidak bisa , tidak mampu.

Penyedia Jasa Blog

Blog adalah bentuk lain dari Website, bedanya blog dapt di buat secara mudah dan, gratis tentunya.kita dapat membuat Blog dengan mudahnya, melalui penyedia jasa Blog yang cukup banyak bisa kita temukan di Internet.

Salah satunya adalah WordPress.com atau WordPress.org , dengan Penyedia layanan jasa blog seperti WordPress.com kita dapat membuat suatu Blog yang dinamis yang dapat di gunakan untuk kepentingan Pendidikan .

Kenapa Memilih WordPress.com

WordPress.com merupakan penyedia layanan Blog, keberadaanya cukup populer, bersaing dengan Blogspotnya bloger.com.

dibandingkan dengan penyedia jasa Blog lainnya, WordPress.com sangat memudahkan siapapun yang akan membuat suatu Blog.disamping itu wordpress.com menyediakan fitur-fitru yang sangat menarik dengan fasilitas yang tidak bisa ditemukan dengan mudah pada jasa layanan pembuat blog lainnya.

Fasilitas dan fitur-fitur menarik itu antara lain ,
seperti kemudahan untuk mengedit atau menyunting suatu tulisan, memudahkan untuk membuat jendela baru, dan sekaligus kita juga dapat dengan mudah melihat trafik lalulintas pengunjung,yang mengunjungi blog kita tersebut melalui statistik chart yang cukup menarik.

Nah, tunggu apa lagi, segera buat Blog untuk kepentingan Pendidikan!

8 Komentar to “MemberdayakanBlog Untuk Pendidikan”

  1. Susah ga sih membuat blog?

  2. Hidup blogger, hidup WP

  3. Bs kita ketemu? Kamu dimana sekarang?

  4. Teh leli sekarang lagi dimana?
    dan Gimana?

  5. emang ada apa ? gimana apanya

  6. Teh, gak baca ya!
    atau gak bisa,
    hayo dong blognya kan belom selesai..(maksa)

  7. Baca apaan? Ku skarang dah d rumah br pulang dr warnet.. Td ku coba buka blogku tp bingung ng’operasiinya soalnya gurunya blm tuntas ngajarin.. Tp sekrng mah aku cape..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: