Sejarah Google

Ini berawal dari pertemuan 2 orang pada tahun 1995 Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Pertemuan 2 orang yang berbeda umur 1 tahun tersebut (page 24 thn & Brin 23 thn) mengakibatkan diskusi yang panjang, karena perbedaan pandangan & pendapat.Namun, dari diskusi mereka yang panjang tersebut melahirkan sebuah pendekatan untuk menyelesaikan permasalahan d dunia komputer yakni bagaimanamemperoleh data yang nantinya seluruh data tersebut terkumpul dalam satu website(seperti GOOGLE sekarang).

Pada tahun 1996 kolaborasi mereka menghasilkan sebuah mesin search engine yang di beri nama BackRub. Page & Brin menjadikan itu sebagai tesis mereka & melakukan pengujian² sebagai bahan pembelajaran bagi mereka. Mesin pencari tersebut awalnya menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 September 1997. Untuk mendirikan Perusahaan Google mereka mendapatkan modal dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystems, yaitu sekitar $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000. Dan akhirnya perusahaan ini berdiri dengan nama Google Inc pada tanggal 7 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California. Bulan Maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke Palo Alto, rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan jumlah klik, dengan penawaran dimulai pada 5 sen (US$) per klik.Sebuah paten yang menggambarkan bagian dari mekanisme penilaian Google (Page Rank) disetujui pada 4 September 2001. Paten ini secara resmi ditetapkan oleh Universitas Stanford dan memasukkan nama Lawrence Page sebagai pencipta. Perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google telah menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata googolplex, angka 1 yang diikuti oleh seratus nol). Tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar $319 juta.

Nama “Google” berasal dari ucapan “googol” yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang ditunjukkan oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol). Setelah kata ini menjadi ucapan sehari-hari, kata “google”, dimasukkan dalam Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada 2006, yang berarti “menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.

Google sendiri mempunyai filosofi “Don’t be evil“, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”

selain Google mesin pencari populer lainnya adalah yahoo

Menurut beberapa survey, Yahoo.com adalah website yang paling sering dikunjungi di seantero internet. Anda mungkin sudah tahu hal itu, tetapi ada hal yang tersisa. Tahukah apa arti kata “Yahoo”?. Yahoo, ternyata sebuah singkatan. Menurut informasi resmi dari perusahaan tersebut, Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” yang berarti “Satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis”. Memang susah menjelaskannya, baik dalam bahasa Indonesia ataupun Inggris, lebih gampang menyebutnya Yahoo saja

cara kerja Google

Ada 3 proses utama yang memungkinkan Google memberikan hasil pencarian terbaik, yaitu:

1. Crawling, apakah Google tahu tentang website kita? Bagaimana Google bisa mencari tahu?
2. Indexing, Bisakah Google meng-index situs kita?
3. Serving, Apakah situs terkait memiliki konten yang baik dan bermanfaat serta cocok dengan apa yang dicari oleh user?

Crawling

Crawling adalah proses dimana para Googlebot menemukan halaman baru untuk dimasukkan kedalam index Google.

Orang-orang Google itu mengaku mereka menggunakan komputer super canggih untuk “merayapi” miliaran halaman-halaman yang ada di jagad web. Program yang “merayap” itu mereka sebut Googlebot (dikenal juga dengan istilah robot, bot atau spider). Googlebot ini menggunakan suatu algoritma tertentu. Program ini menentukan situs mana yang mau didatangi, seberapa sering, dan berapa banyak halaman yang harus dilihat untuk setiap website.

Proses crawling Google ini dimulai dengan sebuah daftar URL web, yang dihasilkan dari proses crawling yang sebelumnya. Daftar URL ini kemudian ditambahkan dengan data sitemap yang diberikan oleh webmaster. Setiap kali sang Googlebot ini datang ke sebuah website, maka dia akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian dia kunjungi lagi satu persatu. Website baru, perubahan pada sebuah website dan link yang gak ada sambungannya itu dicatat oleh Google dan dipakai untuk meng-update index Google.

Indexing

Googlebot memproses (apa memroses sih? ~halah…) setiap halaman yang dikunjunginya untuk membuat sebuah index besar-besaran yang berisi seluruh kata yang ada di halaman tersebut dan juga lokasi dari setiap kata dihalaman tersebut. Sebagai tambahan, Google memproses (apa memroses ya? ~halah, diulang lagi :p) informasi yang dijadikan atribut alias penanda dari suatu konten. Misalnya: Judul dan juga atribut ALT. Googlebot bisa memproses (apa memroses ya? ~plis, jangan lagi..!!!) banyak, tapi tidak semua, tipe konten. Sebaqai contoh, Google tidak bisa memproses (apa memro…… 🙂 ) halaman yang isinya flash semua.

Serving result

Saat pengunjung Google memasukkan sebuah kata kunci ke kotak ajaib Google, mesin Google langsung melihat ke index mereka untuk mencari halaman yang sesuai. Halaman-halaman yang dianggap paling cocok oleh mbah Google ini kemudian ditampilkan ke user. Relevansi dari konten yang disodorkan itu ditentukan oleh lebih dari 200 faktor, salah satu yang peling terkenal adalah PageRank dari halaman tersebut. Jadi Pagerank bukanlah faktor utama loh… banyak orang yang salah kira dengan menganggap PageRank adalah satu-satunya faktor sejauh mana web kita dikenal oleh Google. Lalu apakah gerangan yang dimaksud dengan Pagerank itu?

PageRank adalah sebuah algoritma yang dibuat oleh salah satu pendiri Google, Larry Page. Makanya namanya PageRank. PageRank adalah ukuran penting atau tidaknya suatu halaman website yang ditentukan berdasarkan seberapa banyak link yang diarahkan ke halaman tersebut dari halaman web lainnya. Bahasa gampangnya, setiap link yang ngarah ke situs kita itu akan menambah pagerank dari website kita. Dan tidak semua link dianggap sama oleh Google. Google juga mencoba mengidentifikasi spam link atau upaya-upaya lain yang bisa membuat Google mengeluarkan hasil pencarian yang jelek. Tipe link yang paling bagus adalah link yang dibuat karena memang konten yang berkualitas dari link tersebut.

Dengan 3 proses yang dijelaskan secara singkat diatas akhirnya Google bisa memberikan hasil pencarian yang sangat memuaskan untuk kita semua netter-netter dunia.

Keuntungan Google th.2008

Tau ga berapa keuntungan google selama 3 bulan dari juli sampai september 2008 ini? 5.54 Miliar dollar.

Dari keuntungan tersebut sepertiganya adalah dari Program GA alias Google Adsense yaitu sebesar 1.68 Milyar Dollar. Dan menurut laporan yang dirilis oleh google di http://investor.google.com/releases/2008Q3.html Jumlah yang dibayarkan kepada publisher adsense totalnya mencapai 1.33Milyar Dollar. Wah… kalo aku cuma dapat 100 dollar berarti berapa persennya ya. Waduh kayanya kebanyakan 0 dibelakang koma nih..

dan masih banyak lagi yang perlu kita ketahui tentang mesin pencari, maka carilah sebanyak informasi jika kita berminat dibidang ini!

One Comment to “Sejarah Google”

  1. Keren nich,,,,thankz yach infonya,,,,

    FYI, Saya menulis beberapa model implementasi seo
    dan teknik mendapatkan ribuan dollar/bulan hanya dengan menulis artikel di internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: