INTERNET MARKETTING

Dewasa ini perkembangan teknoloogi informatika semakin canggih , internet bukan lagi hal yang dianggap luar biasa . hal demikian membawa potensi bisnis yang teramat menggiurkan bila dilihat dari kacamata marketing. kita bisa menjual apapun tanpa harus berkeliling , meng-asongkan barang atau dor to dor kepintu perkantoran atau peloksok yang kita anggap prospektip. tapi cukup dengan layanan blog gratis kita dapat menjadi pengusaha tanpa harus memiliki kantor dengan rutinitas formal yang kadang menjemukan. kita bisa menjadi penjual yang tak mesti membopong produk untuk ditawarkan, kita isa menjadi pedgang tanpa mesti memiliki kios dengan sewa yang terkadang cuma mampu kita bayar setahun dan tahun keduanya kita mengucapkan selamat tinggal karena tak sanggup membayar cicilan sewa berikutnya.

Dengan internet kita bisa melekukan semua yang kita anggap tak mungkin sebelumnya. lupakan modal kalau itu jadi persoalan pebisnis pemula , lupakan pengalaman yang minim yang membuat kita tak berani mengambil resiko untuk menentukan keputusan bisnis yang efektip. kita biasa dengan kondisi kita saat ini tapi kita akan menjadi luar biasa ketika berada didepan monitor , sebab pada saat itu kita adalah Manajer dari perusahaan , kita pada saat itu adalah pedagang yang sedang mngelola kios kita, dan kita sebenarnya pada saat itu adalah Marketting prospektip yang sedang bernegosiasi dengan klien – klien kita.dan pada saat itu kita telah menjadi apa yang disebut internet marketting !

Lalu apasih sebenarnya Internet Marketting ( IM ) itu ?
Seperti apa sih Orang-orang yang berhasil dengan IM ?
Bagaimana sih prospek IM di indonesia kedepan ?
Lalu, bagaimana sih caranya memulai IM tersebut ?

Inilah hal menarik yang membuat penulis tertarik mennulis artikel tentang IM ini, dan pertanyaan – pertanyaan tadi adalh pertanyaan yang ada dalam pikiran penulis sebelumnya. pertanyaan yang tak mudah mendapatkan jawabannya, pertanyaan yang segera ingin mendapat kan jawaban yang jelas dan objektip agar lantas penulis segera bisa mnentukan keputusan apakah mencobanya atau tak mempedulikannya. dan ini bukan persoalan yang sulit tapi cukup menguras konsenrasi , karena kita harus mngambil suatu keputusan yang tepat dengan hal atau sesuatu hal yang masih asing ditelinga penulis sendiri.

dan akhirnya,penulis menemukan link situs yang mengakomodir jawaban pertanyaan-pertanyaan tadi itulah asianbrain.com

APASIH INTERNET MARKETTING ITU?

Berikut beberapa artikel yang menurut penulis kredibel dilihat dari sosok pemilik domain dan kapasitasnya dibidang information technology dan selaku pemain dibidang internet marketting juga:

Mengenal Bisnis di Internet

by Romi Satria Wahono

internetbusiness.gifMas Romi, saya kok jadi bingung dengan banyaknya informasi tentang peluang bisnis di Internet, ada yang bentuknya MLM, arisan online, menjadi publisher iklan, broker penjualan barang, dsb. Yang mana sih yang bisa dipercaya? (Iman, Jakarta)

Bisnis di Internet mana sih yang benar alias tidak menipu? Ini inti pertanyaan mas Iman dan juga mungkin pertanyaan kita semua. Yang pasti MLM dan arisan online berbentuk piramida uang tidak bisa dipercaya. Kalaupun kita mendapatkan untung dari proses itu, ada puluhan, ratusan atau bahkan ribuan orang dibawah root kita yang kita rugikan. Bagaimana dengan bisnis Internet yang lain? Mari kita bahas.

Kita bisa simpulkan bahwa bisnis di Internet sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu bisnis menjual produk di Internet dan bisnis dengan menjadi publisher iklan di Internet. Keduanya secara lengkap saya kupas di penjelasan berikut ini.

1. BISNIS MENJUAL PRODUK DI INTERNET

Bisnis menjual produk seperti biasa, hanya memanfaatkan Internet untuk memajang produk, mengatur sistem pemesanan dan pembayaran secara online. Biasanya disebut dengan e-commerce. Contoh, Amazon.Com yang menjual buku, cd, software dan berbagai produk di Internet. Contoh di Indonesia adalah Bhinneka.Com, yang menyediakan produk komputer dan periferalnya yang memungkinkan transaksi lewat Internet. Bisnis ini juga bisa dilakukan oleh individual, misalnya seorang programmer yang menjual sendiri aplikasi, template, themes, module, maupun plugin yang dia kembangkan, melalui situs pribadinya. Biasanya sang penjual menggunakan sistem e-commerce seperti zencart dan oscommerce yang selain memiliki fitur katalog produk, juga memungkinkan pembayaran secara online dengan payment gateway seperti paypal, 2checkout.com, dsb. Sekali lagi bahwa produk yang dijual ini bisa berupa, buku, majalah, ebook, software, dokumen, mebel, alat elektronik, komputer, handphone, dsb.

2. BISNIS MENJADI PUBLISHER IKLAN DI INTERNET

Ini adalah jenis bisnis di Internet yang sedang digandrungi banyak orang, dan juga mungkin saya didalamnya ๐Ÿ˜‰ . Modalnya relatif kecil, karena kita hanya perlu biaya untuk domain, hosting dan situs web. Bahkan bisa kita gunakan layanan web atau blog gratisan dulu untuk memulai bisnis kita dari kecil. Yang paling penting di bisnis ini adalah IDE dalam membangun situs web atau blog beserta kontennya. Situs web atau blog yang kita bangun harus unik, anti kerumunan (belum banyak dikerjakan orang lain), dan harus bisa menarik pengguna internet untuk mengunjunginya. Dengan kata lain, kita harus bisa membuat situs yang memilik traffic tinggi, karena disinilah kekuatan bisnis Internet jenis ini. Semakin tinggi traffic situs kita, semakin tinggi pendapatan yang kita terima karena semakin banyak pemasang iklan yang mau memasang iklan di tempat kita.

Di Amerika, ada Joel Comm, pengarang buku Adsense Secrets yang bisa mendapatkan rata-rata 500 USD perhari atau Ken Calhoun yang bisa mendapatkan 300.000 USD pertahun dengan situsnya DayTradingUniversity.Com. Perlu kita ingat bahwa situs-situs besar semacam Friendster.Com juga hidup dari bisnis menjadi publisher iklan ini. Bagaimana dengan Indonesia? Ada nama-nama besar seperti Cosa Aranda yang kabarnya memiliki penghasilan lebih dari 5000 USD perbulan dari bisnis menjadi publisher iklan di Internet.

Ok apa saja jenis bisnis publisher iklan di Internet ini?

A. PROGRAM AFILIASI

Program dimana pemilik situs web atau blog akan mendapatkan komisi (atau hadiah) apabila terjadi transaksi antara perusahaan pemilik program dengan pembeli produk yang diiklankan oleh pemilik situs atau blog. Amazon.Com memiliki program afiliasi (affiliate program) yang cukup terkenal. Kita tinggal mendaftarkan diri dan memasang iklan produk Amazon.Com di situs web atau blog kita. Kita akan mendapatkan komisi (prosentase komisi tergantung produk) apabila ada orang membeli produk Amazon.Com tersebut melalui situs kita. Beberapa perusahaan lain yang menyediakan program afiliasi adalah:

*
linkshare.com
*
clickbank.com
*
cj.com
*
sitesell.com
*
clicksor.com

B. PROGRAM ADVERTISING

Program dimana pemilik situs web atau blog akan mendapatkan uang dengan memasang iklan dari pemilik program. Besar uang yang diterima tergantung dari peraturan yang dibuat oleh pemilik program. Jenis program advertising ini bisa Cost per 1000 Impression (CPM) atau Pay Per Click (PPC). Jadi berbeda dengan program afiliasi, pada program advertising ini uang diterima tidak berdasarkan pada transaksi yang telah dilakukan, tapi berdasarkan impression alias banyaknya iklan ditayangkan (CPM) atau banyaknya klik terhadap iklan (PPC) yang dilakukan oleh pengunjung situs kita.

Contoh perusahaan yang memiliki program CPM adalah fastclick.com dan valueclickmedia.com. Sedangkan yang berbasis PPC adalah Google Adsense, yang saat ini menjadi program advertising favorit bagi pebisnis Internet di dunia. Perusahaan lain yang memiliki layanan program advertising diantaranya adalah sebagai berikut:

*
adbrite.com
*
text-links-ads.com
*
vibrantmedia.com
*
yesadertising.com
*
searchfeed.com
*
crispads.com
*
onemonkey.com
*
industrybrains.com
*
doubleclick.com
*
kanoodle.com

Berkembang juga sistem Direct Advertising dimana kita sang pemilik situs web atau blog tidak menggunakan jasa perusahaan periklanan, tapi kita sendiri yang langsung hunting dan mengelola iklan. Detik.com, kompas.com dan sistem layanan iklan banner di portal berita lain adalah salah satu contoh dari Direct Advertising. Direct Advertising juga mulai marak dilakukan secara individual oleh para blogger yang memiliki situs blog bertraffic tinggi. Saya sempat mencoba Direct Advertising untuk situs blog pribadi saya, meskipun akhirnya saya lepas lagi karena saya pikir kok tidak terlalu โ€œelokโ€ memasang iklan di situs blog pribadi. Nggak elok yang saya maksudkan di sini adalah, kurang bersih secara desain dan saya takut independensi blog terganggu dengan iklan produk yang berhubungan dengan opini yang saya tulis. Dengan berkembangnya waktu, mudah-mudahan suatu saat saya bisa menerima kenyataan itu ๐Ÿ˜€ Tapi saya tetap menerapkan Direct Advertising di situs lain yang saya bangun.

Perlu dicatat bahwa setiap perusahaan memiliki aturan dan mekanisme sendiri bagi pemasang dan publisher iklan. Kita harus mencermati berbagai aturan yang mereka tuangkan dalam bentuk Term of Service (ToS) sebelum kita mengikuti program suatu perusahaan.

Tertarik untuk ikutan bermain di bisnis Internet ini? Saya akan bahas secara mendetail berbagai bisnis Internet yang saya perkenalkan diatas pada artikel berikutnya. Paling tidak saya mulai dari program bisnis di internet yang sudah saya jalani dan berhasil mendapatkan income.


Seperti apa sih Orang-orang yang berhasil dengan IM ?

Salah satunya adlah Anna ahira, dengan Asian Brain.com-nya :

Siapa Anne Ahira?
Di sebelah kiri adalah foto Anne Ahira. Mojang Bandung kelahiran November 1979 ini telah menjalankan bisnis online sejak tahun 2001 yang kini penghasilannya sangat signifikan di luar dugaan!

Kepiawaian Anne Ahira dalam menjalankan bisnis online telah diakui oleh banyak media masa di Indonesia.

Bahkan tahun 2007, Pemerintah Republik Indonesia meminta Anne Ahira menjadi pembicara di APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) untuk mewakili Indonesia dan menjelaskan tentang REVOLUSI eBisnis yang sedang dia jalankan di Indonesia!

Pada akhir tahun 2005, Anne Ahira mendirikan ‘kursus online’ Internet Marketing khusus untuk orang Indonesia. Kini muridnya telah mencapai RIBUAN tersebar dari Sabang sampai Merauke, dan terus bertambah setiap hari.

Berbicara tentang internet marketing saat ini, orang akan langsung tertuju kepada Anne Ahira. Hira, begitu biasa dipanggil, telah menjadi pusat pembicaraan di dunia internet marketing. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara di dunia. — Majalah Modal

Siapapun yang mendengar kisah sukses Anne Ahira pasti akan terinspirasi karenanya. Ahira atau Hira, begitu ia suka dipanggil, adalah seorang dara kelahiran tahun 1979 asal Bandung yang berhasil menaklukkan dunia internet marketing — Majalah Intra

Dengan laptop miliknya, Ahira bisa berkomunikasi dengan pelanggannya di seluruh dunia dari mana saja — Majalah Intisari

Nama Anne Ahira kian bergaung. Gadis yang bermukim di Bandung ini telah menjadi pemasar (marketer) kelas dunia. Penghasilan Ahira per bulan bisa menembus ribuan dolar AS. Sistem pemasarannya pun menjadi acuan sejumlah pemasar top dunia. Memukau. — Warta Ekonomi

Meski kurang begitu dikenal di dalam negeri, nama Anne Ahira sudah sangat dikenal di kalangan Internet Marketer dunia. — Majalah SWA

Banyak orang tak menyangka bahwa dari sebuah sudut pinggiran kota Bandung, yang menjadi pusat industri tekstil Bandung, mencuat nama Anne Ahira (25) ke tingkat forum internasional — KOMPAS, 20 Maret 2005

Ahira tak pernah merahasiakan suksesnya dan siap berbagi dengan siapa saja. Dia sama sekali tak khawatir akan mendapat saingan, kenapa begitu? Karena internet marketing merupakan bisnis global. Target pasar sama sekali tidak terbatas jumlahnya dan jangakauannya di seluruh dunia. — Kompas, 21 Juni 2004

Anne Ahira berhasil memperoleh penghasilan ribuan dollar per bulan dari Internet di usianya yang relatif muda. Penghasilah sebesar itu ia dapatkan dalam kurun waktu kurang dari 1,5 tahun menekuni dunia internet marketing secara otodidak. — Majalah Entrepreneur Indonesia

Keberhasilannya di Indonesia terhitung langka — Koran Pikiran Rakyat

Anne Ahira, dia telah menciptakan sistem internet marketing yang kini diikuti ribuan orang — Tabloid Cita Cinta

Kurang lebih 36 juta penduduk Indonesia hidup dalam status penganggur saat ini. Sebagian kehilangan kerja akibat krisis yang tak kunjung usai, lainnya lagi angkatan kerja yang belum tertampung. Di tengah membumbungnya penganggur itu, ada seorang putri Banjaran, Anne Ahira, yang menjadi jutawan dalam kurun waktu relatif singkat berkat Internet Marketing. — Koran METRO

Pamornya bergaung di dunia maya. Jaringan bisnisnya merambah di tingkat dunia. Penghasilannya mencapai ratusan juta per bulan. Namun ia memilih tinggal di pinggiran kota Bandung dan lebih suka disebut anak kampung. Anne Ahira, Stay local, Act Global — Majalah PRODO

Di balik ekonomi negara yang masih terpuruk, pengangguran yang merajalela, serta perasaan gagap dan rendah diri sebagai sebuah bangsa, ternyata ada harapan untuk bangkit. Sebuah revolusi, dari kaki Gunung Malabar, Bandung, Jawa Barat, kini sedang terjadi. Revolusi Bisnis Ahira — Majalah Wirausaha & Keuangan

Di Indonesia, mereka yang menekuni profesi ini masih tergolong langka. Salah satunya adalah Anne Ahira. — Majalah Trust

Anne Ahira, orang kampung yang berbisnis global — Majalah Potensi

Harapan Anne Ahira adalah membuat revolusi bisnis di Indonesia melalui internet marketing — Vibiznews

tertarik dengan artikel ini, ikuti terus kelanjutannya!

2 Komentar to “INTERNET MARKETTING”

  1. oh great article man.i must learn more

  2. I was recommended this website via this relation. Practical goal favourable no matter if this specific post is authored via your ex as nobody know this sort of specified concerning our difficulties. You are wonderful! Thanks a lot!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s