Buku Komputer Untuk Anak

buku komputer anak

gambar dari education.fcps.org

Buku Komputer Untuk Anak|Ketika jalan-jalan ke toko buku, saya ingin mencari buku komputer yang pas untuk anak-anak. Buku komputer tersebut membahas aplikasi apa saja, tapi sesuai dengan usia dan kebutuhan pengetahuan komputer bagi anak-anak. Tapi tidak saya temukan buku yang saya cari tersebut. Kebanyakan buku-buku komputer yang dipajang adalah buku komputer untuk orang dewasa, dan kebanyakan pula buku komputer populer. Padahal yang saya butuhkan adalah buku sederhana yang ketika saya membacanya memang bisa digunakan oleh anak-anak. Anak-anak yang saya maksud adalah anak-anak usia sekolah dasar, lebih spesifik lagi anak dengan usia 8 hingga 12 tahun. Pun ketika saya browsing di internet, rasanya sangat sulit menemukan buku tersebut kalaupun saya temukan kebanyakan buku yang dibuat untuk pembelajaran dalam kelas. Lalu seperti apa buku komputer yang ada dibenak saya?

Tidak banyak yang saya inginkan dari buku komputer untuk anak tersebut, setidaknya mendekati ini:

  • Membahas satu aplikasi saja, detail tapi memang fokus untuk anak
  • Ada contoh-contoh hasil penggunaan tool dari aplikasi yang dibahas
  • Ada materi latihan, dibuat dalam bentuk tutorial lengkap dengan garis petunjuk penggunaan suatu tool
  • Disajikan dengan bahasa sehari-hari dan mendekati bahasa anak-anak
  • Ada pesan moral yang disisipkan disetiap materi dan latihan penggunaan tool
  • Disertai gambar aplikasi yang memudahkan pembacanya
  • Jenis, ukuran huruf dan warna yang sesuai dengan usia anak-anak

Nah setidaknya 7 hal yang ada dikepala saya tentang gambaran buku komputer untuk anak yang saya inginkan.

Tapi apakah ada buku komputer untuk anak yang seperti itu? Mungkin ada, tapi tidak dicetak penerbit dan tidak dipasarkan. Mungkin juga tidak ada lantaran penerbit tidak menyukai konsep buku seperti itu. Kalau tidak ada, mungkin saya akan membuatnya. Mudah-mudahan…

Promosi link:
Dapatkan Modul TIK Untuk SD Edisi terbaru untuk Tahun Ajaran 2013/2014 (klik untuk melihat resensi dan pemesananya)

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

