Belajar Menempel Gambar di Paint (Materi TIK Kelas 1 SD)

Belajar Menempel Gambar di Paint (Materi TIK Kelas 1 SD)-Bagi guru yang mendapat jam mengajar TIK untuk kelas 1 SD materi menempel gambar di paint akan menjadi variasi materi yang menarik. Setelah siswa belajar mewarnai melalui berbagai bentuk sketsa gambar yang telah dibuat gurunya, siswa akan terobsesi untuk membuat sendiri gambar-gambar yang menurut mereka menarik. Keingian siswa seperti ini mestinya diakomodir, tetapi sabar dulu, karena menurut saya waktu untuk melakukan itu cocoknya diterapkan dikelas 2 nanti. Gantinya guru bisa memberikan materi menempel gambar. Untuk guru yang pernah membeli modul TIK kelas 1 dan 2 dari saya tinggal mengikuti petunjuk latihan yang sudah disediakan lengkap dengan file gambar untuk menempelnya. Dan bagi yang belum pernah membeli modul tersebut, bisa membaca artikel ini dengan seksama kemudian mempraktikanya bersama siswa bapak/ibu guru semuanya.

Apa sih materi menempel gambar itu? Materi menempel gambar adalah suatu kegiatan praktik komputer menggunakan aplikasi paint. Yang ditempel oleh siswa adalah file aneka jenis gambar yang sudah disediakan oleh guru dalam folder komputer yang akan digunakan oleh siswa. Aneka gambar tersebut terdiri dari berbagai macam gambar, misalnya ada gambar matahari, pohon, orang, awan, hutan, rumah dan lain sebagainya. Pada praktiknya siswa akan diarahkan untuk menempel gambar-gambar tadi menjadi bentuk baru yang menarik, misalnya menjadi gambar pemandangan dan lain sebagainya.

Contoh latihan:

Dalam contoh latihan ini siswa akan diarahkan untuk menempel gambar pohon, hutan, rumah, matahari dan dua orang anak. Masing-masing file gambar ditempatkan ditempat yang sesuai sehingga nantinya akan membentuk gambar yang menarik

Langkahnya:

  1. Bukalah aplikasi Paint
  2. Klik Open, pilih lokasi folder tempat penyimpanan file yang akan ditempel
  3. Pilih satu persatu gambar yang akan ditempel, gambar-gambar tersebut adalah pohon,hutan,rumah,matahari dan dua orang anak.
  4. Selesai

Hasilnya lihat seperti pada tampilan dibawah ini..

LATIHAN 19Yang perlu diperhatikan untuk sukses tidaknya pembelajaran materi ini adalah seberapa kreatif guru dalam menyiapkan file gambar, menata konsep gambar, dan kesabaran dalam membimbing siswa. Tapi hasilnya akan selalu menarik, akan selalu ada model-model baru yang jika diarsipkan akan membentuk galery gambar yang menarik.

Selamat mencoba! Tulisan sejenis juga saya tulis dalam blog panduan belajar komputer untuk anak. Dan bagi yang menginginkan panduan praktisnya dalam bentuk modul bisa memsannya disini >>

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: