Skenario Pembuatan Media Pembelajaran Dengan PowerPoint 2007

Skenario Pembuatan Media Pembelajaran Dengan PowerPoint 2007| Microsoft PowerPoint biasanya digunakan dalam pembuatan slide-slide untuk persentasi, baik persentasi dalam kegiatan pembelaran atau untuk persentasi bisnis dan lainya. Pada praktiknya Microsoft PowerPoint dapat digunakan untuk media pembelajaran digital yang cukup menarik. Beberapa kelebihan dari pengolah presentasi ini jika dioptimalkan untuk pembuatan media pembelajaran digital adalah aspek familiarnya, dan mudah. Posting kali ini saya akan berbagi bagaimana membuat pembelajaran digital dengan PowerPoint 2007, tentu dalam pembahasan spesifik “hanya” pada pembuatan skenarionya terlebih dahulu, untuk langkah praktisnya akan saya  buat dalam bentuk tuorial atau modul praktik sederhana pembuatan media pembelajaran dengan powerpoint 2007, tentu pada posting berikutnya.

Persiapan

Untuk membuat skenario pembuatan media pembelajaran dengan powerpoin 2007, terlebih dahulu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Bahan ajar, kelengkapan administrasi mengajar seperti silabus (untuk pemetaan media yang akan dibuat), buku pendukung (untuk referensi) dan sumber lainnya.
  2. Perangkat komputer yang sudah terinstalasi aplikasi pengolah presentasi PowerPoint.
  3. Bahan pendukung lainnya (seperti animasi yang didownload dari internet, atau yang dibuat sendiri).
  4. Alur cerita media pembelajaran yang akan kita buat.
  5. Beberapa contoh media pembelajaran sejenis (untuk sekedar melihat alur dan tool yang digunakan, meniru dalam hal ini bukanlah kesalahan).

Mulai menyusun alur cerita (storyboard)

Jika semua persiapan diatas sudah cukup, maka berikutnya adalah mulai menyusun storyboard pembuatan media pembelajaran. Ada beberapa alasan mengapa storuboard harus dibuat diantaranya untuk mengingatkan animator (jika media yang dibuat akan menampilkan animasi sendiri) agar karakter animasi yang dibuat sesuai dengan media pembelajaran. Storyboard juga memiliki fungsi untuk memudahkan kita mengingat alur dan membaca cerita dari media yang akan kita buat. Dalam pengertian yang sebenarnya storyboard adalah area berseri dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung.

Untuk membuat storyboard kita bisa menggunakan software khusus untuk pembuatan storyboard seperti springboard, silverlight dan lainnya. Tapi jangan berpikir “ribet” soal pembuatan storyborad ini. Toh untuk membuat story board kita bisa menggunakan pengolah kata atau spreadsheet, karena yang kita buat adalah cukup alur ceritanya saja. Sebelum menulis, saya searching untuk mendapatkan referensi mengenai storyboard pembelajaran, dan saya menemukan beberapa yang relevan. Contoh storyboard, diantaranya saya dapatkan di situsnya pak romi (contoh 1, contoh 2 (lebih rumit)), dan dari UNY (contohnya lebih lengkap dan mudah).

Tool dalam PowerPoint

Untuk membuat media pembelajaran menggunakan PowerPoint sebenarnya tak ubahnya ketika kita membuat slide untuk presentasi biasa. Yang membedakan hanya pada kemasan dan beberapa tool yang kita gunakan. Kemasan yang saya maksud adalah tampilan, jika dalam pembuatan slide presentasi kita hanya memerlukan slide yang akan kita pakai dalam menyampaikan materi tanpa pernik berlebihan dari banyaknya animasi dan command. Sedangkan untuk media pembelajaran sedikit banyak kita memerlukan tampilan yang lebih menarik, misalnya saja halaman utama (index: dalam website), command dan link, dan beberapa custom animationt dan karakter animasi yang akan disisipkan.

Beberapa tool yang bisa perlu kita ketahui:

  • Media Clipt (untuk menyisipkan media berupa video atau audio)
  • Berbagai jenis shape (untuk membuat varian command)
  • Custom Animation (untuk menyisipkan varian animasi dan transisi slide)
  • Hyperlink (untuk membuat link antar slide atau file sesuai tema)

Ke empat tool tadi memegang peranan penting dalam pembuatan medi pembelajaran menggunakan PowerPoint.

Demikian posting singkat ini mengenai Skenario Pembuatan Media Pembelajaran Dengan PowerPoint 2007, mudah-mudahan bermanfaat. Lain kesempatan saya akan menampilkan storyboard dan contoh media pembelajaran yang sudah saya buat.

reff image: http://learningppt.com/category/elearning/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: