Membuat Soal Ulangan Online Dengan Google Drive

Membuat soal ulangan online dengan Google Drive| Belakangan ini saya sedikit “jatuh cinta” dengan Google Drive, aflikasi buatan Google ini sangat membantu saya dalam beberapa model pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran TIK. Dan menjadi database untuk model Bank Soal online yang saya integrasikan dengan produk google lainnya yaitu blogspot. Dan yang ingin saya bicarakan pada tulisan ini adalah bagaimana saya membuat soal online dengan Google Drive, serta menganalisanya juga dengan Google Drive.

Membuat soal ulangan online
Aflikasi untuk membuat soal online sebenarnya sangat banyak dan mudah kita temukan di internet, banyak yang gratis, tapi kebanyakan semi gratis alias gratis tapi pada akhirnya pengguna dengan pemakaian ruang penyimapanan melebihi batas maksimal maka akan dikenakan biaya. Sebut saja Edu20.org, wondershare, quiz maker, dan lainnya.

Dan Google Drive memberikan perbedaan diantara aflikasi-aflikasi sejenisnya diantarnya kapasitas penyimpanan yang lebih besar (5 GB), free, terintegrasi dengan account google. Dan kelebihan-kelebihan tersebut didukung dengan cara menggunakananya yang jauh lebih mudah dibanding aflikasi-aflikasi untuk membuat soal online lainnya.

Untuk membuat quiz, atau soal online di google drive yang dibutuhkan hanya account google (email yang kita buat di gmail) dan sedikit pengetahuan tentang form berikut type character dan istilah-istilah lainnya dalam pembuatan form seperti fungsi check box, text, grid, list dan lainnya. Dan karena kita tidak sedang kuliah TI maka tidak perlu pula membahas istilah-istilah tersebut. Yang akan kita bahas pada pokok bahasan kali ini adalah bagaimana membuat soal online dengan google drive.
Langkah-langkah membuat soal online dengan google drive:
1. Saya harap semuanya sudah mempunyai email yang dibuat di Gmail
2. Sign In (masuk) ke akun Gmail
3. Setelah masuk pilih Drive
4. Pilih Create
5. pilih Form
6. Pada Untilted form, isikan judul misalnya saja “Soal Ulangan TIK Ke-1″
7. Pada kotak dibawah untilted form, isikan kelas, mata pelajaran, hari dan waktu pelaksanaan ulangan. Sebenarnya kotak help digunakan untuk memperjelas judul, tapi saya lebih suka menggunakannya untuk identitas soal tersebut.
8. Pada question title isikan soal, pada kotak help biarkan kosong.
9. Pada question type pilih, pilih multiple choice jika ingin menampilkan jawaban pilihan gandaa, atau tex atau paragrafh text jika ingin isian.
10. Tekan Done untuk menyelesaikan setiap butir soal yang kita buat.
11. Ulangi langkah no.8 sampai 10 untuk membuat soal berikutnya.

Mudah  dan memudahkan

Membuat soal ulangan online di google drive itu sangat mudah, hanya memerlukan beberapa langkah saja dan soal online pun sudah bisa di publish. Berdasarkan pengalaman membuat quiz online menggunakan aflikasi pihak ketiga, maka Google drive menurut saya adalah yang paling mudah. Saya pernah mencoba wondershare, edu20, dan beberapa aflikasi lainnya semuanya tidak semudah di Google drive. Pengalaman saya membuat soal online di aflikasi-af;ikasi selain Google Drive lain waktu akan saya share.

Selain kemudahan dalam pembuatan soal online, Google drive juga memberi kemudahan lainnya dalam hal menganalisa hasil ujian siswa yang ditampilkan dalam bentuk spreadsheet. Dengan tampilan seperti itu kita juga bisa menambahkan rumus-rumus formula untuk mendapatkan hasil akhir (nilai) secara otomatis. Untuk pembahasan mengenai cara menganalisa soal di google drive juga lain waktu akan saya share di blog ini. Fasilitas spreadsheet untuk menampilkan hasil ujian siswa tersebut menurut saya sangat memudahkan kita dalam proses pengolahan nilai secara cepat.

 

10 Responses to “Membuat Soal Ulangan Online Dengan Google Drive”

  1. nice post pak, terima kasih sudah sharing..sudah seharusnya kita memanfaatkan media internet untuk pembelajaran.. :))

  2. Di google drive apa juga ada fasilitas equation editor gak?

  3. Saya sudah coba pak,,,tapi untuk nama siswa bagaimana? siswa mengisi dimana saya belum ketemu ni.Mhn bantuannya.

  4. buat lagi aja form inpuut buat nama siswa nya….

  5. untuk mengedit soal soal yang sudah tersimpan di drive pada hari-hari kemarin bagaimana? mohon bantuannya……

  6. Saya lebih suka menggunakan zohochalenge dari pada google drive. Di ZohoChallnge ada fasilitas html, sehingga bisa memasukkan equation editor dan tidak perlu mengoreksi karena nilainya langsung tererkam. panduannya di http://www.mathzone.web.id/2012/11/membuat-soal-matematika-online.html

  7. cara publikasi dan siswa memulai ujiannya bagaimana?lihat di halaman mana? kalau berkenan dibuat panduan lengkapnya di word yg bisa di unduh. terimakasih sebelumnya

Trackbacks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: