Modul Komputer Untuk SD Kelas 3,4,5 dan 6 SD

Mungkin di antara pembca yang sedang mencari panduan mengajar TIK khususnya untuk kelas 3,4,5 dan 6 SD. Modul Komputer Untuk SD yang saya buat sebagai panduan mengajar, sekaligus pegangan siswa ini  bisa menjadi alternatif yang dapat membantu pekerjaan guru TIK SD atau orang tua di rumah. Pada page excel asyik ada salah satu guru yang menanyakan seperti apa sih materi TIK untuk anak SD, kebetulan guru tersebut mengajar kelas 1-3 SD berikut cupilkan pertanyaanya:

Hallo pak. salam kenal saya diatri di palembang, sementara ini saya diminta sekolah saya untuk mengajar ICT, pada hal background pendidikan saya sarjana kepelatihan olahraga. I’m really strugling n totally confusion now hehehhehehe, karena permintaan sekolah yang melebihi kapasitas saya untuk memberikan materi yang lebih dari sekolah konvensional biasa, khususnya saya harus memberi materi MS word, power point, excel mulai kelas 1 sd. saya cuma ingin tanya, apa sih materi MS excel yang layak diberikan pada anak Kelas 1-3 sd? dan dlm tugas apa mereka (kls 1-3sd) dapat mengaplikasikannya? mohon masukannya. thanks

Dan saya sudah menjawab pertanyaan guru tersebut lewat e-mail, namun untuk posting kali ini saya akan memberikan beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut secara singkat saja.

  1. Background pendidikan, heheh…kalau urusan yang ini sebenanrnya gak masalah. Banyak yang mengajar matematika bukan sarjana matematika, ngajar PKN bukan sarjana PKN, jadi menurut saya tidak masalah asal guru tersebut menguasai materi. Apalagi mengajar TIK kan visual sekali bisa di pelajari dan saya yakin semua guru mampu mengoperasikan komputer, hanya…………..mungkin perasaan gak pede.
  2. Materi komputer itu sangat banyak ya, kalaupun kita di suruh ngajar office (word,excel,powerpoint) kepada kelas 1-3 SD menurut saya gak masalah asal materi yang di berikan di sesuaikan dengan usia anak. Misalnya kita ngajar word ke kelas 1 SD ya kita berikan saja materi mengetik nama-nama binatang, atau teman-teman di sekitar anak tersebut, gak perlu pengenalan tool dan funsinya itu malah gak bikin ribet, kecuali kelasnya udah agak tinggian misalnya kelas 4,5,6 SD. PowerPoint lebih asyik lagi, anak kecil paling suka sama animasi………..ya kita buat saja animasi tokoh kartun yang mereka sukai trus buat bergerak pake custom animation. Untuk Excel nya ya itung-itungan standar saja misal 1+1=…….dan seterusnya. Ingat ya sekalipun materi pokoknya Office bahasan dan materinya bisa beda tergantung kepada siapa kita ajarkan, kepada profesional……tentu beda lagi. Oke.
  3. Buat panduan belajar untuk siswa dengan materi yang sesuai, seperti Modul Komputer Untuk SD yang saya buat. Dengan perangkat ini akan sangat membantu guru dan sekaligus memudahkan siswa.

Modul Komputer unduk SD

Beberapa modul komputer yang saya buat dapat membantu rekan guru dalam memberikan materi pelajaran TIK kelas 3,4,5,6 SD:

  1. Untuk mendapatkan Modul Komputer Untuk SD kelas 3, silahkan klik disini >>
  2. Untuk mendaparkan Modul Komputer Untuk SD kelas 4, silahkan klik disini >>
  3. Untuk mendapatkan Modul Komputer Untuk SD kelas 5, silahkan klik disini >>
  4. Untuk mendapatkan Modul Komputer Untuk SD kelas 6, silahkan klik disini >>

9 Komentar to “Modul Komputer Untuk SD Kelas 3,4,5 dan 6 SD”

  1. permisi ijin download

  2. tolong berikan pelajarannya pakk…

  3. kula nuhun download & trims

  4. kok gak bisa download ya??

  5. permisi ijin download y pak, htur nuhun

  6. Pak apakah buku karangan bapak(Muljadi Tenjo) tentang modul komputer untuk SD sudah dijual di toko-toko Buku?

  7. Saya buat dalam pormat ebook saja pak. jadi jawabannya belum. karena belum pernah ditawarkan ke penerbit manapun….

  8. untuk kurikulum 2013 su

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: